Dicoding's Blog

Memanfaatkan Waktu Lebih Baik untuk Menjalani Kehidupan yang Lebih Cerdas dan Efisien

Kehidupan mengajarkan kita untuk memanfaatkan waktu dengan baik, sementara waktu mengajarkan kita arti mencari makna dalam kehidupan. Salah satu penunjang dari kehidupan saat ini adalah tersedianya berbagai aplikasi cerdas. Jadi akankah kamu yang menawarkan aplikasi yang menunjang kemudahan hidup selanjutnya?

Setiap orang menjalani hidup dan memaknainya dengan cara yang berbeda, tergantung dari apa yang menjadi panggilan masing-masing individu. Ada orang yang meraih makna dengan berbagi dan menolong sesama, ada sebagian lain yang memilih untuk mendalami hobi dan kegemarannya, dan ada pula orang yang memaknai kehidupannya dengan mengunjungi tempat-tempat baru. Apapun itu, agar dapat menyalurkan panggilan terpenting dalam hidupnya, setiap orang harus memastikan bahwa tanggung jawab dalam rutinitas kesehariannya terpenuhi dengan cara yang sebaik dan seefektif mungkin. Perkembangan teknologi yang begitu pesat memungkinkan kita untuk menyederhanakan rutinitas keseharian yang masih menjadi beban bagi sebagian besar orang. Salah satu penunjang kehidupan modern yang cukup penting saat ini adalah gawai cerdas (smart-devices) beserta aplikasi didalamnya.

credit: pixabay

credit: pixabay

Berbagai macam aplikasi tersedia di gawai cerdas (smart-devices) untuk membantu mempermudah aktivitas sehari-hari. Segala aktivitas manusia sekarang bisa dilakukan lebih sederhana dengan bantuan aplikasi. Mulai dari memesan makanan, transaksi pembelian, mengirim paket, dan lain sebagainya sekarang bisa dilakukan dengan sentuhan layar pada smartphone.

credit: go-food

credit: go-food

Populernya berbagai aplikasi pemesanan makanan seperti Go-Food dan Kulina, menjadi salah satu bukti revolusi kegiatan jual-beli makanan di masyarakat. Kini kita tak perlu membuang waktu dan energi untuk menempuh jarak dan mengantre agar mendapatkan menu pilihannya. Cukup dengan sentuhan di layar ponsel dan sedikit biaya tambahan untuk jasa pengantaran maka hidangan pilihan akan langsung diantarkan ke tempat yang ditentukan.

credit: kulina.id

credit: kulina.id

Perubahan di sisi kehidupan lain, misalnya berhubungan dengan finansial dan keuangan. Menyederhanakan pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan pribadi pun tak lagi memerlukan buku catatan yang merepotkan. Melalui aplikasi Uangku yang dibuat oleh ODT Indonesia, kita dapat mencatat, memantau, dan memperkirakan pemasukan dan pengeluaran kita sehari-hari. Pun juga opsi perbankan digital yang salah satunya ditawarkan oleh Bank DBS melalui aplikasi Digibank. Digibank mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh konsumen dalam bertransaksi dan memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja. Meningkatkan efisiensi waktu nasabah dan mengurangi kompleksitas saat ingin bertransaksi. Digibank bahkan menawarkan fitur cerdas spending tracker yang dapat digunakan untuk membuat budget dan analisa pola pengeluaran Anda sendiri. “Tentukan, tetapkan batas, dan beri tahu bila Anda telah melampaui batas.”

credit: Digibank by DBS

credit: Digibank by DBS

Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi digital, misalnya Go-Food, Kulina, Uangku, dan Digibank by DBS membuka ruang eksplorasi yang luas untuk menemukan fitur-fitur inovatif yang dapat memudahkan rutinitas keseharian agar kita dapat menjalani kehidupan dengan lebih cerdas, produktif, dan bermakna. Jadi akankah kamu yang menawarkan kemudahan hidup selanjutnya?

“Explore your inner creative genius through the medium you love and enjoy the journey!”
― Ken Poirot

 

Submit Aplikasi/Game Terbaikmu di DBS Live More Society: Developer Challenge oleh Bank DBS Indonesia dengan klik http://go.dbs.com/devchallenge dan dapatkan ratusan ribu Dicoding Points. 
Share this:

Chief Innovation Officer - Dicoding Indonesia, dapat dikontak melalui alamat email : yoza[at]dicoding[dot]com

One comment, add yours.

Mantap mas artikelnnya…. go digital now

Leave a comment