Pemuda Gorontalo ini Tak Menyangka Bakal Kerja di Dicoding

Tak pernah terbayang di benak Alfian Yusuf Abdullah bahwa nasib membawanya bekerja di Dicoding.

Dulunya ia pekerja sebuah percetakan menyambi peserta kelas Academy. Kini ia on probation dalam posisinya sebagai Academy Reviewer, yang biasanya eksklusif diisi Dicoding Elite berpengalaman.

Kok bisa? Yuk, kita simak kisahnya.

Kenal Pemrograman Sejak di SMK  

Lajang 23 tahun ini mengenyam jenjang pendidikan SMK di tanah kelahirannya, Gorontalo. Setelah lulus SMK ia sempat menjadi magang di PT Pos Indonesia. Kemudian pindah bekerja di perusahaan percetakan setempat.

Alfian memanng belum pernah bekerja di perusahaan IT. Namun pengalamannya di SMK membuat Alfian mengenal dunia pemrograman. Di luar sekolah ia tekun belajar secara otodidiak.

Belajar mandiri mengantarnya pada kerja freelance seputar Android Studio, Photoshop, GravitDesign, Postman, dan Git. Saat ditanya di field manakah ia merasa paling PD, dengan lantang ia menjawab “pastinya Android Studio!”

Serius Belajar Android di Dicoding Academy

Ilmu Android studio yang mendalam, ia dapatkan dari Dicoding. Di luar 9-5 nya berkutat dengan kertas dan lem, Alfian menyempatkan diri ikut Dicoding Academy.

Btw, dari mana sih ia tahu Dicoding?

“Pertama kali saya kenal Dicoding itu dari Facebook temen di tahun 2016. Waktu itu ada yang share sertifikat kelulusan Kelas Belajar Android Native Bagian I.” Ia pun jadi penasaran dan mulai menggarap kelas-kelas regular di Dicoding, satu per satu. “Tak begitu sulit,” menurutnya.

Hingga akhirnya, karena aktif dalam forum diskusi, ia mendapat beasiswa kelas Menjadi Android Developer Expert (MADE) di tahun 2017. Ia mengaku bahwa kelas MADE sangat menantang. Meski lelah bekerja, setiap malam ia berkutat di laptopnya untuk belajar menyelesaikan submission.

Perjuangannya berbuah manis. Alfian lulus dengan catatan istimewa dari expert reviewer-nya saat itu. Bunyinya, “Source code kamu sangat menarik!”

Hatinya pun menaruh secerca harapan pada pemrograman Android. Ia ingin banting setir dari usaha printing tempatnya bekerja. Namun kesempatan itu, belum kunjung datang..

Punya “Mahasiswa Bimbingan”

Dalam ikhtiarnya untuk banting setir, ia tetap tekun. Salah satunya dengan cara mendampingi “mahasiswa bimbingan.” Lulusan SMKN 1 Gorontalo ini membantu sang mahasiswa menggarap tugas akhirnya. Topiknya, bidang yang paling ia sukai: Android programming.

Di sela-sela “bimbingan,” Alfian juga sempat menuntaskan kelas Kotlin Android Developer Expert. Again, with flying colors alias lulus memuaskan.

Dicoding terkesima dengan kualitas pekerjaannya yang di atas rata-rata. Terlebih, melihat latar belakangnya yang non mainstream dan usahanya yang tekun

Kami pun menawarkan status “magang” yang kemudian naik level jadi “probation” tepat seminggu sebelum ia hijrah ke Dicoding Space di Bandung.

Menimba Ilmu di Dicoding, Bermimpi Mendirikan Perusahaan IT

Sebenarnya pada saat itu Alfian mengaku mendapat tawaran dari perusahaan IT lainnya. “Tanpa pikir panjang, saya pilih Dicoding lah,” tutur bungsu 2 bersaudara ini.

Kini Alfian aktif me-review submission dari peserta kelas Kotlin Android Developer Expert. Selain itu ia juga aktif di diskusi dan membuat sampel proyek untuk keperluan Academy.

Jika pemuda Gorontalo ini bisa membuktikan performa nya meningkat konsisten sesuai ekspektasi, tak lama statusnya bisa naik. Kini probation. Next: mungkin full time staff.

Ketika ditanya kenapa mau menerima tawaran Dicoding, penghobi kucing ini menjawab “Saya ingin tahu lebih, stack perusahaan IT itu seperti apa. Dicoding adalah tempat yang tepat untuk itu.”

Di Dicoding, Alfian ingin menimba pengalaman. “Suatu hari nanti saya mau membangun sebuah perusahaan berbasis IT, sendiri.”

Kita doakan ya, kawan-kawan!

Awalnya peserta Academy, kini Alfian bekerja memajukan kelas untuk banyak peserta lainnya.

Semua mungkin terwujud, selama kita berusaha dan mencintai apa yang kita lakukan.

Nanti, kesempatan itu bisa datang dari tempat yang tak diduga-duga. Ya, seperti kisah Alfian ini.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Editor @ Dicoding

11 comments, add yours.

cahyana a

Selamat untuk Alfian
Turut bahagia,
Smoga terwujud cita2 mu
Aamiin

Anas A.

Mntap bro..
Lanjutkan..

Mikhwan nugraha

Kisah yang memberikan semangat dan inspiratif. Salut deh.

    Mutiara Arumsari

    Author

    Tunggu kisah-kisah berikutnya ya 😉

sidiq

Ihh keyennn…..

    Mutiara Arumsari

    Author

    Yang komentar tak kalah keren 😀

Fanny

Karenn 😇😇😇

Achicha

Semoga impian alfian bisa terwujud suatu saat nanti.. Lebih mengembangkan ilmunya.. Jangan lupa berbagi ilmu ya..

    Alfian

    Aamiin 😇😇😇

    Terima kasih banyak…

Leave a comment