Beasiswa Google

Mahasiswa Penerima Beasiswa Google FDP ini Diundang Hadir di Google I/O

Mahasiswa Penerima Beasiswa Google ini Diundang Hadir di Google I/O: Gimana Ceritanya?

Halo teman-teman,

Beberapa waktu lalu kami sudah ajak kamu kenalan sama Pak Aryo Pinandito, dosen Teknik Informatika di Universitas Brawijaya. Beliau salah seorang dosen penerima Beasiswa Google FDP 2018 yang mewakili Indonesia di ajang bergengsi Google I/O 2019.

Beasiswa Google

Selengkapnya, baca di sini. 

Nah kali ini giliran cerita yang sama dari kalangan mahasiswa. Sambut Muh Isfhani Ghiath, alias Ipang dari Sungguminasa, Sulawesi Selatan. Baru-baru ini mahasiswa penerima Beasiswa Google FDP ini terpilih dari sekian banyak peserta program untuk hadir di Google I/O 2019 juga loh.

Penasaran seperti apa ceritanya? Berikut tanya jawab antara kami dan Ipang.

#1 Apa kesibukan kamu saat ini?

Halo saat ini saya baru saja lulus dari program studi Teknik Informatika di STT Nurul Fikri, dan sekarang bekerja sebagai full time Software Engineer Android di Tokopedia.

__________

#2 Dapat beasiswa Google tahun lalu, apa pengaruhnya buat kamu?  

Beasiswa dari Google merubah pola pikir saya menjadi “Android Developer” seutuhnya yang lebih baik. Banyak tantangan dan hal baru yang saya pelajari selama mengerjakan kelas yang diberikan. Serta, berkat review dan bantuan dari para reviewer di Dicoding, saya jadi bisa meningkatkan kualitas penulisan kode saya .

Tentu sangat berpengaruh dalam keseharian saya sebagai Software Engineer. Saya jadi bisa menerapkan ilmu seperti menjaga dan merawat kode, best practices, dsb. yang didapat dari beasiswa Google tersebut.

__________

#3 Bagaimana ceritanya kamu dapat pergi ke Google I/O ?

Dimulai sejak saya berkomunitas pada tahun 2014. Saya sudah mulai aktif berkomunitas di Community Program nya Google, salah satunya GDG chapter Depok dan Jakarta. Awalnya peserta, lalu jadi organizer, hingga lanjut jadi pembicara.

Tak hanya GDG, saya pun aktif sebagai IAK Fasilitators dari 2015 hingga 2018, dari awalnya tingkat  fasilitator pemula hingga mahir.

Lalu, pada tahun 2017, Google membuka Community Program baru khusus untuk mahasiswa, yaitu DSC untuk pertama kali nya di Indonesia. Saya coba untuk mendaftarkan diri  dan alhamdulillah diamanahkan jadi DSC Lead chapter 2017 hingga 2019.

Acara Google I/O merupakan salah satu mimpi terbesar saya sejak 2014 (pertama kalinya hadir I/O Extended di Jakarta). Tiap tahun saya hanya bisa nonton secara live atau ikut I/O extended, dan hanya bisa bermimpi dan membayangkan untuk bisa hadiri acaranya secara langsung.

Nah, sewaktu di DSC, saya  kaget ketikaada pemberitahuan bahwa beberapa dari DSC Lead berkesempatan untuk terbang ke Mountain View untuk menghadiri Google I/O secara fully funded. Tanpa menyia-nyiakan waktu, saya mencoba mendaftarkan.

Namun dengan kurangnya persiapan dan terburu-buru, ketika pengumuman keberangkatan tiba,  saya masih belum  kesempatan untuk berangkat ke acara Google I/O (2018). Rasanya terpukul dan menyalahkan diri sendiri karena tidak maksimal.

Tapi seiring waktu, saya mencoba ikhlas dan fokus  menjalankan program DSC di kampus. Tiap minggu, tiap bulan, hingga tahunan, saya mencoba mengadakan event DSC di kampus saya. Sebelum masa kepengurusan DSC berakhir di 2019, ternyata dari pihak Google membuka kesempatan kembali ke DSC Lead untuk berangkat ke Mountain View. Dari pelajaran tahun lalu, di tahun ini saya mencoba untuk mempersiapkan semaksimal mungkin. Saya pun mengisi form registration sebaik mungkin.

Alhamdulillah wa syukurillah, saya diberikan rejeki untuk bisa berangkat ke US untuk mewujudkan mimpi  selama ini. Dan ternyata, DSC Lead yang masif melakukan kegiatan di kampusnya, memiliki kesempatan yang lebih besar untuk terpilih berangkat ke Mountain View. Usaha tidak mengkhianati hasil ya!

Beasiswa Google

__________

#4 Adakah tips bagi mahasiswa yang ingin juga seperti kamu?

Berkomunitas lah. Karena dengan berkomunitas, kita bisa pelajari sesuatu hal yang baru yang lebih luas dan yang lebih penting, memperluas relasi.

Dan yang sering saya katakan, jangan mudah puas dengan apa yang sudah dimiliki saat ini. Ilmu itu luas, terus belajar dan jangan pernah lelah untuk belajar. Ada satu hal yang saya pegang dari dulu, yaitu “keterbatasan tidak menutup untuk meraih kesuksesan”. Dan saya merasakan hal itu, dari yang awalnya ngoding di warnet hingga saat ini alhamdulillah bisa berangkat ke US.

__________

#5 Apa saja pengalaman unik dan menarik selama kamu di sana?

Banyak pengalaman yang saya dapatkan. Tahun ini pelaksanaan Google I/O bareng dengan Ramadhan, jadi saya dan teman-teman dari Indonesia puasa 18 jam di sana! Pun ini tak menghalangi saya untuk bisa eksplore lebih banyak di I/O.

Saya belajar banyal hal tentang teknologi baru dari Google, dimulai dari keynote speech yang dipresentasikan secara langsung oleh Sundari Pichai, lalu masif bertanya ke expertise yang ada di Sandbox nya, mengikuti session-session yang ada, hingga hands-on secara langsung di codelabs yang disediakan. Bahkan, ketika codelabs, saya bisa tanya langsung ke para pakar Google. Misalnya, ketika mengikuti dan mengalami kesulitan codelabs Android , saya bisa secara langsung tanya ke Tim Android dari Google.

Beasiswa Google

Tak hanya itu, saya memanfaatkan momentum tersebut untuk menjangkau lebih banyak relasi di sana. Dari ketemu dengan VP Google, Head of Google Community, teman-teman Udacity, teman-teman penggiat komunitas, hingga teman-teman Software Engineers dari Tech Company lainnya. Saya betul-betul banyak mendapatkan insight yang positif dari mereka, serta ilmu baru.

————————–

Yuk raih peluangmu! Next, mungkin kamulah yang diundang hadir konferensi developer global terfavorit ini, di San Fransisco Amerika Serikat.

Caranya?

Daftar Beasiswa Google FDP 2019 untuk dosen dan Mahasiswa, sekarang! 

Beasiswa Google FDP

Klik di sini untuk mendaftar sebagai dosen

Klik di sini untuk mendaftar sebagai mahasiswa

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Editor @ Dicoding