Selamat Kepada Finalis Terpilih Virtual Learning Platform To Empower Women And Girls Challenge

WeLearn adalah sebuah portal yang memfasilitasi mitra organisasi dan perusahaan bekerja sama dalam meraih satu tujuan, yaitu: memberikan kesempatan pengembangan keterampilan bagi perempuan dan laki-laki, tak terbatas usia. Portal ini diharapkan dapat membuka kesempatan kerja atau peluang berwirausaha di pasar tenaga kerja lokal maupun global melalui course yang tersedia.

Portal ini adalah venue bagi pengembangan skill secara virtual demi memfasilitasi akses perempuan pada pembelajaran seumur hidup, memberi kesempatan pada perempuan untuk mendapatkan pengetahuan yang relevan, kemampuan, dan sikap yang diperlukan untuk mengarungi hidup dan bekerja pada pasar kerja abad 21 (seperti business development, literasi keuangan, pengadaan (procurement)), memperkuat kapasitas perempuan untuk bersaing pada sektor-sektor dengan nilai tambah lebih tinggi. Portal ini juga berusaha untuk bantu mentransformasi norma-norma yang berlaku di masyarakat, sikap dan praktik yang menghalangi pemberdayaan perempuan dan mendorong NGOs, komunitas, traditional leaders, guru dan keluarga untuk menggalakkan pengembangan anak-anak perempuan, lapangan kerja, dan kewirausahaan. Melalui learning path para agen perubahan, WeLearn juga akan mengikutsertakan dan membangun kapasitas para pegawai organisasi dan perusahaan untuk mengimplementasikan Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan.

Oleh karena itu, di platform WeLearn, para pengusaha perempuan akan mendapat pelatihan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk sukses sebagai pemilik usaha—dari fase business development ke fase growth, termasuk memenuhi kebutuhan para pembeli, mengikuti tender yang kompetitif, dan manajemen bisnis berorientasi pertumbuhan. Pelatihan pengembangan skil ini akan dikembangkan dan tersedia di platform WeLearn. Kurikulum akan mencakup pengembangan bisnis, literasi keuangan, dan skill yang spesifik per sektor, dan juga kapasitas untuk mengakses informasi, melakukan lobi demi perubahan dalam kebijakan pengadaan (procurement), serta berpartisipasi mengawal pemerintah dan perusahaan untuk selalu bertindak transparan.

Aktivitas pengembangan skill di WeLearn akan bertujuan untuk menguatkan kapasitas pengusaha perempuan untuk merespon panggilan pengadaan barang dan jasa, termasuk di dalamnya mengoptimalkan penggunaan informasi, komunikasi dan teknologi, dan memperkuat kapasitas mereka untuk bersaing di sektor-sektor dengan nilai tambah yang lebih tinggi. Pengusaha perempuan akan mendapatkan informasi tentang program sertifikasi yang terakreditasi untuk membantu mereka menjadi kompetitor yang lebih baik dalam pasar terbuka.

Guna memenuhi kebutuhan para pembelajar dan berkembang sesuai konten para partner dalam konteks yang ramah pengguna (user friendly), WeLearn membutuhkan sebuah agregator. Agregator ini dibuat melalui partisipasi komunitas tech melalui sebuah hackathon. Agregator ini akan mulai coba diterapkan di Indonesia.

Hari ini kami akan mengumumkan finalis terpilih di setiap kategori yang akan berangkat ke Final Womenwill Hackathon 2018 di Jakarta. Berikut adalah finalis terpilih :

  • I Wayan Dharmana dengan aplikasi berjudul SkillConnect – Course Aggregator
  • Rendy Ariawindana dengan aplikasi berjudul Geuber – Growth Camp
  • Robby Surya Pratama dengan aplikasi berjudul Open Learn Courses
  • Hasan Shobri dengan aplikasi berjudul wooBrain
  • Fahrezi Adha dengan aplikasi berjudul Brainy – Video Course
  • Vergie Ericson T dengan aplikasi berjudul Coursearch – Search your course now
  • Wildhan Ichsan Syahputra dengan aplikasi berjudul Ant-CC (Coaching Clinic)
  • Muhammad Hafizh Bayhaqi dengan aplikasi berjudul Women Learning
  • Soesapto Joeni Hantoro dengan aplikasi berjudul Tutorial Agregator

Para finalis akan diundang untuk berpartisipasi dalam penjurian di acara Womenwill Hackathon 2018 pada 8 Desember 2018 yang diadakan di Jakarta. Setiap finalis berhak mendapatkan hadiah sebesar 20,000 Dicoding Point dan IDR 20,000,000 untuk peserta terbaik.

Selamat kepada para finalis, selamat berjuang di presentasi akhir Womenwill Hackathon 2018 : Virtual Learning Platform To Empower Women And Girls Challenge.

Salam,
Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Leave a comment