Masjidku Luncurkan Dukungan Website Gratis untuk Masjid

Jakarta – Dalam empat bulan sejak peluncurannya, aplikasi Masjidku telah memikat 5,000 orang pengguna dan 50 masjid untuk bergabung dan memanfaatkan berbagai layanan komunikasi Masjidku sebagai sarana dalam menjembatani masjid dan umatnya. Masjidku menjadi media komunikasi masjid dalam penyampaian dakwah, pengelolaan kegiatan keagamaan, serta pelaporan infaq dan shodaqoh. Kini, untuk melengkapi jembatan informasi antara masjid dan umat, Masjidku meluncurkan layanan pembuatan website gratis untuk setiap masjid yang bergabung.

Pengelolaan kegiatan keagamaan, artikel dakwah, pelaporan infaq/shodaqoh, serta berbagai fitur web lainnya lengkapi layanan komunikasi terintegrasi Masjidku

“Di era digital sekarang ini, ketersediaan platform Masjidku sangat memudahkan kami dalam menjangkau umat,” ungkap Tony Nugroho, Koordinator Masjid Ash-Shaff Emerald Bintaro, “Berbagai fitur web dan aplikasi Masjidku membantu memastikan bahwa para jamaah mendapatkan informasi terkini dan akurat mengenai berbagai kegiatan yang diselenggarakan di masjid.”

Diantara masjid yang sudah memanfaatkan dukungan website dengan platform Masjidku adalah Masjid Ash-Shaff Emerald Bintaro – http://masjidemerald.com, Masjid Raya Bintaro Jaya – http://www.masjidrayabintarojaya.or.id, dan Masjid Baitul Makmur Boyolali – http://www.masjidbaitulmakmur.net.

Setiap website dilengkapi dengan content management system masing-masing sehingga pengurus masjid yang menjadi administrator web dapat mengelola konten situsnya secara mudah dan efektif. Beberapa fitur website yang diberikan antara lain jadwal kegiatan, artikel kajian, galeri untuk dokumentasi foto dan video, serta donasi infaq dan shodaqoh.

Selain fitur-fitur utama diatas, website yang dibangun juga akan secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi mobile Masjidku sehingga memudahkan administrator masjid dalam mengelola dan mengontrol penyampaian informasi secara efektif, sistematis, dan transparan.

Sebagai platform komunikasi yang terintegrasi, Masjidku memudahkan umat untuk memperoleh informasi kajian dan kegiatan terkini serta dapat mendaftar langsung untuk mengikuti kegiatan tersebut di masjid. Hal ini diharapkan mampu memudahkan pengurus masjid untuk mengatur logistik yang dibutuhkan. Selain itu, Masjidku memungkinkan pengurus masjid untuk berdakwah melalui smartphone dengan bantuan teknologi push notification, sehingga dakwah kepada umat bisa dilakukan secara lebih meluas dan efisien. Hal ini penting mengingat masih tingginya biaya yang dibutuhkan untuk penyiaran informasi rutin tersebut melalui media-media konvensional.

“Masjidku bertujuan meringankan biaya operasional yang dikeluarkan oleh masjid untuk komunikasi dan penyiaran informasi,” ungkap Chief Technology Officer Masjidku, Adib Toriq, “Ke depannya, kami berharap Masjidku dapat meningkatkan partisipasi dan rasa kepemilikan umat Islam terhadap masjidnya.”

Beberapa masjid yang telah bergabung dengan Masjidku, antara lain Masjid Daarut Tauhid Bandung, Masjid Jenderal Sudirman Jakarta, Masjid Baitul Makmur Boyolali, Masjid Darul Ihsan Bekasi, Masjid Raya Bintaro Jaya Sektor 9, Masjid Ash-Shaff Emerald Bintaro, Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Jakarta, Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur, Masjid Agung Al-Azhar Jakarta, Masjid Raya Pondok Indah Jakarta, Masjid Cahyaningati Malang, Masjid Al Muttaqien Malang, Masjid Pesantren Tebuireng Jombang, dan masih banyak lagi.

“Masjidku merupakan platform yang bisa menjadi terobosan dengan memanfaatkan teknologi untuk menembus ruang dan waktu dengan teknologi memberikan informasi terkini,” ungkap Ir. H. Rachman Notowibowo, DKM Masjid Raya Bintaro Jaya, “Dengan adanya aplikasi Masjidku sebagai jejaring sosial Islami, kami dapat lebih mudah menjangkau kalangan muda yang akrab dengan teknologi.”

Sebagai negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia, Indonesia memerlukan media komunikasi positif yang bisa mempererat dan meningkatkan kualitas ukhuwah Islamiyah. Berangkat dari pemikiran sederhana tersebut, Masjidku dirancang sebagai platform komunikasi terintegrasi untuk menjembatani umat Islam dengan masjidnya melalui web dan aplikasi. Seluruh fitur dan layanan Masjidku tidak berbayar, dan dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masjid dan umat Islam di Indonesia.

Untuk mendaftarkan masjid, pengurus masjid dapat mengirim email ke info@masjidku.id. Untuk mengunduh aplikasi Masjidku pada ponsel, pengguna dapat mengunjungi situs www.masjidku.id. Saat ini Masjidku sudah tersedia untuk para pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan iOS.

 

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder Dicoding