Hadapi Musim Penghujan, Siapkan Aplikasi Android Siaga Banjir di Smartphone Anda

Memasuki musim penghujan, ada baiknya jika masyarakat Ibukota mempersiapkan diri untuk banjir yang kerap terjadi dari tahun ke tahun. Memanfaatkan teknologi mobile, memantau banjir menjadi lebih mudah dan terkini menggunakan aplikasi Siaga Banjir yang sudah tersedia untuk platform Android.

Dikembangkan oleh tim Kawung Labs, pengguna akan diberikan informasi terkini dari bencana banjir yang mungkin atau sedang terjadi. Kesederhanaan dan funsionalitasnya dalam menyajikan data pintu air secara cepat menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu yang terfavorit dalam kompetisi di kancah internasional tahun lalu dengan nama Jakarta Flood Alert.

Pada dasarnya, aplikasi Siaga Banjir ini mampu memonitori 12 pintu air yang aktif di sekitar Ibukota DKI Jakarta. Tidak perlu menjadi anggota terdaftar, pengguna dapat menggunakan dan memantau hasilnya langsung dari genggaman, sehingga nantinya evakuasi dapat segera dilaksanakan tanpa harus menunggu terkena dampak banjir.

Siaga Banjir memiliki dua navigasi utama yaitu Beranda dan Peta. Di tab Beranda, pengguna dapat melihat daftar pintu air yang tersedia. Di sisi kirinya terdapat ikon panah. Panah ke bawah berarti ketinggian menurun, sementara panah ke atas berarti ketinggian meningkat, dan dash yang berarti ketinggian tidak berubah. Guna memperkaya informasi, di sisi kanan nama pintu air tertera angka ketinggian beserta warna yang menjadi indikasi status dari tiap-tiap pintu air. Warna hijau berarti normal, kuning berarti waspada, jingga berarti rawan, dan merah berarti kritis.

2    1    3

Silakan tap salah satu pintu air untuk melihat detail lebih jauh mengenai riwayat ketinggian air, peta lokasi, status, serta opsi untuk mengikuti info terkini seputar pintu air tersebut. Pengguna juga dapat membagikan detil ini ke lintas aplikasi dan media sosial.

Di tab Peta, Siaga Banjir menampilkan API Google Map Data untuk memaparkan peta interaktif. Pengguna bisa melihat lokasi saat ini (pin biru) dan pintu air terdekat (pin merah), serta menentukan pin kustom (pin hijau) untuk menyimpan lokasi yang ingin dipantau.

Anda dapat mendownload aplikasi siaga banjir ini melalui Google Play Store.

 

SiagaBanjir adalah peserta challenge “100% Indonesia – Android” dari Dicoding Indonesia.

Disclaimer : Artikel review diambil dari DailySocial dengan perubahan seperlunya.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder dan COO Dicoding Indonesia, dapat dikontak melalui alamat email : kevin[at]dicoding[dot]com