Dicoding's Blog

Tutorial Samsung Galaxy SDK : Accessory

Kami telah membuat tulisan sebelumnya mengenai Tutorial Instalasi Samsung Galaxy SDK di link berikut: https://blog.dicoding.com/tutorial-samsung-galaxy-sdk-instalasi/
Tutorial lengkap dari penggunaan Samsung Galaxy SDK dapat anda pelajari lebih mendalam di Dicoding Academy Samsung Galaxy SDK:  https://www.dicoding.com/academies/37

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana membuat aplikasi sederhana yang memanfaatkan Accessory SDK. Untuk mengikuti tutorial ini dibutuhkan sebuah Smart Device (Samsung Galaxy) dan sebuah Accessory Device (Samsung Gear).

Apa itu Accessory SDK?

Samsung SDK memungkinkan untuk kamu bisa membuat aplikasi yang saling terintegrasi antara Smart Device dengan Accessory Device. Ada beberapa macam Accessory Device, antara lain adalah Health Care Device, Gaming Console, Printing Device, Smart TV, dll. Dengan Accessory SDK ini kamu bisa membuat aplikasi yang mengintegrasikan kedua device misalnya seperti mengendalikan ponsel kamu dengan smart watch.

sms_accessory_01

Fitur apa saja yang bisa dimanfaatkan dari Accessory SDK?

Ada banyak yang bisa kamu manfaatkan dari Accessory SDK ini seperti mengontrol Smart Device secara remote, transfer file dengan ukuran yang tak terbatas, melihat notifikasi yang masuk ke ponsel pada smart watch, dll. Namun ada beberapa batasan dari SDK ini, SDK ini hanya mendukung tipe Galaxy Gear, Gear 2, Gear 2 Neo, Gear S, Gear S2, dan Gear S3. Selain itu setiap perangkat harus sudah terinstall Samsung Accessory Service Framework terlebih dahulu. Dan untuk Smart Device, hanya perangkat yang menggunakan OS Android 4.3 keatas.
Mungkin cukup segitu penjelasan singkat seputar Accessory SDK, untuk lebih lengkapnya bisa ikuti akademi Samsung Galaxy SDK.

Latihan

Pada latihan ini kita akan mencoba membuat aplikasi yang memanfaatkan Accessory SDK. Aplikasi sederhana yang akan kita buat adalah aplikasi untuk menderingkan Smart Device dari Accessory Device. Aplikasi ini bisa berguna jika suatu saat kamu lupa menaruh ponsel kamu, maka kamu tinggal menggunakan aplikasi pada smart watch yang kamu pakai untuk mencari ponsel kamu. Tutorial ini akan menghasilkan 2 aplikasi. Aplikasi pertama adalah aplikasi consumer yang akan berjalan pada smart watch (Samsung Gear). Sedangkan aplikasi kedua adalah aplikasi provider yang akan berjalan pada ponsel kamu (Samsung Galaxy). Langsung saja ikuti step by step berikut.

Aplikasi Consumer

Aplikasi ini akan dibuat menggunakan Tizen Studio dengan bahasa pemrograman C.

  1. Buka Tizen Studio dan buat project baru bernama FindPhone.
  2. Pada buat folder inc terdapat class findphone.h kondisikan kodenya sesuai dengan kode berikut.
  3. Pada folder res, buat folder baru dengan nama xml dan tambahkan class baru didalamnya dengan nama accessorryservice.xml dan tambahkan kode berikut.
  4. Pada folder src, buat class baru dengan nama sap.c dan tambahkan kode berikut. Class ini berisi kumpulan function yang akan digunakan untuk mengubungkan Accessory Device dengan Smart Device.
  5. Terakhir buka class findphone.c, pada class ini kita akan membuat UI sederhana dan menambahkan action untuk bisa membunyikan ringtone pada Smart Device. Tambahkan kondisikan kodenya menjadi seperti berikut.
  6. Jalankan aplikasinya pada Samsung Gear kamu.
    screen-20170517222056

Aplikasi Provider

Aplikasi ini dibuat dengan Android Studio. Aplikasi tidak akan menampilkan UI ketika pertama dijalankan. Namun ketika kamu menderingkan ponsel dengan smart watch, ponsel akan berdering dan aplikasi akan menampilkan UI dengan text dan button untuk mematikan nada dering tersebut.

  1. Buka Android Studio dan buat project baru dengan nama FindPhone, kemudial pilih template Add no activity.
  2. Tambahkan library Accessory SDKyang bisa didownload di situs http://developer.samsung.com/galaxy/accessory.
  3. Buatlah res value baru dan beri nama accessoryservices, masukkan ke dalam res xml. Kondisikan codenya seperti berikut.

  4. Buka string.xml dan tambahkan string value berikut ini.

  5. Buat class baru dengan nama ProviderService.Java dan tambahkan kode berikut. Class ini digunakan untuk menerima permintaan koneksi dari Accessory Device. Pada class ini terdapat method onReceive yang berisi fungsi untuk melakukan action yaitu menderingkan ponsel dan membuka activity untuk mematikan ringtone yang berbunyi.

  6. Buat Activity baru dengan nama RingMeActivity.
  7. Pada activity_ring_me.xml, tambahkan textview dan button seperti berikut.

  8. Pada RingMeActivity.Java tambahkan kode berikut.

  9. Buka AndroidManifest.xml dan tambahkan beberapa permission berikut.

  10. Masih di AndroidManifest.xml, tambahkan services, receiver, dan meta-data berikut pada tag application.

  11. Terakhir sebelum aplikasi dijalankan, pastikan pada Run/Debug configuration sudah terpilih Nothing untuk Launch Option.
    selection_071
  12. Jalankan aplikasinya pada Smart Device kamu.

Kamu sudah selesai membuat 2 aplikasi yang saling terintegrasi. Silahkan buka aplikasi FindPhone pada Samsung Gear kamu dan touch button Ring My Phone. Jika kamu berhasil mengikuti beberapa step diatas, maka hasilnya akan seperti video dibawah ini.

Masih banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan dari Accessory SDK. Silahkan ikuti akademinya pada https://www.dicoding.com/academies/37. Jika ada pertanyaan, saran atau masukan jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Selamat belajar dan semoga bermanfaat. Jangan lupa kembangkan kreatifitas kamu.

Share this:

Leave a comment