Tips membuat Floating Labels Android

Hai guys, kali ini kita akan belajar bagaimana membuat tampilan EditText kita menjadi lebih indah menggunakan design support library yaitu menggunakan elemen TextInputLayout. Hasilnya seperti ini.

hasil_floating_edittext

Dalam tips ini menggunakan asset berupa icon. Jika kamu ingin tahu cara mudah import icon di Android Studio kamu dapat menuju ke tips Cara Mudah Import Icon di Android Studio.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Langkah – langkah:

Di Android Studio, buat project baru File => New Project. Buka gradle module dan tambahkan design support library di bagian dependency seperti dibawah ini.


Buka layout layout Main Activity kalian (Activity_Main.xml) dan tambahkan kode dibawah ini kedalam layout tersebut. Di code ini dapat kamu lihat perbedaannya dengan menggunakan EdditText biasa adalah EdditText pada code ini di wrap dengan elemen TextInputLayout.


 

Selesai. Sekarang coba kamu Run dan lihat hasilnya.

Voilla! Mudah bukan?

Semoga bermanfaat ya, learners. Ingin belajar lebih banyak?  Yuk langsung cek Dicoding Academy Belajar Membangun Aplikasi Android Native (www.dicoding.com/academies/26), materi yang dibuat oleh Google Developer Expert Indonesia.

Tunggu tips kami selanjutnya !


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.