Dicoding's Blog

tizenstore296

Membuat Akun Tizen Store dan Publish ke Tizen Store (Gratis)

 

Hallo rekan developer,

Apakabar? Sebagai informasi, untuk anda yang sudah memiliki atau sedang membuat game atau aplikasi dan ingin dipublish di store, Tizen Store dapat mempublish karya anda secara gratis (tidak perlu membayar untuk memiliki akun publisher). Sehingga karya anda dapat dinikmati oleh user di platform Tizen.

Selain itu anda juga dapat berpartisipasi di Challenge Tizen yang dibuat oleh Samsung Indonesia dan mendapatkan hadiah ribuan Dicoding Point.

Membuat Akun Tizen Store

Agar aplikasi yang anda buat bisa dipublish ke Tizen Store, anda harus memiliki terlebih dahulu akun developer Tizen Store, dan dalam membuat akun developer Tizen Store ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun, alias gratis!

Buka halaman website http://seller.tizenstore.com/login/signIn.as lalu pilih Sign Up Now.

image1

Setelah itu akan ada dua pilihan tipe akun, yang pertama Private seller dan yang kedua Corporate seller. Dimana bila anda hanya bekerja sendirian, anda bisa memilih Private seller. tetapi apabila anda mengatasnamakan Studio game anda sendiri, anda dapat memilih Corporate Seller.

image2

Pilih negara Indonesia, lalu berikan centang pada semua persetujuan agar artinya anda sudah setuju dengan segala peraturan yang berlaku pada Tizen Store. Lalu tekan Next.

image3

Selanjutnya, silahkan isi biodata anda mulai dari email, password, nama, tanggal lahir, alamat, kota, dan nomer telepon. Bila sudah selesai, tekan tombol Confirm yang ada di bawah.

image4

Sekarang anda sudah menyelesaikan proses pendaftaran akun. Tetapi sebelum akun developer Tizen Store anda dapat berfungsi, anda harus melakukan konfirmasi pada email yang anda pakai tadi. Coba buka email anda dan lihat email yang baru saja masuk dari Tizen.

image5

Buka email dengan judul “Welcome to Tizen Store Seller Office”, lalu tekan tombol Verify Now

image6

Setelah menekan verify now, anda akan diharuskan untuk login terlebih dahulu, dan sekarang anda telah menyelesaikan tahap membuat akun Developer Tizen Store!

image7

Submit ke Tizen Store

Bila anda masih membuka halaman pada saat setelah anda menyelesaikan tahap verifikasi, anda bisa langsung menekan tombol Add free application yang ada di bawah.

image8

Bila anda belum login, buka halaman website http://seller.tizenstore.com/login/signIn.as untuk login terlebih dahulu. Kemudian Isi email beserta password yang anda gunakan dalam membuat akun developer Tizen Store pada materi sebelumnya. Selanjutnya tekan tombol Sign in. Bila anda sudah login dan menekan tombol (add free application) dengan cara di atas tadi, anda tidak perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

image9

Setelah itu, tekan tombol Add New App pada bagian atas kanan.

image10

Selanjutnya berikan nama aplikasi anda. Apabila aplikasi anda menggunakan Bahasa Indonesia, ubah Default language menjadi Indonesian.

image11

Pada bagian Binary File, kolom ini berguna untuk mengupload file yang sudah kita hasilkan dari Tizen SDK pada materi sebelumnya. Terdapat 2 format file yang didukung Tizen, yakni .wgt dan .tpk. Untuk Construct 2 sendiri menghasilkan format file .wgt. Sedangkan Unity akan menghasilkan format .tpk. Klik Upload a new binary, lalu tekan tombol upload untuk mengambil file .wgt yang sudah anda hasilkan sebelumnya.

image12

Kemudian cari file yang akan diupload

image13

Lalu tekan Save untuk menyimpan

image14

Selanjutnya scroll ke bawah, ubah release note nya menjadi New Release. lalu tekan tombol save yang ada di atas.

image15

Berikutnya buka halaman Sales, lalu pilih negara yang anda ingin distribusikan.

Lalu scroll lagi ke bawah, ubah kategori aplikasi anda, karena kita membuat permainan, maka pilih kategori Game, dan pilih jenisnya. Berikutnya tetapkan pula batasan usia untuk permainan yang anda buat ini. Jika sudah, tekan tombol Save.

image16

Lalu akan muncul pertanyaan mengenai apakah kita juga ingin menambahkan negara yang sesuai dengan batasan usia yang kita terapkan tadi, pilih saja No, karena kita hanya akan fokus ke Indonesia saja.

image17

Selanjutnya buka buka halaman Display, masukkan deskripsi permainan anda, tag, icon, serta beberapa screenshot. Jangan lupa melakukan save.

image18

Berikutnya buka halaman Item. karena kita tidak menggunakan fitur IAP, ubah parameternya menjadi Not used. Lalu tekan tombol save dan tombol Submit bila sudah selesai diisi semua.

image19

Bila sudah menekan tombol submit, maka akan muncul kotak pemberitahuan bahwa proses validasi akan mulai dijalankan setelah kita menekan tombol Confirm. apabila anda benar-benar sudah selesai baik dari segi gameplay sampai deskripsinya, silahkan tekan Confirm.

image20

Sekarang permainan anda sudah dalam tahap persiapan untuk di validasi/review, butuh waktu paling lama 3 hari. perlu diingat, tahap review hanya dapat diulang paling banyak 3 kali. Apabila lebih dari tiga kali, maka permainan anda tidak dapat ditampilkan di tizen store.

Untuk anda yang telah memiliki aplikasi yang sudah release maka anda dapat berpartisipasi di Challenge Tizen yang dibuat oleh Samsung Indonesia dan mendapatkan hadiah ribuan Dicoding Point.

Selain itu anda dapat mendaftarkan aplikasi buatan Anda di Tizen Incentive dan menangkan USD 10,000 untuk 100 aplikasi terbaik setiap bulan.

201704191037306b1918dd887fa5c83e95777002722a92

Share this:

Leave a comment