Dicoding Updates : Juni 2015

Devs,

Bagaimana kabarnya? Terima kasih telah menjadi bagian dari pencapaian Dicoding Indonesia, yang pada awal bulan Juni 2015 ini telah memasuki bulan keenamnya dan menaungi lebih dari 3.800 Developer dari 90 kota dan 30 Provinsi dari seluruh Indonesia. 3 Kota terbaru yang developernya bergabung di Dicoding, antara lain Sumbawa, Bima, dan Indramayu. Ijinkan saya untuk menginformasikan beberapa update terkait Dicoding. Ada 2 challenge baru, 2 event di Jawa Tengah dan Jawa Barat, dan 2 fitur baru dalam Dicoding.

Challenge

Indonesian Wildlife Game Challenge adalah sebuah tantangan bagi para developer untuk membuat karya mobile game yang dapat mendekatkan masyarakat kepada hakikat persoalan perdagangan satwa liar. Tujuannya adalah agar game tersebut dapat menjadi salah satu metode penyadartahuan masyarakat yang efektif sekaligus populer dan menyenangkan. Perdagangan satwa liar tidak hanya melanggar hukum (ilegal), tetapi juga sangat mengancam kelestarian keanekaragaman hayati Indonesia dan sarat dengan kekejaman. 2 Game terbaik akan diganjar 1.000 PTS. Submission hingga akhir bulan Juni 2015 ini.

 

Intel Indonesia mengeluarkan challenge baru yaitu 500K Downloads Club Android NDK Challenge untuk developer yang dapat membuat aplikasi atau game mobile berbasis Android dengan menggunakan Intel NDK dan mencapai 500,000 unduhan. Challenge ini dibuka untuk 12 aplikasi. Selain itu, kami telah menambah kuota dan memperpanjang jadwal Challenge NDK (Any New App, 1K Downloads Club, 10K Downloads Club, 100K Downloads Club, dan 1M Downloads Club) untuk memberikan kesempatan kepada rekan-rekan mensubmit aplikasinya.

 

Cakrawala Awards 2.0, masih berlangsung hingga awal Juni ini, anda masih punya waktu kurang lebih seminggu apabila anda memiliki aplikasi/game berbasis Android – Intel NDK. Selain Submission Points, challenge ini juga memiliki Winning Point (1.500 – Juara 1) dan memiliki hadiah uang tunai. Silakan untuk anda yang berminat melakukan submission pada Challenge ini.

 

Twitter

Saat ini twitter @dicoding telah terintegrasi dengan system notifikasi. Bagi rekan-rekan developer yang belum follow @dicoding, silahkan untuk follow. Semua informasi terkait submission aplikasi ke challenge, approval aplikasi dalam sebuah challenge, hingga publishing akan ditampilkan dalam twitter @dicoding secara real time.

 

Referal

Kami telah menambahkan fitur baru berupa referal tracking. Buat rekan yang memiliki cukup banyak relasi, dapat melakukan share challenge melalui social media, email, atau pesan. Sekarang dengan referal tracking, hasil dari sharing bisa dipantau, siapa saja yang menerima referal dari Anda dan berhasil memenangkan aplikasi. Fitur ini juga berguna untuk membantu Anda untuk melihat developer mana dari hasil referal Anda yang mungkin butuh bantuan.

Referal

Saat ini, top referrer dipegang oleh Agate Jogja dengan 11x merefer dan memenangkan 10% pts dari rekan developer yang diberi referral. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda yang aktif di social media.

 

Event

Bulan Juni 2015 ini, tim Dicoding akan mengunjungi 2 kota di Jawa Tengah, yakni Purwokerto (11 Juni 2015) dan Indramayu (13 Juni 2015). Bagi rekan developer yang berdomisili di dekat dua kota tersebut, silahkan untuk mengikuti kegiatan yang ada di masing-masing kota. Event selanjutnya akan selalu diposting di halaman event.

 

Salam semangat!

Adrianus Yoza Aprilio

Developer Relation – Dicoding Indonesia
Web | Facebook | FB GroupTwitter | Mobile

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

dapat dikontak melalui alamat email : yoza[at]dicoding[dot]com