Mengendalikan Pesawat Luar Angkasa Dalam Game Marbel Magic Space

Halo Devs. Kali ini Dicoding akan meliput sebuah game tentang petualangan di luar angkasa yang berjudul Marbel Magic Space. Kita akan dibawa dalam serunya menjelajahi luar angkasa dalam game yang dikembangkan oleh Educa Studio yang satu ini.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Seratus aplikasi lebih telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Marbel Magic Space sudah memenangkan kompetisi dari Dicoding yang bertema Create a New Application or Game Using Intel NDK.

Background Game

Screenshot_2015-08-28-00-39-01

Educa Studio memiliki beberapa lini brand game yang ada di bawah payung mereka. Ada Marbel seri game edukasi, Riri seri kisah interaktif, ada pula Marbel and Friends dimana fokusnya bukan di edukasinya, tapi lebih di sini fun-nya, dan Kabi yang merupakan buku untuk anak-anak yang beragama islam.

Game berjudul Marbel Magic Space ini merupakan salah satu seri dari Marble and Friends. Dimana game ini bertujuan lebih untuk hiburan bagi anak-anak.

Review Game

Screenshot_2015-08-28-00-39-08

Marbel Magic Space merupakan game dengan tema luar angkasa. Di dalam game ini, kita akan mengarungi ruang angkasa yang sangat luas dan penuh misteri.

Dengan genre game shoot-em-up, kita kan mengendarai sebuah pesawat antariksa. Kita akan menjelajahi angkasa dengan berusaha menghindari batu-batu asteroid hingga serangan dari ufo yang berbahaya.

Objektif utama dari game ini adalah untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Dengan menembak pesawat musuh atau meteor, kita bisa mendapatkan poin. Ketika kita menabrak rintangan yang ada di depan kita, maka permainan akan berakhir.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Untuk proses pengembangannya, Marbel Magic Space dibuat menggunakan game engine bernama Cocos2D. Educa Studio memilih tools ini dikarenakan selain gratis, penggunaan game engine bisa mempercepat proses development dari satu aplikasi.

Cocos2D juga memiliki komunitas yang cukup besar. Keberadaan komunitas cukup penting karena dari komunitas kita bisa berbagi ilmu dan saling membantu jika ada kendala terkait masalah teknis.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk monetization, Marbel Magic Space menggunakan model iklan di dalam aplikasinya. Iklan tersebut ada dalam bentuk banner di bagian bawah layar yang selalu muncul di halaman menu. Selain itu, ada juga iklan yang muncul mengisi layar sesekali waktu. Tentu model iklan ini rawan untuk tidak sengaja terpencet oleh anak.

Layanan iklan yang digunakan di dalam game ini adalah AdMob dari Google.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-28-00-37-33

Magic Space merupakan permainan sederhana yang cocok dimainkan oleh anak-anak. Jika anak kita sedang penat atau jenuh belajar, bisa diberikan waktu untuk bermain game ini sejenak.

Unduh Magic Space: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more