Ikuti Kisah Khas Indonesia di Riri Kisah Lutung Kasarung

Halo Devs. Kali ini Dicoding akan membahas satu lagi aplikasi cerita interaktif karya Educa Studio. Kisah yang akan dibahas di Dicoding kali ini merupakan salah satu cerita khas Indonesia yang berjudul Lutung Kasarung. Bagi Devs yang belum pernah mendengar kisah ini, coba yuk disimak pembahasan di Dicoding.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Seratus aplikasi lebih telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Kisah Lutung Kasarung sudah memenangkan penghargaan di Dicoding yakni 1K Downloads Club Android NDK Challenges.

Background App

Screenshot_2015-08-18-11-18-55

Educa Studio memiliki seri aplikasi khusus cerita interaktif yang diberi nama Riri. Di setiap judul aplikasi yang tergabung dalam seri Riri ini, Educa Studio mengangkat berbagai kisah atau dongeng asli Indonesia untuk disampaikan kepada generasi muda di Indonesia.

Tidak hanya cerita-cerita yang bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia, Riri juga didesain untuk mengajarkan anak berbagai nilai budi pekerti. Dari setiap cerita selalu ada pelajaran moral yang bisa dipetik. Riri Kisah Lutung Kasarung ini pun juga memberikan anak wawasan tentang cerita asli Indonesia juga diselipkan pesan moral.

Review App

Screenshot_2015-08-18-11-19-05

Riri Kisah Lutung Kasarung dibagi menjadi dua segmen utama. Yang pertama adalah segmen cerita interaktif dan yang kedua adalah segmen edukasi interaktif.

Di cerita interaktif, kita bisa mengikuti kisah dari Lutung Kasarung. Tak hanya panduan dalam bentuk teks, aplikasi ini juga memberikan bantuan suara dan juga visual untuk membuat cerita ini menjadi lebih menarik. Kita bisa menjalankan mode manual dibaca sendiri atau mode otomatis dimana ceritanya akan dibacakan oleh narator.

Yang menarik, setelah puas mengikuti kisahnya, anak bisa bermain juga. Ada beberapa permainan menarik yang bisa dimainkan yang juga berkaitan dengan kisah Lutung Kasarung. Beberapa permainan edukatif ini misalnya puzzle bentuk, mengganti baju karakter, membasuh tubuh, dan permainan ulat buah.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Tools pengembangan yang digunakan oleh Educa Studio adalah Cocos 2D. Cocos 2D merupakan game engine yang dapat mempermudah proses pengembangan aplikasi karena di dalamnya terdapat banyak modul atau library siap pakai.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk strategi monetisasi, Educa Studio memanfaatkan iklan di dalam aplikasi. Penggunaan iklannya adalah iklan banner dan juga iklan interstitial melalui layanan AdMob milik google.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-18-11-19-14

Kisah Lutung Kasarung merupakan aplikasi yang tepat untuk dimainkan oleh anak-anak. Selain karena menjadi bagian dari melestarikan dongen khas Indonesia, aplikasi ini juga bisa jadi media belajar untuk anak.

Game Cerita Anak: Lutung Kasarung telah menggunakan Intel Android NDK yang membuat game berjalan lebih baik di Intel Device dengan x86 architecture. Untuk membuktikan hal tersebut kami telah mencoba game tersebut di dua buah device yaitu Asus Zenfone 2 ZE550 ML dan Xiaomi Redmi Note 4G yang memiliki spesifikasi hardware hampir identik.
Kesimpulan hampir tidak ada perbedaan dari sisi grafis game Cerita Anak: Lutung Kasarung di kedua device tersebut. Namun kami merasakan loading di dalam game terasa lebih cepat di device Asus Zenfone 2 ZE550 ML yang menggunakan prosesor Intel.

4

Unduh Kisah Lutung Kasarung: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.