Membuat berkas TPK dari Unity tanpa Menggunakan Device Tizen atau Emulator

Hi Devs,

Perkembangan di platform Tizen terus terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Salah satunya adalah penggantian beberapa mekanisme untuk menghasilkan TPK. Di Unity, terutama setelah Unity versi 5.5.2 dirilis, terdapat limitasi untuk melakukan build ke TPK dari Unity untuk developer yang tidak memiliki device tizen.

Terdapat beberapa alternatif yang telah diuji oleh tim dicoding untuk menghasilkan TPK pada Unity, tanpa menggunakan device Tizen. Berikut akan kami bahas salah satu alternatifnya, namun untuk menggunakan alternatif ini, anda wajib memasang Tizen Native versi 2.4 di Tizen Package Manager dan memperbarui versi Unity anda (disarankan versi 5.6.0p3).

 

Alternatif 1: Download Template Project

Pada template Project berikut,  telah tersimpan konfigurasi device Tizen dan proses tersebut cukup dilakukan satu kali dalam setiap project. Anda dapat memasukkan (import) asset, code, dsb yang anda gunakan ke project ini untuk menghasilkan TPK. Anda dapat mendownload contoh project tersebut dibawah ini:

Download: TemplateProjectTizen

Pada saat anda melakukan proses generate TPK, pastikan anda sudah membuat certificate dan sudah melakukan konfigurasi tizen-cli. Untuk anda yang belum membuat certificate atau belum melakukan konfigurasi tizen-cli, anda dapat mengikuti pembelajaran di https://www.dicoding.com/academies/39 (Gratis).

 

Dari sample project kosong, masukkan asset dari project anda sebelumnya. Untuk membuat asset package dapat dilakukan dengan klik kanan pada assets > Export Package dan untuk Import Asset dengan cara Klik menu Assets > Import Package > custom package > cari letak unity package yang anda simpan. Contoh memasukkan asset seperti dibawah ini:

tizen030517_1

Anda dapat memilih file file yang mana saja yang akan dimasukkan dan klik import untuk dimasukkan. Selanjutnya, lakukan setting Unity.

Untuk konfigurasi unity jangan lupa untuk untuk mengganti icon, orientation, package id dan pastikan untuk tidak mengubah Deployment Target karena sudah terkonfigurasi dengan device tizen kami sebelumnya. Contohnya seperti berikut:

Karena tidak terhubung dengan device, maka anda cukup klik Build untuk membuat TPK. Jangan lupa untuk memasukkan scene yang digunakan didalam Scenes In Build

tizen030517_3

Jika berhasil, maka akan dihasilkan file dengan ekstensi dot tpk. Sebagai contoh dibawah ini:

tizen030517_4

Berkas TPK yang dihasilkan dapat dijalankan di device tertentu (sesuai id device yang sudah teregistrasi di distributor certificate) dan dapat submit ke Tizen Store (Gratis).

 

Anda dapat mengikuti program-program terkait Tizen:

 

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

2 comments, add yours.

Khoirul

Kapan Kursus ini di buka lagi? saya cek di web di coding kursusnya sudah tidak aktif,

Leave a comment