Cody’s App Academy Bersama IWIC Selenggarakan Hackathon Untuk Anak Usia Dini

Halo para Developer di Dicoding. Siapa yang di sini pernah ikut kegiatan hackathon? Bagi yang belum tahu, hackathon merupakan sebuah kegiatan dimana seorang programmer diminta untuk mengembangkan sebuah aplikasi menggunakan serangkaian kode dalam waktu yang singkat. Biasanya hackathon diikuti oleh ahli-ahli teknologi yang sudah sangat berpengalaman. Namun acara hackathon yang satu ini justru diikuti oleh anak-anak yang baru duduk di bangku sekolah dasar. Wah penasaran kan? Yuk kita ikuti beritanya di liputan Dicoding yang satu ini.

Cody’s App Academy yang merupakan lembaga pendidikan pengembangan aplikasi bagi anak-anak usia dini mengadakan kegiatan hackathon untuk anak-anak. Cody’s App Academy juga menggandeng Indosat untuk mengadakan acara ini dalam rangkaian Indosat Wireless Innovation Contest atau disingkat IWIC.

Acara yang diadakan pada tanggal 29 September 2015 ini berlokasi di Bintaro Entertainment Center. Lokasi ini juga merupakan tempat Cody’s App Academy biasa mengadakan kegiatan belajar pemrograman bagi anak-anak. Mungkin Devs di sini ada yang tertarik belajar pemrograman atau punya adik yang ingin bisa membuat game, bisa coba nih main ke markasnya Cody’s App Academy.

Pada kegiatan Hackathon for Teen 2015 ini, ada dua kategori yang diikuti oleh anak-anak. Kategori pertama adalah kategori pro yang dikhususkan bagi mereka yang merupakan siswa-siswi dari Cody’s App Academy. Lalu kategori berikutnya adalah umum yang diperuntukan bagi peserta yang belum pernah belajar di Cody’s App Academy.

Peserta yang menjadi juara 1 kategori umum

Peserta yang menjadi juara 1 kategori umum

Acara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah workshop yang diisi oleh trainer dari Cody’s App Academy dan sesi kedua adalah kompetisi pengembangan program dalam waktu setengah hari saja. Dan yang luar biasa, anak-anak yang mengikuti workshop singkat ini bisa langsung membuat aplikasi karyanya sendiri.

Dengan metode yang menyenangkan dan bimbingan dari para trainer, proses pembuatan perangkat lunak yang dilakukan oleh anak-anak ini menjadi sangat menarik. Bahkan anak-anak terasa sedang bermain sambil berkompetisi dimana pemenangkan akan mendapatkan hadiah keren persembahan Cody’s App Academy, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Indosat, dan Intel.

Jadi bagi Devs yang ingin ikut ajang ini, silahkan terus ikuti kabar terbaru dari Cody’s App Academy di website ataupun fanpage milik Cody’s App Academy. Semoga dari acara seperti ini, bisa lahir pencipta aplikasi hebat yang lahir dari Indonesia.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more