Dicoding's Blog

Live Well

Live Well : Kebutuhan Hidup Sehat dan Bugar Dengan Dukungan Teknologi

Men Sana in Corpore Sano, sebuah slogan yang sering didengar namun kurang diperhatikan dalam kehidupan modern. Tekanan untuk memenuhi tenggat waktu atau menyelesaikan target, tanpa disadari fisik dan mental kita tidak mendapatkan asupan yang baik. Padahal kebugaran jasmani dan rohani adalah kunci dalam setiap aktivitas. Maukah Anda menjadi developer yang menjawab kebutuhan “Live Well” yang dibutuhkan para pengguna di zaman modern?

Dalam kehidupan yang berjalan begitu cepat di masa kini, sering manusia modern berada di bawah tekanan untuk memenuhi tenggat waktu atau menyelesaikan target, kesibukan, dan mungkin juga stress yang berkepanjangan. Begitu sibuknya sehingga tidak sempat makan dengan benar, tidak berolahraga, dan bahkan mengorbankan waktu istirahat. Padahal, untuk dapat menyelesaikan setiap pekerjaan dan target serta mencapai semua hal yang kita inginkan, kita harus tetap sehat, bugar dan tentu saja fresh. Tanpa disadari terkadang fisik kita tidak mendapatkan asupan yang baik, juga dengan pikiran dan mental kita. Kebugaran jasmani dan rohani adalah kunci dalam setiap aktivitas. Tak ada cara yang lebih baik untuk meraih keseimbangan tersebut selain dengan gaya hidup yang sehat, rutin berolahraga, dan secara konsisten meneguhkan sisi spiritual dalam diri kita.

Live Well

credit: pixabay

Berolahraga kini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Fasilitas dan lokasinya semakin tersebar dan bahkan didukung oleh aplikasi dan gawai yang didesain untuk kebutuhan kesehatan jasmani maupun rohani. Tersedia cukup banyak aplikasi yang fungsinya untuk mendukung kegiatan olahraga, baik secara individu maupun Bersama-sama. Aplikasi semacam Runtastic Running & Fitness Tracking dan Endomondo merupakan aplikasi yang sering dipakai oleh pengguna untuk merekam aktifitas olahraga dalam keseharian. Dengan aplikasi tersebut pengguna bisa mengetahui berapa jumlah langkah mereka setiap hari, merekam seberapa jauh dan seberapa lama mereka berlari, bahkan sampai denyut jantung bisa diketahui.

Live Well

credit: Pixabay

Selain itu, juga terdapat aplikasi yang memandu kita bagaimana melakukan olahraga dengan langkah-langkah yang benar, seperti 7 minutes workout dan 30 days abs workout serta Calorie Counter dan Diet Point yang memandu kita untuk mengatur pola dan nutrisi makanan. Jika aplikasi kesehatan dapat diintegrasikan dengan aplikasi keseharian lain seperti travelling, kuliner, atau fotografi juga akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pengguna yang menginginkan agar kesehatan jasmani menjadi gaya hidup.

Live Well

credit: Google Play Store

Masih terdapat peluang besar bagi para developer yang ingin mengembangkan aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan karena pada aplikasi rekomendasi Google Play Store misalnya, belum satupun berasal dari Indonesia. Aplikasi yang dapat dikembangkan para developer tidak hanya terbatas pada kemampuan merekam aktivitas olahraga, tetapi juga mampu mengaitkan manfaat kesehatan yang diperoleh melalui kegiatan olahraga tersebut. Hal ini sangat penting untuk memotivasi dan mengingatkan penggunanya agar rutin berolahraga dan menjaga gaya hidup sehat.

credit: Myquran

credit: Myquran

Adapun untuk memupuk kebutuhan rohani kita, saat ini terdapat banyak aplikasi yang menuangkan ayat-ayat suci dan kumpulan do’a dalam bentuk digital, seperti MyQuran dari Wali Studio yang merupakan aplikasi Al-Qur’an digital dengan terjemah Bahasa Indonesia dan telah mendapatkan sertifikasi tashih, Doa Hindu : Buku Doa Digital oleh Dharmana. Jika aplikasi kerohanian dapat diintegrasikan dengan aplikasi keseharian lain seperti travelling, kuliner, atau fotografi juga akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pengguna yang menginginkan agar kesehatan jasmani dan rohani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian hidupnya.

credit: Doa Hindu

credit: Doa Hindu

Ingin membuat aplikasi bertema “Live Well”  ? Simak tips-tips berikut ini untuk memaksimalkan pengembangan aplikasinya.

Tips memaksimalkan pengembangan aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan jasmani:

  1. Manusia adalah makhluk sosial. Sebisa mungkin tambahkan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan aktivitas bersama-sama atau memungkinkan pengguna membagikan aktivitasnya.
  2. Optimalkan dukungan terhadap sensor (gyroscope, pedometer, gps) dan gawai (smartwatch, smartband) untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan detail.
  3. Tambahkan pengingat, list pencapaian, leaderboard atau badge agar user lebih tertarik membuka aplikasi Anda secara rutin.
  4. Tambahkan konten-konten ringan seputar kesehatan dengan konteks yang sesuai pada aplikasi Anda. Sediakan konten-konten dengan durasi membaca 3-5 menit yang dapat dibaca dan dibagikan oleh pengguna Anda.

Tips memaksimalkan pengembangan aplikasi yang berhubungan dengan kerohanian

  1. Tambahkan fitur-fitur keseharian yang dibutuhkan, misal pengingat jadwal atau pencarian tempat ibadah terdekat.
  2. Tambahkan konten-konten yang menarik dan menambah pengetahuan pengguna serta menarik pengguna untuk membagikan konten tersebut.
  3. Usahakan agar sebanyak mungkin konten yang dibutuhkan secara rutin disimpan dalam perangkat pengguna, agar tidak membutuhkan waktu lama ketika aplikasi dibutuhkan misalnya untuk doa atau ayat.

 

Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise – Benjamin Franklin

Submit Aplikasi/Game Terbaikmu di DBS Live More Society: Developer Challenge oleh Bank DBS Indonesia dengan klik http://go.dbs.com/devchallenge dan dapatkan ratusan ribu Dicoding Points.

Share this:

Chief Innovation Officer - Dicoding Indonesia, dapat dikontak melalui alamat email : yoza[at]dicoding[dot]com

Leave a comment