Kenapa Belajar Kotlin?

Hai hai Rekan Developers

Apa kamu sudah kenalan sama Kotlin? Sejak diresmikan pada Google I/O pada Mei 2017, Kotlin fix menjadi first class language (bahasa kelas utama) dalam pembuatan aplikasi Android. Buat kamu Android developers, Kotlin adalah bahasa pemrograman yang wajib kamu kuasai di tahun 2018 ini.

Didesain oleh JetBrains, perusahaan asal Ceko yang berbasis di Rusia, Kotlin mulai banyak dipakai oleh perusahaan besar di dunia, termasuk Go-jek, Slack, Trello dan Pinterest. Terintegrasi langsung pada Android Studio 3.0 ke atas, Kotlin sudah diterapkan pada 6.8 % top apps di Google Play (App Brain, Okt 2017). Dalam beberapa bulan, bahkan tahun ke depan, kita pasti menjumpai semakin banyaknya apps menggunakan Kotlin.  Nggak bakal rugi deh belajar kotlin

Major Apps yang telah Menggunakan Kotlin

Perkembangan Android development sangat cepat. Developer jaman now harus keep up dengan kemajuan terkini. Inklusi Kotlin dalam Android development is a HUGE step. Kamu tak boleh ketinggalan. Skill Kotlin akan menjadi nilai plus kamu yang sangat menjual.

But seriously, apa sih kelebihan belajar Kotlin dibanding Bahasa pemrograman lainnya? Check this out !  

  • Ringkas.

Di Kotlin terdapat pengurangan drastis pada jumlah kode boilerplate

  • Aman

Kotlin menyelamatkanmu dari error classes seperti NullPointerException (NPE) yang kerap disebut “The Billion Dollar Mistake”

  • Interoperable

Kotlin dan Java bisa kamu pakai secara berdampingan. Kode dalam Java bisa dipanggil dengan Kotlin, dan sebaliknya. Kamu bisa menulis kode Java dalam kelas Kotlin dan terdapat konversi ke Kotlin secara otomatis. 

  •  Dapat digunakan di banyak Tool

Untuk menulis menggunakan Kotlin, kamu bisa gunakan banyak tool, seperti Java IDE manapun, command line, ataupun IntelliJ.

(Sumber: buku Kotlin Android Developer Expert, Dicoding, 2018)

Kalau hal-hal di atas belum cukup meyakinkanmu tentang pentingnya belajar Kotlin, browsing dulu aja. Cari tahu biar hatimu jadi mantap.

Kalau sudah mantap, fix, yakin, semangat, PD (terus aja nggak udah udah :D) mau belajar Kotlin, Dicoding Academy punya kelasnya nih untukmu.

Dibuka April ini, Kelas Kotlin Android Developer Expert, terbuka bagi 500 pendaftar pertama.  

Klik tautan ini untuk detail kelasnya:

http://www.dicoding.com/academies/55

 

Mau trial dulu juga boleh. Btw trial nya gratis lho (klik link diatas)

 

Ditunggu yah pendaftarannya di kelas Kotlin Android Developer Expert

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Editor @ Dicoding

Leave a comment