Guideline ngoding di Android Studio

Guideline ngoding di Android Studio

Salah satu aspek utama yang dipentingkan oleh para Dicoding Reviewer dalam menilai submission adalah code convention. Banyak submission yang diberi catatan untuk merevisi kode karena terdapat bagian yang tidak sesuai dengan code convention. Wah, apa sih code convention ini? Sebegitu pentingnya kah? Apa yang harus kita tahu untuk ngoding di ...

Tips Bertanya tentang Coding dengan Baik

Tips Bertanya tentang Coding dengan Baik

Hayo, masih sering ya bertanya tentang error hanya dengan mengandalkan foto kode dari kamera handphone? Ketahuilah teman-teman, hal ini sungguh memusingkan bagi orang yang kamu tanyai. Selain karena gambar yang mungkin tidak jelas dan tidak lengkap, orientasi gambar kadang membuat penjawab harus memiringkan hingga memutar handphone hanya untuk membaca kodemu. ...

RecyclerView Frequently Asked Question

RecyclerView Frequently Asked Question

Hal-hal yang sering ditanyakan dari  RecyclerView Ketika Kamu membuat sebuah Aplikasi, pasti tidak akan lepas yang namanya mengelola data. Lalu bagaimana jadinya jika Aplikasimu butuh menampilkan data dalam jumlah banyak ke layar? Mungkin kamu akan bingung memilih antara memakai ListView atau RecyclerView. Namun semenjak Google meluncurkan pendekatan Material Design, RecyclerView ...

Android Studio: Aplikasi Error! Apa yang harus dilakukan?

Android Studio: Aplikasi Error! Apa yang harus dilakukan?

Gimana sih, cara mengatasi kalo ada bug di Project Android Studio? Error atau masalah adalah makanan sehari-hari bagi seorang developer. Bahkan ada yang mengatakan bahwa 9/10 dari membuat program adalah googling error message, sedangkan sisanya adalah diam berjam-jam menatap layar, memikirkan bagaimana caranya agar kode yang ditulis tidak menimbulkan error ...

Menerapkan Espresso Idling Resource pada Instrumentation Testing: Tutorial Kelas KADE

Menerapkan Espresso Idling Resource pada Instrumentation Testing: Tutorial Kelas KADE

Hi Kawan-kawan Peserta KADE, Apa submission tugas ke-4 mu pernah direject karena gagal instrumentation test? Kalau iya, kamu nggak sendirian. Wajib ikuti tutorial ini yah. Kenapa Kerap Gagal? Buat kamu-kamu yang belum tahu, kelas Kotlin Android Developer Expert punya sebuah modul yang membahas tentang testing pada aplikasi Android. Di sana juga ...

Registrasi & Testing TheMovieDb API

Registrasi & Testing TheMovieDb API

Lagi submission pertama kelas MADE ? terus bingung registrasi API Key di TheMovieDb ? Tenang dan jangan panik hehe, kita bakal belajar bareng dari awal registrasi akun sampai testing menggunakan API-nya. Ok langsung saja ya. Sebelum memulai praktek mungkin teman teman di sini ada yang belum tau, apa itu TheMovieDB ...

Apa yang Kita Tahu tentang  Manajemen Waktu? 10 Tips dari Students Developer

Apa yang Kita Tahu tentang  Manajemen Waktu? 10 Tips dari Students Developer

Pernahkah merasa waktu 24 jam sehari, kurang? Banyak waktu luang tapi habis untuk browsing? Deadlines bertabrakan yang semuanya kamu kerjakan di menit-menit terakhir? Tulisan ini ingin membantu kamu untuk kenalan (lagi) sama manajemen waktu. Karena konon kabarnya, pandai membagi waktu itu pangkal kesuksesan. Eh tapi daripada katanya katanya, yuk kita ...

Menampilkan List Kontak Rainbow Pada Android Apps

Menampilkan List Kontak Rainbow Pada Android Apps

Pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana cara menampilkan list kontak Rainbow pada Android Apps. Tapi sebelum lanjut ke tutorial pastikan kamu sudah membaca tutorial sebelumnya tentang bagaimana Cara Integrasi Rainbow API pada Android Apps. Di tutorial ini kita akan menggunakan Rainbow SDK untuk menampilkan list kontak Rainbow. Kenapa? ...

Membuat Halaman Login dan Update User Info Rainbow Pada Android Apps

Membuat Halaman Login dan Update User Info Rainbow Pada Android Apps

Pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar bagaimana cara mengintegrasikan Rainbow API pada Android Apps. Nah kali ini saatnya kita belajar cara membuat halaman login dan mengupdate user info Rainbow pada Android. Bedanya, kali ini kita tidak menggunakan Android SDK melainkan Rainbow Rest API. Lhoo ? Rainbow Rest API merupakan API ...

Dicoding Academy

Belajar membuat aplikasi dengan bimbingan developer terbaik Indonesia dan kurikulum perusahaan teknologi dunia.