Featured : Learn Iqra

Belajar Huruf Al-Qur’an Secara Interaktif dengan Aplikasi Learn Iqra

 

Di bulan Ramadhan ini, kita dapat memanfaatkan berbagai aplikasi mobile yang memiliki konten islami untuk lebih fokus menjalankan aktivitas ibadah dan menambah ketakwaan. Salah satu aplikasi mobile yang menarik untuk digunakan pada bulan Ramadhan ini adalah Learn Iqra.

Learn Iqra merupakan sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan oleh pengembang lokal, Omega Mediatama, sebagai media pembelajaran bagi anak-anak sejak usia dini untuk mengenal huruf hijaiyah dan Al-Qur’an.

Bisa dibilang Learn Iqra ini ditujukan bagi anak-anak atau orang yang sedang mempelajari dasar-dasar dari huruf Al-Qur’an. Untuk mulai menggunakan aplikasi ini penggunanya akan dihadapkan pada empat menu utama yang terdiri dari Learn Iqra, Iqra Book, Bookmark, dan Challenge.

Dalam menu Learn Iqra ini penggunanya akan belajar huruf-huruf hijaiyah atau Al-Qur’an berdasarkan tingkatan level yang terdiri dari 8 level. Tingkatan membaca huruf akan meningkat seiring dengan meningkatnya level dimana pada level pertama ini penggunanya akan dihadapkan pada huruf-huruf dasar hijaiyah dari alif hingga ya serta jenis-jenis tanda baca.

Learn Iqra header

Untuk level kedua, penggunanya akan diajak untuk membaca huruf hijaiyah yang telah menggunakan tanda baca. Selanjutnya level ketiga hingga keempat penggunanya akan belajar lebih mendalam mengenai huruf hijaiyah yang telah menggunakan tanda baca.

Pada level kelima hingga kedelapan, huruf hijaiyah sudah mulai disambung dan membentuk sebuah kalimat. Selain itu, pada level kedelapan ini penggunanya dapat membaca huruf hijaiyah sambung yang telah menjadi ayat-ayat Al-Qur’an.

Selain metode belajar huruf Hijaiyah menggunakan level, aplikasi ini juga memiliki metode belajar huruf Hijaiyah atau Al-Qur’an berdasarkan buku Iqra 1 hingga 6 yang biasa diajarkan pada madrasah maupun sekolah di Indonesia.

Nantinya ketika belajar huruf Hijaiyah ini penggunanya akan dihadapkan pada beberapa menu yang membuat huruf-huruf Hijaiyah mudah dipelajari seperti tombol suara untuk mendengarkan cara pelafalan yang benar dari setiap huruf maupun huruf sambung, tombol selanjutnya yang akan memudahkan penggunanya untuk memindahkan ke huruf selanjutnya, tombol mulai untuk membuat huruf dibacakan secara otomatis oleh aplikasi, dan tombol bookmark yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan huruf favorit atau yang ingin dipelajari berulang pada menu Bookmark.

Dengan adanya suara yang terdengar ketika huruf Hijaiyah dilafalkan ini memungkinkan penggunanya untuk dapat mempelajari teknik-teknik pembacaan yang benar sebagai dasar untuk membaca ayat-ayat di Al-Qur’an.

Penggunanya juga dapat menerima tantangan dari aplikasi dengan membukan menu Challenge. Dalam menu ini pengguna akan dihadapkan pada huruf Hijaiyah tanpa adanya huruf latin sehingga guru maupun orang tua dapat mengujikan setiap huruf yang telah dipelajari anak.

Dari sisi desain, tampilan yang dihadirkan oleh Learn Iqra ini bisa dibilang sederhana dan mudah digunakan meskipun penggunanya baru pertama kali menggunakannya. Learn Iqra juga telah mendapatkan prestasi yang cukup membanggakan, yakni telah diunduh lebih dari 500.000 pengguna di Google Play Store.

 

Learn Iqra tersedia di Google Play, App Store, dan Windows Phone Store.

Learn Iqra 2

Learn Iqra adalah salah satu pemenang 500k Downloads Club NDK Challenge yang diadakan oleh Dicoding bersama Intel Indonesia.

Disclaimer : Artikel review diambil dari Teknojurnal dengan perubahan seperlunya

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

dapat dikontak melalui alamat email : yoza[at]dicoding[dot]com