Mau Tahu Asal Mula Candi Prambanan? Ikuti di Kisah Interaktif Roro Jonggrang

Halo Devs, siapa di sini yang pernah main ke Candi Prambanan? Buat yang belum pernah ke sana, pasti tahu dong kisah di balik berdirinya candi tersebut. Untuk yang belum tahu, bisa coba sambil mainkan kisah interaktif Roro Jonggrang karya Educa Studio.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Seratus aplikasi lebih telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Aplikasi kisah interaktif Roro Jonggrang juga sudah mendapatkan penghargaan dari tantangan Dicoding yakni 10K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background App

Screenshot_2015-08-12-20-56-42

Kisah interaktif merupakan salah satu lini produk dari Educa Studio yang cukup populer. Menyusul kesuksesan seri Marbel, Riri yang merupakan singkatan dari Cerita Anak Interaktif memberikan kita media untuk bisa mendongeng kepada anak secara menyenangkan.

Seri Riri kali ini mengangkat kisah asal muasal Candi Prambanan yang sangat terkenal di Indonesia. Hal ini dirasa penting untuk dilakukan mengingat seiring berjalannya waktu, sajian edukasi dan permainan anak-anak jarang yang menyentuh kepada tradisi dan budaya lokal.

Jika anak-anak kita terus terpapar oleh budaya pop dari luar, bisa jadi budaya lokal justru tersingkirkan. Untuk itulah aplikasi seperti Riri yang mengangkat kisah lokal perlu kita acungkan jempol.

Review App

Screenshot_2015-08-12-20-56-25

Cerita Interaktif Anak yang berjudul Roro Jonggrang memiliki dua bagian utama. Bagian pertama adalah cerita interaktif dan bagian kedua merupakan permainan edukatif.

Pada cerita interaktif, kita bisa mengikuti kisah asal muasal Candi Prambanan serta kisah Roro Jonggrang. Untuk mengikuti kisahnya, kita bisa memilih mode otomatis dimana akan ada narasi yang membacakan kisahnya atau mode membaca sendiri dimana kita bisa lebih leluasa menceritakan kisah-kisahnya.

Sebagai bagian hiburan, terdapat bagian permainan edukatif juga di dalam Riri Roro Jonggrang. Permainan sederhana ini tidak hanya untuk memacu kecerdasan anak, tapi juga sembari menyelipkan konten yang sudah diketahui ketika membaca cerita interaktif. Dengan ini anak bisa bermain, belajar, sembari melestarikan budaya Indonesia.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Untuk proses pengembangannya, Roro Jonggrang dibuat menggunakan game engine bernama Cocos2D. Educa Studio memilih tools ini dikarenakan selain gratis, penggunaan game engine bisa mempercepat proses development dari satu aplikasi.

Cocos2D juga memiliki komunitas yang cukup besar. Keberadaan komunitas cukup penting karena dari komunitas kita bisa berbagi ilmu dan saling membantu jika ada kendala terkait masalah teknis.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Strategi yang digunakan oleh Educa Studio untuk memonetisasi aplikasinya adalah dengan menggunakan iklan di dalam aplikasi Riri Roro Jonggrang. Iklan tersebut diletakan dalam bentuk banner ads dan juga interstitial ads.

Layanan iklan yang dipilih oleh Educa Studio adalah Google Admob. Layanan ini dipilih karena melihat perilaku pengguna aplikasi di Indonesia yang kurang begitu senang membuka iklan apalagi sampai melakukan instalasi dari iklan. Untuk iklan dari sisi impresi, Google masih juara di antara layanan iklan lainnya.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-12-20-56-49

Kisah interaktif untuk anak mengenai kisah Roro Jonggrang yang diramu dalam bentuk aplikasi adalah salah satu bentuk pelestarian budaya yang kreatif dan patut ditiru. Aplikasi ini bisa menjadi media anak untuk belajar, bermain, juga menjaga kelestarian budaya Indonesia.

Game Cerita Anak: Roro Jonggrang telah menggunakan Intel Android NDK yang membuat game berjalan lebih baik di Intel Device dengan x86 architecture. Untuk membuktikan hal tersebut kami telah mencoba game tersebut di dua buah device yaitu Asus Zenfone 2 ZE550 ML dan Xiaomi Redmi Note 4G yang memiliki spesifikasi hardware hampir identik.
Kesimpulan hampir tidak ada perbedaan dari sisi grafis game Cerita Anak: Roro Jonggrang di kedua device tersebut. Namun kami merasakan loading di dalam game terasa lebih cepat di device Asus Zenfone 2 ZE550 ML yang menggunakan prosesor Intel.

3

Unduh Riri Roro Jonggrang: Google Play (Free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more