Tebakan Garing, Game Khusus Untuk Yang Punya Selera Humor Tinggi

Salam hangat Devs semua. Kali ini Dicoding akan membahas sebuah game yang membutuhkan kreativitas tinggi untuk bisa dimainkan. Game kuis berjudul Tebakan Garing akan menguji intelektualitas dan juga selera humor Devs sekalian dengan pertanyaan-pertanyaan yang super garing. Yuk kita simak lebih lanjut kuis unik karya Agate Jogja yang satu ini.

Background Developer & Challenge

Agate Jogja

Agate Jogja

Agate Jogja merupakan salah satu anak perusahaan dari Agate. Agate Jogja termasuk salah satu developer lokal yang aktif meluncurkan berbagai karya game, terutama untuk platform mobile. Ciri khas dari game buatan Agate Jogja adalah game yang casual dan ringan untuk dimainkan.

Di Dicoding sendiri, Agate Jogja termasuk yang sering memenangkan berbagai tantangan. Game Tebakan Garing juga sudah memenangkan tantangan dari Dicoding yakni Game Economy Developer Challenge, Cakrawala Awards 2.0 – Mobile Application & Games Challenge, dan 500K Downloads Club Android NDK Challenge

Background Game

Screenshot Tebakan Garing 1

Screenshot Tebakan Garing 1

Game Tebakan Garing merupakan permainan kuis trivia yang menyajikan berbagai tebakan lucu yang penuh twist di dalamnya. Poin paling menonjol dari game ini adalah konten pertanyaannya yang fresh dan mengundang tawa.

Tebakan Garing bukanlah satu-satunya game bertema kuis trivia karya Agate Jogja. Ada Kuis Komblo dan Kuis Galau yang sama-sama permainan trivia namun memiliki jenis pertanyaan yang berbeda.

Review Game

Screenshot Tebakan Garing 2

Screenshot Tebakan Garing 2

Memainkan Tebakan Garing bisa dibilang gampang-gampang-sulit. Yang membuat sulit tentunya adalah pertanyaan yang sering kali menjebak dan harus memacu kreativitas kita. Namun untungnya kita diberi kesempatan untuk menjawab berkali-kali sehingga pada satu titik pasti bisa menemukan jawabnya.

Di setiap pertanyaan, kita akan diberikan opsi untuk menebak dengan memilih satu huruf alfabet. Tiap alfabet yang benar, maka akan muncul di barisan kolom jawaban. Setiap pilihan salah akan mengurangi kesempatan kita di dalam mencoba jawaban. Jika nyawa kita habis, maka permainan akan berakhir.

Yang menarik dari Tebakan Garing adalah jumlah soalnya yang sangat banyak. Ada lebih dari 500 pertanyaan yang bisa kita coba jawab di dalam game ini. Tentu membuat konten pertanyaan bukan hal yang gampang Devs, untuk itu Agate Jogja punya trik sendiri.

Untuk memperbanyak konten pertanyaan, di dalam Tebakan Garing terdapat fitur kirim pertanyaan. Dengan fitur ini, siapapun bisa menambahkan pertanyaan ke dalam game Tebakan Garing. Tentunya tidak akan langsung dimasukan semua pertanyaan yang kita buat, akan dikurasi dulu oleh tim dari Agate Jogja.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Pengembangan game Tebakan Garing dilakukan menggunakan game engine Unity3D. Mungkin untuk game bertipe kuis seperti ini, agak berlebihan jika harus menggunakan Unity3D. Namun menurut Agate Jogja, dengan menggunakan Unity, waktu pengembangannya menjadi lebih cepat. Hanya butuh 5-10 hari untuk mengembangkan game ini hingga dirilis.

Hal yang membuat pengembangannya menjadi cepat adalah bisa melakukan pengguaan ulang kode yang dibuat sebelumnya. Lalu juga Unity3D menyediakan plugin-plugin yang membuat proses development menjadi lebih cepat seperti untuk fitur Google Play Service atau Sosial Media Sharing.

Salah satu tips dari Agate Jogja untuk Devs adalah kembangkan game dengan cepat dan rilis secepat mungkin. Setelah itu baru dicek performanya. Kalau jelek langsung kerjakan game baru, tapai kalau bagus harus terus diulik dan diupdate.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Model monetization yang digunakan di dalam Tebakan Garing adalah iklan. Ada iklan banner ada juga intertisial menggunakan video. Dari pengamatan Dicoding, saat ini untuk ad banner menggunakan google adMob dan untuk intertisial video menggunakan Unity Ad.

Menurut Agate Jogja, untuk bisa monetize dengan ad, jumlah user yang aktif perharinya harus benar-benar banyak. Kalau tidak, tidak begitu kerasa pendapatannya. Tebakan Garing sendiri pengguna aktif perharinya sekitar 6.000 orang dengan new download 1.000 perhari.

Kesimpulan

Screenshot Tebakan Garing 3

Screenshot Tebakan Garing 3

Buat Devs yang merasa kreatif, coba selesaikan semua level dan pertanyaan yang ada di Tebakan Garing. Dijamin bakal menemukan pertanyaan-pertanyaan yang absurd dan menggelikan. Dengan pertanyaan yang sangat banyak ini, kita tidak akan bosan memainkan game ini di waktu luang.

Game Kuis Tebakan Garing telah menggunakan Intel Android NDK yang membuat game berjalan lebih baik di Intel Device dengan x86 architecture. Untuk membuktikan hal tersebut kami telah mencoba game tersebut di dua buah device yaitu Asus Zenfone 2 ZE550 ML dan Xiaomi Redmi Note 4G yang memiliki spesifikasi hardware hampir identik.
Kesimpulan hampir tidak ada perbedaan dari sisi grafis game Kuis Tebakan Garing di kedua device tersebut. Namun kami merasakan loading di dalam game terasa lebih cepat di device Asus Zenfone 2 ZE550 ML yang menggunakan prosesor Intel.

10

Unduh Tebakan Garing: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more