Ekstrak Kulit Manggis Dengan Game MbakTin

Hai Devs. Pernah dengar iklan yang dulu sempat populer tentang kulit manggis yang ada ekstraknya kan? Kali ini ada Dicoding ingin membahas game tentang ekstrak buah manggis yang berjudul Mbaktin.

Background Developer & Challenge

Logo Amagine Interactive

Logo Amagine Interactive

Amagine Interactive didirikan pada 12 Maret 2011. Awalnya perusahaan ini dibuat ketika para pendirinya masih berstatus mahasiswa dan dimulai dengan mengerjakan proyek pesanan. Hingga kini, studio asal Jogja ini telah mengembangkan hingga 20 game dan mampu meraup puluhan juta rupiah dari produk miliknya.

Salah satu ciri khas dari Amagine Interactive adalah produk mereka yang menangkat cita rasa lokal juga menarik tema-tema yang sedang hot saat itu. Contohnya adalah game Mbaktin, Sakitnya Dimana, dan lain-lain.

Untuk game Mbaktin ini, Amagine Interactive sudah menjuarai tantangan dari Dicoding yakni 10K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Screenshot_2015-08-13-10-34-13

Seperti biasa, Amagine Interactive selalu tampil dengan game fenomenal yang mengangkat isu terhangan saat ini. Waktu game ini diluncurkan, iklan tentang ekstrak kulit manggis sedang heboh-hebohnya. Momen ini tidak bisa ditinggalkan begitu saja dan dimanfaatkan oleh Amagine Interactive dengan merilis game dengan judul Mbaktin.

Walaupun dirilis oleh Amagine Interactive, pada bagian credit terlihat ada beberapa personil yang turut mengembangkan game ini. Game ini dibuat dalam payung komunitas game di Jogja yakni Gamelan. Personil yang terlibat selain dari Amagine Interactive juga terdapat anggota dari Agate Jogja, Enthrean Guardian, dan Creacle.

Review Game

Screenshot_2015-08-13-10-34-29

Mbaktin merupakan game casual yang sekilas terlihat sederhana ternyata bisa membuat ketagihan. Dengan objektif permainan mencapai nilai tertinggi, game ini dibungkus dengan mekanik gameplay serta elemen di dalamnya yang lengkap.

Cara bermainnya adalah dalam waktu yang ditentukan, kita harus mengekstrat buah manggis sebanyak-banyaknya. Tiap buah manggis terdapat angka, angka tersebut menunjukan berapa kali kita harus tap di buah tersebut sampai akhirnya terekstrak. Kalau kita salah tap maka waktu akan berkurang. Namun jangan khawatir karena ada manggis emas yang jika diekstrak akan menambah waktu permainan.

Komponen lain di dalam game ini juga cukup banyak. Ada store untuk membeli power up yang dapat digunakan di dalam permainan untuk meningkatkan nilai kita. Selain juga ada tugas-tugas khusus yang bisa kita kerjakan.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

MbakTin dikembangkan oleh Amagine Intarctive menggunakan sebuah game engine. Game Engine yang digunakan adalah Unity3D.

Unity3D merupakan salah satu game engine populer di Indonesia. Banyak studio yang menggunakan Unity3D dikarenakan gratis dan banyak dukungan dari komunitas.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk monetisasinya, MbakTin memanfaatkan iklan di dalam aplikasi. MbakTin sendiri gratis dan bisa diunduh dengan mudah oleh semua pengguna. Pengembang game akan dibayar berdasarkan jumlah iklan yang dilihat oleh pengguna.

Untuk mendapatkan penghasilan, Amagine Interactive meletakan ikannya dalam bentuk banner dan juga interstitial. Iklan tersebut muncul di beberapa spot dalam permainan. Namun tidak usah khawatir, iklan yang muncul tidak akan mengganggu experience kita dalam bermain.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-13-10-34-50

MbakTin merupakan salah satu contoh positif dari ide kreatif pengembangan game yang memanfaatkan tren. Dengan konsep ini, MbakTin bisa mendapatkan jumlah unduhan yang besar dan memberikan profit yang tinggi juga bagi developer.

Unduh MbakTin: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more