Marbel Puzzle: Food Series, Permainan Edukasi Untuk Mengenalkan Makanan

Bagi para Devs yang senang dengan kuliner dan makanan, bisa coba mainkan game menarik untuk anak berjudul Marbel Puzzle: Food series. Game ini cocok sekali dimainkan untuk menaikan nafsu makan anak kita.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Seratus aplikasi lebih telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Game Marbel Puzzle: Food Series sudah menjuarai tantangan di Dicoding yakni 10K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Screenshot_2015-08-13-10-39-04

Marbel merupakan seri game edukasi belajar sambil bermain buatan Educa Studio. Sudah ada puluhan game dalam seri Marbel. Kali ini, Educa Studio membuat game puzzle dengan tema makanan.

Marbel Puzzle: Food Series akan sangat pas untuk mengenalkan jenis-jenis makanan kepada anak. Selain melatih kecerdasan anak dalam mengenal gambar, kita juga bisa memancing anak agar mencoba berbagai jenis makanan melalui game ini.

Review Game

Screenshot_2015-08-13-10-40-00

Marbel Puzzle: Food Series merupakan game puzzle sederhana dimana anak akan mencoba memasangkan potongan gambar menjadi gambar yang sempurna. Dikarenakan game ini ditujukan untuk anak-anak, maka potongan gambarnya pun sederhana dan mudah diselesaikan.

Ada tiga bagian yang bisa dimainkan di dalam game ini. Yang pertama adalah buah-buahan, yang kedua adalah makanan, dan yang ketiga adalah minuman.

Setiap bagian terdapat beberapa objek yang bisa dimainkan. Objek tersebut awalnya berwarna abu-abu. Ketika anak telah selesai memainkan dan menyelesaikan potongan gambar objek tersebut, akan muncul gambar aslinya sembari disebutkan nama objek tersebut. Hal ini membantu anak untuk juga mengingat nama-nama makanan.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Marbel Puzzle: Food Series merupakan permainan edukatif yang dikembangkan menggunakan Cocos2D. Cocos2D merupakan game engine yang disediakan gratis untuk digunakan oleh para developer.

Engine Cocos2D merupakan salah satu yang cukup populer di kalangan developer di Indonesia. Sebagai salah satu engine yang sudah cukup lama dan matang di industri, Cocos2D memberikan kemudahan bagi developer untuk bisa mengembangkan game menggunakan tools ini.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Educa Studio menggunakan strategi monetisasi berupa pemanfaatan iklan di dalam aplikasi. Marbel Puzzle: Food Series bisa didapatkan secara cuma-cuma, namun di dalamnya terdapat beberapa potong iklan yang bisa dilihat oleh pengguna.

Dari iklan tersebutlah Educa Studio mendulang rupiah. Layanan iklan yang saat ini digunakan oleh Educa Studio adalah AdMob milik Google. AdMob merupakan salah satu layanan iklan populer, terutama untuk jenis model iklan berbasis impresi.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-13-10-39-51

Marbel Puzzle: Food Series merupakan wahana yang cocok untuk diberikan kepada anak agar mereka bisa bermain sembari belajar. Nilai tambah dari aplikasi ini adalah bisa juga menambah rasa minat anak terhadap makanan.

Unduh Marbel Puzzle: Food Series: Google Play (Free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more