Cody’s App Academy: Mendorong Kemampuan Kreasi dan Inovasi Digital pada Anak

Cody's App Academy Logo

Saat tingkat konsumsi dan penggunaan media digital berkembang dengan pesat di kalangan muda Indonesia, kemampuan memanfaatkan media tersebut untuk berkarya masih jauh tertinggal. Kesenjangan antara tingkat konsumsi media digital yang tinggi dibandingkan dengan kemampuan berkreasi dan berinovasi yang rendah pada anak dan remaja mendorong Cody’s App Academy dan Solite Studio untuk meluncurkan sebuah aplikasi edukasi yang dapat membantu anak-anak untuk belajar pemrograman dengan cara yang menyenangkan. Game yang berjudul “Cody’s App Academy” sudah dapat diunduh melalui Google Play Store dan Windows (Phone) Store. Sedangkan untuk iOS akan tersedia dalam waktu dekat.

Dalam aplikasi tersebut, anak-anak akan dibimbing oleh seorang tokoh bernama Cody yang akan memberikan bekal pengetahuan dasar tentang algoritma pemrograman, transformasi dasar, dan keterampilan dasar pemrograman sehingga anak-anak dapat menciptakan sebuah animasi digital karya mereka sendiri. Bila tertarik untuk belajar lebih lanjut, orang tua dapat mendaftarkan anaknya untuk mengikuti kursus pemrograman di Cody’s App Academy langsung dari aplikasi tersebut.

Contoh Step yang harus dibuat oleh pemain

Contoh Step yang harus dibuat oleh pemain

Data terbaru dalam hasil studi yang dirilis oleh UNICEF dan Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2014 lalu menunjukkan bahwa setidaknya 30 juta anak-anak dan remaja di Indonesia merupakan pengguna aktif internet. Adapun motivasi utama mereka menggunakan media digital adalah untuk mencari informasi, terhubung dengan teman, dan sebagai sarana hiburan, sehingga internet dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari anak-anak dan remaja.

Di sisi lain, berbagai penelitian ilmiah menyatakan bahwa penggunaan media digital dan teknologi yang berlebihan pada anak dapat menyebabkan kecanduan dan juga menjadi penyebab kesulitan berkonsentrasi dalam belajar. Hal ini diantaranya disebabkan oleh interaksi dengan konten media yang berkecepatan tinggi seperti yang sering dijumpai dalam tayangan televisi sehingga ketika anak berhadapan dengan realita yang sesungguhnya menjadi kurang menarik.

“Kami setuju bahwa konsumsi anak terhadap dunia digital, terutama balita, perlu dibatasi. Namun, karena teknologi kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan, kita juga perlu mencari cara bagaimana memperkenalkan teknologi pada anak untuk dapat dimanfaatkan sebagai alat atau tools, bukan sebagai sesuatu yang mendikte kehidupan mereka,” ungkap Wisnu Sanjaya, CEO Cody’s App Academy.

Aplikasi dilengkapi dengan panduan dan karakter yang menyenangkan.

Aplikasi dilengkapi dengan panduan dan karakter yang menyenangkan.

“Ketika anak-anak usia sekolah mulai diperkenalkan terhadap media digital, kami sarankan agar mereka tidak lagi hanya diajarkan bagaimana menjadi pengguna, tetapi justru sejak awal mereka diperkenalkan bagaimana caranya menjadi content creator yang dapat berkreasi di dunia digital tersebut,” lanjut Wisnu, “Hal inilah yang berusaha kami bangun, baik di aplikasi maupun kursus Cody’s App Academy – sebuah proses pembelajaran yang memfasilitasi anak untuk memanfaatkan media digital sebagai alat berkarya.”

“Harapan kami adalah kelak anak-anak dan remaja Indonesia tidak lagi hanya menjadi konsumen, tetapi juga menjadi content creator di dunia digital. Dengan memahami proses kreasi dibalik media digital, kami berharap dapat mengurangi jumlah anak-anak yang memiliki masalah kesulitan konsentrasi akibat ‘kecanduan konsumsi’ konten berkecepatan tinggi,” ujar Asadullohil Ghalib Kubat, CEO Solite Studio, “

Sama seperti halnya memahami proses produksi sebuah tayangan televisi. Ketika kita sudah terlibat dalam proses kreatif yang ada di balik produksi sebuah tayangan televisi, kita tidak lagi menjadi kecanduan konsumsi tayangan-tayangan tersebut karena kita sudah disibukkan dengan menjadi content creator. Yang lahir dari proses tersebut justru sebuah bentuk apresiasi terhadap seni dan inovasi.”

Selain menyenangkan, anak juga akan terbiasa mengerjakan sesuatu sesuai dengan urutannya.

Selain menyenangkan, anak juga akan terbiasa mengerjakan sesuatu sesuai dengan urutannya.

Game kolaborasi Cody’s App Academy dan Solite Studio ini membantu anak-anak berbagi keterampilan kreasi digital sehingga dapat mendorong kemampuan kreasi dan inovasi digital pada anak. Game edukasi yang cukup unik ini dapat diunduh melalui http://www.codyappacademy.com.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder dan COO Dicoding Indonesia, dapat dikontak melalui alamat email : kevin[at]dicoding[dot]com