Perdalam Wawasan Tentang Sumatera Utara Dengan Game Semua Tentang Sumut

Jika Anda mencari game Edukasi yang akan membantu Anda mengenal lebih dalam tentang Sumatera Utara, maka game Semua Tentang Sumut adalah aplikasi yang perlu Anda mainkan. Game ini akan membantu kita mengenali lebih dalam tentang Sumatera Utara dengan metode yang menarik.

Background Developer & Challenge

Game Semua Tentang Sumut merupakan karya dari M. Husni Syahbani dan Okky Magrisya. Mereka berdua telah mengembangkan berbagai aplikasi seperti Adzan Times, Jadwal Bioskop, Ninja Flash, dan lain sebagainya. Ke depan, mereka berdua akan fokus ke pengembangan aplikasi muslim dan game edukasi.
Beberapa prestasi telah mereka dapatkan seperti
– 10 besar aplikasi terbaik dalam event ‘hackonten’ yang diselenggarakan oleh Nokia dan Gramedia Group
– 10 besar aplikasi lokal terbaik dalam event ‘#androidfunkey’ yang diselenggarakan PT. GITS Indonesia
– 50 aplikasi lokal terbaik versi Mobomarket
– 50 aplikasi terbaik dalam event ‘android one hack for impact’ yang diselenggarakan oleh Google
– dinobatkan sebagai TOP DEVELOPER 2015 oleh Intel
Aplikasi Semua Tentang Sumut juga telah memenangkan tantangan di Dicoding yang berjudul North Sumatra Tourism Challenge.

Background Application

Screenshot_2016-01-13-21-51-57

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Aplikasi Semua Tentang Sumut merupakan contoh aplikasi yang terlahir oleh trigger yang diberikan oleh Dicoding. M. Husni mengakui bahwa alasan utama mereka mengembangkan aplikasi ini adalah untuk menjawab tantangan yang ada di Dicoding. Selain itu, mereka juga tertantang untuk menyajikan pengetahuan tentang Sumatera Utara dalam bentuk kuis trivia dan mini games.

Review Application

Screenshot_2016-01-13-21-56-03

Semua Tentang Sumut berisikan empat mini games yang masing-masingnya akan menguji wawasan kita tentang Sumatera Utara. Empat game tersebut adalah Tebak Wilayah, Tangkap Ikan, Kuis Sumut, dan Cocok Gambar.

Tebak Wilayah merupakan permainan menebak nama-nama kota atau kabupaten yang ada di Sumatera Utara dengan konsep game Hangman. Tangka Ikan merupakan permainan melatih reflek dan kecepatan jari dalam menangkap ikan di danau Toba. Kuis Sumut berisi tebakan nama-nama kota dan kabupaten di Sumatera Utara. Cocok Gambar merupakan permainan mencocokan gambar yang berpasangan.

Development Tools 

Screenshot_2016-01-13-21-52-28

Semua Tentang Sumut dikembangkan menggunakan beberapa tools. Berikut adalah daftar tools yang digunakan dalam pengembangna aplikasi tersebut:

  • Eclipse IDE + Java
  • Android SDK
  • Intel XDK
  • Genymotion
  • Corel Draw

Tools tersebut dijadikan pilihan oleh M. Husni Syahbani dan Okky Magrisya karena merupakan software yang bisa digunakan di hardware berspesifikasi rendah. Proses pengerjaan dari game ini memakan waktu kurang lebih lima hari.

Monetization

Mengingat cakupan game ini yang masih hanya di sekitar Sumatera Utara, mereka memutuskan untuk tidak dulu memonetasi game yang mereka buat. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan game ini ke skala nasional dan memasangkan iklan di dalam aplikasinya.

Kesimpulan

Screenshot_2016-01-13-21-56-17

Semua Tentang Sumut merupakan aplikasi yang edukatif juga menyenangkan untuk dimainkan. Dengan Semua Tentang Sumut, harapannya para pemain dari game ini bisa mendapatkan wawasan lebih dalam tentang Sumatera Utara.

Unduh Semua Tentang Sumut: Google Play


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.