Tebakan Garing : Game Kokreasi yang tembus 500,000 download

Agate Jogja libatkan para pengguna untuk tuangkan gagasan dan ide tebakan kreatif dalam pengembangan kuis TEGAR “Tebakan Garing”

Kuis Tebakan Garing

Bermain game online bukan lagi hal yang baru, tetapi memanfaatkan media game tersebut untuk berkreasi bersama para pemain lainnya menawarkan sesuatu yang menarik. Konsep inilah yang digodog oleh Agate Jogja dalam membuat game TEGAR “Tebakan Garing”. Dalam game yang telah mencapai lebih dari 500,000 download ini, pemain tidak hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis yang ada, tetapi juga berkesempatan menyumbangkan pertanyaan baru untuk memperkaya perbendaharaan tebakan dalam game tersebut.

TEGAR dibuat dengan tujuan mampu menjadi sarana hiburan yang khas bercirikan budaya Indonesia kontemporer, yaitu berupa tebakan-tebakan garing atau tebakan ‘renyah’ yang mampu menghibur dan mengundang tawa mereka yang menyimaknya. Tebakan garing adalah salah satu bentuk budaya populer khas Indonesia yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, tua maupun muda.

“Game TEGAR kami rancang untuk dapat mengakomodasi dinamika budaya kontemporer Indonesia melalui sistem kokreasi,” tutur Frida Dwi Iswantoro, CEO Agate Jogja, “Dengan menerapkan sistem ini, TEGAR akan berkembang dari, oleh, dan untuk masyarakat Indonesia.”

Konsep game TEGAR dibuat dengan bentuk kuis trivia sederhana yang menggabungkan tebak-tebakan konvensional dengan gameplay hangman. Kesederhaan game TEGAR justru telah mampu memikat para pemain untuk mengirimkan lebih dari 8000 tebakan kreasi mereka sendiri yang kemudian dikurasi oleh tim developer.

“Harapan kami semakin banyak pengguna yang terhibur dan turut memberikan ide kreatif tebakannya melalui TEGAR,” lanjut Frida, “Dengan semangat kokreasi game ini akan berkembang seiring dengan munculnya ide-ide tebakan kreatif di masyarakat.”

Dalam mengembangkan game yang mengedepankan konsep kokreasi ini, Agate Jogja menggunakan prosesor Intel NDK untuk memastikan performa yang optimal dengan kecepatan aplikasi yang lebih baik.

“Kami bangga bisa turut mendukung TEGAR, salah satu game dengan kebaharuan konsep kokreasi di Indonesia,” ujar Narenda Wicaksono, CEO Dicoding.

Untuk mendapatkan aplikasi game Tebakan Garing, para pengguna ponsel Android dapat mengunduhnya di Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.agatejogja.tegar&hl=in

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder dan COO Dicoding Indonesia, dapat dikontak melalui alamat email : kevin[at]dicoding[dot]com