Code Editor dan Compiler Online Terbaik

Code Editor dan Compiler Online Terbaik-

Perkembangan bahasa pemrograman, sangatlah pesat. Sebagai seorang programmer, kita dituntut harus selalu tahu. Termasuk perkara bahasa pemrograman ini. Kenapa? Semata-mata untuk membantu dan mengoptimalkan kita dalam mengembangkan aplikasi .

Tebak, apa salah satu kendala saat kita ingin berkenalan dengan bahasa pemrograman baru? Yup, TOOLS!

Kita harus menyiapkan tools – tools penunjang yang terkadang sizenya bisa mencapai ratusan megabyte!

Tapi jangan khawatir, glot.io punya solusinya.

Glot.io merupakan sebuah Code Editor & Compiler Online yang dapat diakses secara FREE dan di mana saja. Contohnya, jika kita ingin mencoba Kotlin sebagai bahasa pemrograman baru dan menuliskan beberapa potongan kode, kita tidak perlu sampai menginstall IDE (contohnya IntelliJ Idea) untuk mencobanya. Wow!


Dengan glot.io kita cukup membutuhkan browser dan jaringan internet untuk menggunakannya. Keren kan ?

Pengenalan glot.io: Code Editor dan Compiler Online

glot.io logo

Sebagai code editor dan compiler online, glot.io relatif lebih baik. Apa saja kelebihannya? Dukungan bahasa pemrograman yang banyak, potongan kode yang kita tulis dapat disimpan dan dibagikan, dan yang paling penting glot.io menyediakan semua fiturnya secara gratis. Mari kita jabarkan satu persatu fitur unggulan dari glot.io ini.

Bahasa pemrograman yang tersedia

support leanguage

Salah satu kelebihan glot.io yaitu, memiliki dukungan bahasa yang relatif lengkap. Mulai dari bahasa pemrograman yang sudah lama seperti COBOL hingga bahasa pemrograman yang sedang hits contohnya Kotlin. Pssst…bahkan bahasa pemrograman yang ekslusif seperti Swift pun tersedia! Saat artikel ini ditulis, glot.io sudah mendukung sebanyak 37 Bahasa pemrograman loh!

Tampilan Editor

code editor glot.io

Berikut merupakan penjelasan dari komponen – komponen yang dapat digunakan pada code editor:

  1. Untitled, merupakan judul default dari snippet yang disediakan oleh glot.io. Kita bisa mengubahnya sesuai dengan judul yang diinginkan.
  2. Run Setting, merupakan pilihan untuk menuju halaman konfigurasi compiler. Di sini kita dapat menentukan versi dari bahasa pemrograman yang digunakan.
  3. Main.kt, merupakan nama berkas  yang sedang kita kelola. Kita mengelola lebih dari satu berkas dengan menekan tombol ‘+’.
  4. Editor Setting, merupakan pilihan untuk menuju halaman konfigurasi editor. Dimana kita dapat mengatur tema, key bindings, lebar ukuran editor dll.
  5. Workspace, merupakan tempat dimana kita menuliskan kode.
  6. Terdapat beberapa tombol yang terletak di bawah editor, tombol tersebut dapat anda manfaatkan sebagai:
    • Run, merupakan tombol yang berfungsi untuk menjalankan kode yang ditulis pada workspace
    • Input/output, merupakan pilihan untuk mengubah pilihan console editor menjadi mode output atau input.
    • Save, merupakan tombol yang berfungsi untuk menyimpan snippet code yang kita tulis. Terdapat dua mode penyimpanan dalam glot.io, penyimpanan secara publik dan private.

Multiple Snippet Code

Tak seperti kebanyakan editor online lainnya, di glot.io kita dapat membuat lebih dari satu berkas. Hal ini sangat bermanfaat ketika kita ingin mencoba belajar bagaimana konsep dasar dari paradigma OOP.

Secara Default, ketika kita membuat snippet code baru, glot.io akan menghasilkan satu buah yang berkas yang diberi nama “main” dengan kode hello world di dalamnya. Untuk membuat berkas baru, anda cukup menekan tombol “+” yang berada di samping nama berkas main.

multiple files

Dengan menekan tombol “+”, terbentuklah berkas baru. Penamaan berkas tersebut bisa kamu ubah sesuai keinginan, yaitu dengan mengklik di nama berkas. Perhatikan gambar di bawah ini:

creating object

Pada gambar tersebut, kita membuat sebuah berkas baru bernama Animal.java. Kemudian pada berkas tersebut, kita menuliskan sebuah kelas Animal beserta beberapa atribut dan fungsi didalamnya.

Kemudian pada berkas Main.java, mari kita buat sebuah objek dari kelas Animal.

creating object

Jalankan program tersebut dengan menekan tombol Run. maka pada jendela output. Berikut ini hasilnya:  

output console

Share Snippet Code

Glot.io juga menyediakan fitur untuk berbagi snippet code yang kita tuliskan. Untuk membagikan snippet code tersebut, kita harus menyimpan snippet code yang

Kita tulis terlebih dahulu. Cara menyimpannya yaitu dengan menekan Save.

Penyimpanan pada glot.io memiliki dua tipe. Yang pertama, penyimpanan secara publik dan yang kedua, penyimpanan secara private. Snippet code yang disimpan dengan mode publik akan muncul secara publik pada halaman daftar snippets yang terdapat pada glot.io.

Setelah menyimpan snippet code, maka tombol save akan berubah menjadi opsi Share Snippet.

share snippet code

Kita dapat membagikan snippet code dengan cara langsung menggunakan tautan(Direct Link). Bisa juga dengan RAW jika ingin membagikan kode secara kasar.Bahkan kamu juga dapat membagikan snippet code yang kamu tulis dengan cara menyisipkannya pada website atau blog-mu. Keren kan?

Kesimpulan

Hadirnya glot.io memudahkan programmer untuk mencoba bahasa pemrograman baru.

Sebelum mengakhiri artikel kali ini, ada kabar baik bagi kalian para developer expert. Karena glot.io merupakan open source, kamu pun dapat berkontribusi mengembangkannya. Terdapat beberapa komponen yang dapat kamu manfaatkan langsung dari source code nya. Tak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan bahasa pemrograman atau library favorite-mu. Untuk repository dan dokumentasinya, simak di bawah ini.  .

Begitulah tips singkat dari kami. Tetaplah mencoba, tetaplah belajar! Jika kalian memiliki tips agar mudah mempelajari bahasa pemrograman baru, silakan share di kolom komentar ya. 

 

repo

Code Editor dan Compiler Online Terbaik- end

 

 

Materi ini adalah bagian dari kelas Web Fundamentals yang kamu dapat akses di https://www.dicoding.com/academies/123

Tertarik mengikutinya? Yuk. Gratis.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Code Reviewer at Dicoding Indonesia