Dicoding's Blog

Tips membuat Splash Screen Android

Hay guys, kali ini kita akan belajar bagaimana membuat Splash Screen Android. Splash Screen merupakan salah satu pattern dalam Android Development. Splash Screen diimplementasikan pada saat aplikasi mulai dijalankan dengan memperlihatkan brand logo aplikasi. Hasil akhirnya akan seperti ini.

splash_screen

Langkah-langkah:

Di Android Studio, buat project baru File => New Project. Setelah selesai, kemudian buatlah Empty Activity baru bernama SplashActivity.java. Setelah itu buka file Manifest dan ubah menjadi seperti di bawah ini.

Kamu akan melihat error pada android:theme=”@style/SplashScreenStyle”. Ya itu terjadi karena kita belum membuat style tersebut. Sekarang saatnya kita buat style tersebut. Buka folder res => values => styles.xml. Kemudian tambahkan kode dibawah ini ke dalam file styles.xml kalian.

Kamu akan melihat error pada @drawable/splash_brand_logo.xml. Cara mengatasinya kamu dapat menekan alt+enter pada error tersebut => Create drawable resource file ‘splash_brand_logo.xml’ => Ok. Kemudian terbuatlah file splash_brand_logo.xml dan tambahkan kode dibawah ini ke file tersebut.

Nah untuk android:src dapat kalian isi dengan logo aplikasi kalian.

Terakhir kita buat SplashScreen kita akan berjalan selama 2 detik, caranya buka SplashActivity.java  kalian dan tambahkan kode dibawah ini.

Selesai! Silahkan run dan lihat hasilnya.

Semoga bermanfaat ya, learners. Ingin belajar lebih banyak? Yuk langsung cek Dicoding Academy Belajar Membangun Aplikasi Android Native (www.dicoding.com/academies/26), materi yang dibuat oleh Google Developer Expert Indonesia.

Tunggu tips kami selanjutnya !

Share this:

2 comments, add yours.

Ed's

Cara menambahkan file logonya bagaimana ya master?

    Wisnu Kurniawan

    Author

    Dari android studio klik kanan pada folder drawable kamu kemudian pilih File Explorer path, kemudian masukan gambar kamu di folder drawable tersebut. Terakhir tinggal panggil di code sesuai dengan nama gambar kamu.

Leave a comment