Sebelum Belajar, Upgrade Dulu Mentalnya

Semenjak rajin mengirimi email, saya jadi sering mendapat curhat dari developer yang merasa mesinnya kurang mumpuni. Itu menjadi alasan utama untuk belajar. Mau nunggu komputer atau memorinya upgrade dulu. Tapi saya perlu kasih tahu, yang perlu diupgrade sebenarnya adalah MENTALNYA!

Kita tidak pernah bisa memilih dilahirkan dalam kondisi ekonomi yang bagaimana. Tapi kita selalu memiliki pilihan untuk menuju ke puncak bukit yang subur atau padang pasir yang tandus. Jadi kalau alasan kamu adalah belum punya laptop / PC jaman now, nih saya kasih beberapa saran:

(1) Kalau memang belum punya laptop / PC bisa cari warnet terdekat. Kalau gak mampu bayar sewa warnet, coba melamar jadi penjaga warnet. Sudah banyak kawan saya yang sekarang sukses banget, dulunya adalah penjaga warnet. Bahkan ada yang menikahi anaknya juragan warnet Depok!

(2) Kalau kebetulan kamu kuliah, bisa pakai PC kampus. Melamar jadi admin atau tukang kabel di lab. Biasanya bisa pakai sepuasnya. Modus admin saya dulu waktu jaman kuliah adalah kumpulin PC yang (konon) rusak terus dijadiin satu memorinya. Gak enak ngetag, silahkan komen aja kalau mo ngaku.

(3) Kalau laptop/PC memori nya 4 GB kebawah sebenarnya bisa. Siapin handphone Android biar gausa pakai emulator. Kalau gak punya handphone Android, sambil dzikir aja kalau lagi build. Lumayan waktu belajarnya jadi lebih barokah kan?

(4) Kalau mesin kamu memorinya sudah diatas 8 GB. Apalagi sudah pakai SSD. Harusnya gak ada alasan lagi untuk gak belajar. Bisa langsung intip link berikut https://dicoding.id/a/14. Ujung-ujungnya jualan ya? Maklum kita bootstrap. Daripada buat bayar iklan, mending sedekah beasiswa. Kalau setuju boleh share.

Salam bootstrap!

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder Dicoding

One comment, add yours.

Pak Tani Digital

Memang dalam belajar mengembangkan skill, selalu banyak tantangan. Tapi bagaimana tekad dan kemauan kita ingin selalu belajar, pasti kita punya motivasi sendiri.

Salam dari Pak Tani Medan, startup Medan. Sejahteralah petani Indonesia.

Leave a comment