Dipromosikan Google, Agate Jogja Gandeng 8 Developer Lokal

Memasarkan aplikasi atau game di Store / App Market bukanlah hal yang mudah. Ada jutaan aplikasi yang telah hadir dalam Store/App Market, sehingga untuk bisa membuat aplikasi kita terlihat oleh pengguna bukanlah hal yang mudah. Menurut infografis dari google yang telah kami post sebelumnya, hanya 40% apps yang pernah didownload sebelumnya. Serem yah 🙂

Banyak cara untuk memasarkan aplikasi atau game mobile, seperti menggunakan iklan, baik itu di media online maupun offline, menggunakan app store optimization, dan masih banyak cara lainnya. Namun metode yang paling memberikan impact besar adalah tentu saja ketika aplikasi kita di featured, highlight, atau dipromosikan di sebuah store.

Promosi yang bisa diberikan oleh sebuah store, adalah meletakan icon aplikasi kita di halaman paling depan (home page / home screen) sehingga aplikasi kita terlihat langsung oleh pengguna yang ingin mengunduh aplikasi, apapun aplikasinya. Ketika aplikasi kita di-featured, efeknya sangat luar biasa. Jumlah download ketika dipromosikan oleh Google Play bisa puluhan kali lipat meningkat dibandingkan biasanya.

11100773_10153125507156598_5986870266392733230_n

Sayangnya, tidak sembarang aplikasi bisa dipromosikan oleh store, khususnya Google Play. Salah satu syarat agar aplikasi bisa dipromosikan oleh pemilik store adalah kualitas Apps itu sendiri.

Salah satu aplikasi berkualitas yang dirasa pantas untuk dipromosikan di Indonesia oleh Google Play adalah game karya Agate Jogja yang bernama Tebakan Garing. Aplikasi Tebakan Garing ini sudah berada di halaman depan Google Play semenjak pertengahan April kemarin.

Menurut pengakuan Frida Dwi dari Agate Jogja, jumlah unduhan perharinya langsung meningkat dratis. Dari yang biasanya ribuan download perhari, bisa naik berkali-kali lipat lebih banyak. Hal ini tentu dapat membuka peluang untuk sumber revenue yang jauh lebih besar karena user yang ada semakin banyak. Momen yang langka ini ternyata tidak ingin dirasakan oleh Agate Jogja sendiri.

Untuk membantu sesama developer lokal di Indonesia, Agate Jogja menawarkan kepada developer lokal untuk ikut mempromosikan game-nya di dalam game Tebakan Garing yang saat ini sedang di-featured dan mendapatkan user yang sangat banyak. Harapannya, dengan memasukan iklan game–game lokal, traffic besar yang dimiliki oleh Agate Jogja bisa menular ke game lokal lainnya.

Ada delapan game yang mendapatkan bantuan dari Agate Jogja yakni Roly Poly Penguin, Crystalia: Orb of Magic, Guild of Souls, Eyes on Dragon, Kitaria Heroes, Sambung Kata, Adventure of Jalak, dan Everyone Loves Monster.

Ini merupakan langkah yang sangat positif bagi industri game di Indonesia. Budaya saling membantu dan berbagi seperti ini harus terus dipertahankan dan dikembangkan mengingat saat ini industri game kita masih jauh tertinggal dari negara-negara lain.

Semoga momen ini bisa membuat para developer termotivasi untuk membuat produk yang bagus, sekaligus meningkatkan frekuensi Apps dan Games dari Indonesia yang muncul di halaman depan store-store yang ada. Bravo Developer lokal!

 

Disclaimer : Artikel diambil dari Trenologi dengan perubahan seperlunya.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

dapat dikontak melalui alamat email : yoza[at]dicoding[dot]com