LULUS Kelas Kotlin Android Developer Expert, BISA

Halo kawan-kawan,

Apa kamu akan / sedang mengerjakan kelas “Kotlin Android Developer Expert?” Jika ya, wajib baca panduan ini.

#1 Requirement

Kelas yang tersedia di Dicoding Academy sejak awal 2018 ini memiliki:

  • 52 Modul 
    Isinya terdiri dari teori dan praktik. Modui ini diupdate secara berkala. Saat ini kami tengah mengupdate versi yang ada mengikuti versi Kotlin 1.3
  • 5 Project Submisson
    Sebanyak 1 dari 3 lulusan Dicoding Academy sepakat bahwa inilah fitur yang paling bermanfaat dari Dicoding Academy (Dicoding Graduate Survey: 2018)
  • 50 Hari Deadline
    Rentang waktu ini bersifat mutlak. Terkecuali kami memberikan perpanjangan waktu pada situasi-situasi yang khusus.

#2 General Tips

Supaya kamu konsisten mengerjakan hingga finish line, jangan lupa:

  • Ikuti setiap modul yang ada, step by step
  • Aktif pada Kelompok Belajar (bagi peserta Google Developer Kejar 2018)
  • Aktif pada forum diskusi
    Pesan penting dari Yudistiro, Lulusan tercepat kelas KADE (3 hari) “Jangan malu untuk bertanya. Mau itu ke fasilitator, forum diskusi kelas, atau ke forum forum programmer lainnya. Jangan dipendam sendiri. BERAT”  Faktanya, faktor keaktifan ini merupakan salah satu kunci yang membantunya lulus dengan mulus.

#3 Technicalities

Dalam menuntaskan kelas ini, perhatikan beberapa detail penting berikut:

A. Version Control System

Gunakanlah VCS seperti Git dalam mengerjakan submission. Ini akan sangat bermanfaat karena submission di KADE itu saling berhubungan. Jadi kamu tidak perlu membuat project baru ketika mengerjakan submission selanjutnya.

 B. Focus on Requirements

Cobalah untuk fokus pada ketentuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu. Jika sudah beres, baru berikan improvisasi pada project kamu.

C. Decomposition 

Setiap sebelum mulai mengerjakan submission, biasakan untuk memperhatikan contoh pada modul. Pisahkanlah menjadi 2 bagian (Layout dan Kode). Kerjakan atau susun layout terlebih dahulu sesuai kebutuhan. Setelah itu, implementasikan kode yang dibutuhkan untuk setiap fitur yang Ada. Jangan lupa untuk menuliskan kode dengan rapi, mulai dari struktur kode, convention, dsb.

D.  Implement Feedback

Jika sudah pernah mendapatkan review dari reviewer, cobalah untuk menerapkan semua saran yang diberikan. Selain untuk meningkatkan kualitas submission kamu, ini juga akan menambah nilai Anda pada KADE.

 

#4 Review Process

Proses review atau pemeriksaan submission adalah fase di mana kamu mendapatkan masukan dan saran perbaikan dari panel reviewer kami. Dalam mengetes setiap submission, para reviewer ini akan memperhatikan beberapa poin sebagai berikut:

  • Requirements
    Apakah submission sudah memenuhi checklist requirement yang ada?
  • Coding Convention
    Apakah coding convention sudah tepat?
  • Improvements
    Setelah mendapat masukan pada ronde review yang pertama , peserta kemudian mengirim ulang pekerjaannya. Reviewer akan memeriksa apakah ada poin perbaikan yang signifikan dan memenuhi syarat?

Manfaatkan proses review ini sebaik-baiknya. Pastikan submission-mu sudah memenuhi syarat. Sebanyak lebih dari 75 persen lulusan kelas Dicoding Academy sepakat bahwa proses review ini adalah fitur kelas yang “sangat bermanfaat.”

#5 Hindari Plagiarisme

Narenda Wicaksono, CEO Dicoding menyebut kontrol dan disiplin diri sebagai 1 di antara 3 karakter utama yang harus dimiliki oleh seorang developer. Tapi apa jadinya kalau kita ingin buru-buru merampungkan sebuah proyek -termasuk submission di Dicoding Academy- dengan kontrol-disiplin diri yang rendah?

Salah satunya adalah plagiarisme ☹

Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2013) plagiarisme adalah mencuri gagasan, pemikiran, proses, objek dan hasil karya seseorang, baik dalam bentuk data atau kata-kata, tanpa menyatakan penghargaan.

Nih, baca dulu ya Wajib Tahu: 4 Akibat Buruk Plagiarisme bagi Developer

Asal tekun, kamu pasti bisa lulus dan menguasai first language Kotlin ini. Selamat mencoba panduan di atas ya. Semoga berhasil!

Sumber utama: Presentasi Head of Reviewer Dicoding Academy, Nur Rohman.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Editor @ Dicoding

Leave a comment