Dicoding's Blog

Menguji App/Game dengan RTL(Remote Test Lab)

Pembelajaran lengkap dari pembuatan game menggunakan Construct 2 dapat Anda pelajari lebih mendalam di Dicoding Academy Belajar Membangun Game HTML5 menggunakan Construct 2
Pembelajaran lengkap dari pembuatan game menggunakan Unity dapat Anda pelajari lebih mendalam di Dicoding Academy Belajar Membangun Game 2D dan 3D menggunakan Unity

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengujian game/aplikasi Tizen yang telah dibuat di Remote Test Lab tanpa harus memiliki Device Tizen. Anda dapat menggunakan fasilitas Remote Test Lab yang sudah disediakan oleh Samsung yang dapat diakses di link berikut http://developer.samsung.com/rtlLanding.do.

1. Pertama Login dengan Account Samsung Developer.

image1

2. Anda dapat menggunakan beberapa device seperti Samsung Galaxy, Samsung Tizen Z dan Samsung Gear. Kali ini kita akan mencontohkan menggunakan  Samsung Tizen Z dengan klik Tab Z.

image2

3. Anda dapat memperoleh credit gratis tiap hari dengan klik Get Free Credit, di mana kredit tersebut dapat digunakan untuk ditukar dengan penggunaan Remote Test Lab. Di tab terdapat 4 device tizen mulai dari Z1 sampai Z4. untuk Tizen Z4 sudah menggunakan OS Tizen 3.0. Sedangkan, untuk Z1, Z2 dan Z3 masih menggunakan os Tizen 2.4. Anda dapat menggunakan Device yang tidak sedang digunakan. Setelah itu anda dapat melakukan pengaturan berapa lama Remote Test Lab akan digunakan misal menggunakan Samsung Z2. Jika sudah selesai konfigurasi maka klik Start.

image3

4. Klik Start untuk memulai Remote Test Lab.

image4

Jika tidak bisa atau terdapat error, pastikan anda sudah menginstal JRE versi 1.7 atau lebih baru. Kemudian pastikan JavaScript pada browser aktif dan terakhir pastikan port 2600 tidak sedang digunakan.

 

5. Anda dapat langsung buka dengan Java Web Start Launcher dan kemudian klik Oke.

image5

 

6. Setelah dibuka, Klik Run untuk menjalankan Remote Test Lab Client

image6

 

7. Kemudian tunggu proses sampai selesai.

image7

Jika loading terasa lama maka cek kembali koneksi internet atau mencoba device lain yang disediakan di Remote Test Lab.

8. Setelah selesai selesai proses loading, pastikan sebelum meninggalkan remote test lab untuk melakukan uninstall aplikasi/game yang di build dan pastikan sudah logout jika sebelumnya login di facebook atau sejenisnya. Kemudian jangan mengaktifkan KNOX yang dapat menyebabkan device tidak dapat dioperasikan. Klik OK untuk melanjutkan.

image8

9. Kemudian pilih bahasa dan klik OK.

image9

10. Drag dan Drop file tpk/wgt ke Remote Test Lab

image10

Pastikan TPK yang dicoba mendukung arsitektur ARM.

11. Tunggu sampai proses unggah selesai

image11

 

12. Jika sudah selesai, Klik Yes untuk pemasangan.

image12

 

13. Tunggu beberapa saat, jika berhasil maka akan tampil informasi bahwa instalasi berhasil dilakukan. Klik OK untuk melanjutkan ke tahap pengujian aplikasi/game.

image13

14. Anda dapat mencoba untuk membuka game/aplikasi yang Anda install. Anda dapat mengatur device sesuai aplikasi/game Anda dengan cara klik Kanan pada Mouse.

image14

Masih banyak pembahasan menarik di Dicoding Academy Belajar Membangun Game HTML5 menggunakan Construct 2 dan Belajar Membangun Game 2D dan 3D menggunakan Unity. Jika ada pertanyaan, saran atau masukan jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Selamat belajar, semoga bermanfaat, dan nantikan tutorial selanjutnya.

Share this:

Leave a comment