Hindari Balok-Balok Alfabet di Jump Jump Bam!

Halo Devs! Kembali lagi bersama review game dan apps di Dicoding. Kali ini Dicoding akan membahas game yang lucu dan seru untuk dimainkan karya Own Games Studio. Game tersebut adalah Jump Jump Bam!. Mari kita simak bahasannya.

Background Developer & Challenge

Logo Own Games

Logo Own Games

Own Games merupakan salah satu studio yang sudah cukup senior di Indonesia. Berdiri pada akhir tahun 2011, Own Games sudah memiliki banyak portofolio game berkualitas seperti Own Pet Dragon, Own Ranger, Beneath the Wall, dan lain sebagainya.

Studio game asal Bandung ini juga sudah memiliki segudang prestasi bergengsi. Own Games sudah menyabet gelar Nokia Developer Champion, menjadi juara di INAICTA, menjuarai Mobile Game Developer Wars, hingga membuat game bersama Project Pop.

Game Own Games yang berjudul Jump Jump Bam! ini juga telah menjuarai tantangan 1K Downloads Club Android NDK Challenges.

Background Game

Screenshot_2015-08-17-15-24-06

Own Games pada game Jump Jump Bam! kembali mengangkat karakter yang jadi maskot utama mereka yakni Tako. Di dalam game ini, Tako akan berjuang untuk menghindari balok-balok alfabet yang turun dari langit.

Jump Jump Bam! memiliki objektif utama untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara bertahan hidup dari serangan balok yang turun dari langit. Balok-balok yang berisikan huruf atau angka tersebut akan jatuh tepat di atas karakter yang kita mainkan.

Review Game

Screenshot_2015-08-17-15-25-05

Tugas kita adalah menggerakan karakter utama kita ke kiri dan kanan untuk mencari sela-sela dan ruang kosong di antara terpaan balok tersebut. Jika kita tertimpa balok, maka permainan akan berakhir.

Yang menarik adalah di dalam game ini terdapat elemen game yang cukup lengkap. Ada power up yang bisa kita beli dan gunakan di dalam permainan. Tak hanya itu, ada juga karakter-karakter dan kostum yang bisa kita beli dan mainkan di dalam game.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Development tools yang digunakan adalah Unity3D. Unity3D merupakan salah satu game engine yang cukup populer di Indonesia. Dengan menggunakan Unity3D, proses pengembangan aplikasi menjadi lebih singkat dan mudah.

Selain itu, Unity3D juga sudah mendukung Intel NDK. Dengan memanfaatkan Intel NDK, performa game kita di perangkat berbasis Intel akan jauh lebih cepat.

Monetization

Di dalam game ini, Own Games memanfaatkan in app purchase sebagai sumber monetisasi utamanya. Pemain bisa membeli mata uang yang ada di dalam game menggukanan uang sungguhan.

Item tersebut bisa digunakan untuk tidak hanya menambah kepuasan estetika, tapi juga bisa membantu permainan kita. Caranya adalah dengan membeli power up yang akan sangat membantu kita untuk mendapatkan score yang tinggi.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-17-15-31-12

Jump Jump Bam! merupakan game sederhana namun dipoles dengan sangat baik. Elemen game-nya lengkap, visualnya baik, juga secara keseluruhan game ini menyenangkan untuk dimainkan.

Unduh Jump Jump Bam!: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more