Registrasi & Testing TheMovieDb API

Lagi submission pertama kelas MADE ? terus bingung registrasi API Key di TheMovieDb ?
Tenang dan jangan panik hehe, kita bakal belajar bareng dari awal registrasi akun sampai testing menggunakan API-nya. Ok langsung saja ya. Sebelum memulai praktek mungkin teman teman di sini ada yang belum tau, apa itu TheMovieDB ?

The Movie Database (TMDb) adalah database film yang menyediakan data-data lengkap seperti data film yang akan datang, data serial tv (TvSeries), dll. Dan tentunya semua itu bisa kita gunakan secara gratis.

Cara Registrasi akun themoviedb

  1. Masuk ke halaman https://www.themoviedb.org, kemudian klik Daftar.
  2. Isi form registrasi sesuai dengan data masing-masing, lalu Klik tombol Daftar.
  3. Setelah Daftar, silakan cek email yang didaftarkan tadi, karena kita akan diminta untuk konfirmasi email terlebih dahulu.

  4. Buka email konfirmasi yang sudah dikirim tadi, lalu klik tombol Activate My Account.
  5. Setelah aktivasi, sekarang kita sudah bisa masuk/login ke akun kita.
  6. Setelah masuk ke halaman dashboard, klik profile akun kamu di atas pojok kanan, lalu pilih menu Setting.
  7. Kali ini kita akan membuat API Key, yang nanti akan kita gunakan untuk mengambil data film. Klik Menu API pada kolom setting di sebelah kiri, dan pilih register sebagai Developer.
  8. Setelah itu akan muncul halaman Approve Term Of Use. Jika sudah selesai membaca, silakan klik tombol Terima.
  9. Isi form sesuai data masing masing. Note : untuk url aplikasi silakan isi dengan link dummy terlebih dahulu e.g. link profile github

  10. Selamat, API Key sudah berhasil dibuat, dan sekarang mari kita coba test request get data film menggunakan API Key yang tadi sudah kita buat.
  11. Buka halaman https://developers.themoviedb.org/3/getting-started untuk melihat dokumentasi API-nya.
  12. Di sini kita akan test request get list data film yang akan datang (Upcoming). Klik menu MOVIES di sebelah kiri, lalu pilih yang GET LIST. Di sana sudah tertulis url nya, parameternya, dan responsenya. Tentunya ini akan lebih memudahkan kita.
  13. Untuk mencoba nya, silakan klik tab Try It out, lalu isi fields yang dibutuhkan dan klik tombol Send Request. Note : Untuk API Key nya, silakan teman teman lihat step ke-10 dan copy API Key (V3 Auth)
  14. Jika send request, nanti akan muncul json list upcoming movie-nya, seperti gambar di bawah ini.

Mantap.. Kamu sudah berhasil Registrasi & Testing API TheMovieDb, dan tentunya kamu masih wajib explore lagi Dokumentasi API ini contohnya seperti get data detail film, dll.

Mungkin cukup sekian tutorial ini, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.
Semangat belajar gengs.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Android Developer