Ghost Battle 2 : Bantu hantu lokal untuk melindungi pohon beringin keramat dari hantu luar negeri!

Bulan ini Raion Studio merilis game ketiganya loh! Yaitu Ghost Battle 2. Dari nama gamenya sudah pasti game ini bertemakan peperangan hantu. Game yang memiliki genre strategi ini memiliki keunikan tersendiri, selain dari segi art yang diunggulkan, permainannya juga mengangkat cerita hantu-hantu lokal Indonesia. Lalu kenapa game ini diberi akhiran “2” pada namanya? Yup, untuk sekedar tambahan informasi, game ini merupakan pengembangan dari prototipe Ghost Battle yang meraih penghargaan Best of The Best di ajang DCIC Telkomsel 2013 lalu. Beberapa fitur dikembangkan khusus untuk dapat bersaing di platform Android. Game ini membutuhkan waktu pengerjaan yang tidak sebentar, yaitu 9 bulan.

GB2


Sebelum masuk ke permainan, pemain akan disuguhkan dengan cerita sebelum peperangan hantu dimulai. Awal cerita dimulai dari adanya mitos yang mengatakan bahwa terdapat sebuah pohon beringin keramat yang menyimpan energi yang sangat besar. Energi besar tersebut merupakan energi yang digunakan oleh hantu untuk bertahan hidup. Namun kini mitos ini mulai menyebar ke seluruh dunia, tak terkecuali sampai di telinga hantu yang serakah. Hantu serakah bermaksud untuk mencuri energi besar tersebut demi kelangsungan hidupnya sendiri. Akan tetapi tidak semudah yang diduga, segerombolan hantu lainnya menghalangi niat jahat tersebut. Semuanya tahu jika energi tersebut sampai habis, maka tamatlah riwayat semua hantu di muka bumi ini. Dari sini, perang hantu pun dimulai.


Dari cerita tersebut dapat diketahui bahwa pemain diharuskan melindungi pohon beringin keramat sumber kehidupan para hantu, tentunya dengan bantuan karakter utama dalam game. Karakter utama dari game ini adalah kumpulan hantu lokal Indonesia yang terkenal, seperti: tuyul, pocong, kuntilanak, emak lampir, hingga kolor ijo pun juga ada. Cara bermain dari game ini adalah pemain perlu membuat pasukan hantu dan memikirkan strategi penyerangan yang efektif untuk mencegah hantu-hantu luar negeri mencuri kekuatan dari pohon beringin keramat dengan menghancurkan kastil lawan yang ada di ujung kanan level sehingga pemain dapat menuju stage baru. Namun apabila gagal, maka dominasi hantu lokal bisa dipastikan akan tergeser dengan hantu luar negeri dan tidak bisa melanjutkan ke stage berikutnya.

Selain membentuk pasukan, pemain juga dapat menambah kekuatan pasukannya seperti attack, jumlah nyawa, kecepatan pergerakan menuju musuh, dan kecepatan proses pembentukan mana. Mana disini digunakan untuk memunculkan pasukan hantu pemain, semakin kuat hantunya maka semakin lama pembentukan mana. Untuk latar dari pertarungan ini terbagi menjadi 7 bagian, yaitu hutan, pegunungan batu, hutan lumpur, kuburan, taman sihir, es, dan yang terakhir di padang pasir.

Dalam game ini terdapat misi untuk mengumpulkan topeng-topeng yang unik dari pulau-pulau di Indonesia, topeng tersebut akan terlihat jelas bentuknya ketika misi sudah dilalui, sebagai contoh adalah misi untuk mengalahkan 100 musuh. Selain misi, tentunya pemain akan mendapatkan reward yang bisa diperoleh berupa diamond dan koin yang bisa digunakan untuk membeli atau mengupgrade item.
GB2-1

Dalam permainan, pemain akan diberikan enam slot untuk hantu pilihannya yang akan digunakan dalam pertarungan dengan penggunaan mana yang berbeda-beda tergantung dari kekuatan masing-masing hantu. Mulai dari yang terendah hanyak memiliki attack serangan sedikit hingga yang paling besar dengan attack yang super juga. Dari kekuatan serangan tersebut bisa memberikan efek serangan knockback yang cukup bermanfaat saat berada di garis terdepan. Semakin besar attack serangan semakin besar pula efek knockback yang diterima.

Hal unik lainnya yang dapat ditemukan dalam game Ghost Battle 2 ini adalah adanya spesial attack untuk memunculkan meteor berupa tengkorak berapi agar membantu penyerangan dalam permainan, terdapat spesial abiliti juga untuk membuat range mana menjadi banyak serta membuat health dari hantu yang digunakan menjadi penuh lagi.

Dengan game Ghost Battle 2 ini, tim pengembang berharap dapat mengangkat dan memperkenalkan cerita hantu lokal ke semua lapisan masyarakat dari dalam maupun luar negeri. Melalui art yang dapat dibilang sangat menarik, game ini diharapkan mampu menarik banyak minat pengguna android untuk memainkannya.

Tertarik untuk memainkan game ini bukan? Nah, Ghost Battle 2 dapat diunduh melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.RaionStudio.GhostBattle2. Yuk bantu hantu lokal melindungi pohon beringin keramat dari serangan hantu luar negeri!

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

dapat dikontak melalui alamat email : yoza[at]dicoding[dot]com