Cara Submit Aplikasi Menggunakan Dicoding Store

Developers,

Dicoding punya fitur baru yang akan sangat memudahkan kalian. Jika developer memiliki game atau aplikasi berbasis Android dan ingin mempublish game atau aplikasi buatan kalian ke Google Play Store namun tidak memiliki akun Google Play Store, teman-teman bisa melakukan submit aplikasi melalui akun Google Play Store Dicoding. Jadi game atau aplikasi yang telah dibuat bisa muncul di Google Play Store dan di-download oleh banyak orang. Untuk saat ini, Dicoding baru mendukung Google Play Store.

Sebagai informasi saat ini Dicoding hanya akan upload aplikasi ke store jika aplikasi tersebut akan disubmit ke challenge yang sedang berjalan di Dicoding.

Bagaimana caranya? Developer melakukan login ke akun Dicoding masing-masing, kemudian di dashboard sisi kiri, akan terlihat menu untuk fitur baru ini, yaitu “Dicoding Store Apps“, nah melalui menu inilah teman-teman bisa submit game atau aplikasi buatan teman-teman ke Google Play Store.

Alur submisi aplikasi adalah sebagai berikut:

Alur Dicoding Store

 

Langkah pertama teman-teman masuk ke dalam menu “Developers – Unduh Template”.

Untuk saat ini, Dicoding Store baru mendukung Google Play Store saja. Untuk mengunggah ke Google Play Store, silakan unduh template untuk platform Android.

Setelah mengunduh template untuk Android berupa sebuah file .zipfile tersebut setelah di-extract minimal akan berisi :

  • sebuah file readme
  • sebuah file spreadsheet (xls)
  • beberapa folder tempat meletakkan APK, Screenshot dll.

Mohon membaca berkas TXT readme dan berkas TXT lain yang mungkin disertakan. Isikan seluruh data pada berkas XLS. Di dalam nya teman-teman perlu mengisi informasi dan deskripsi aplikasi, file .apk, dan lain lain. Isilah semua informasi yang dibutuhkan selengkap-lengkapnya sesuai petunjuk pada masing-masing folder, termasuk screenshot wajib, apabila kurang lengkap, admin akan menolak submission game/aplikasi yang ingin teman-teman publish.

Setelah beres mengisi seluruh informasi yang diperluka, kembalikan kumpulan file yang di-extract tadi menjadi sebuah file terkompresi (.zip / .rar), dengan kompresi standar dan tanpa password.  Berikutnya, kalian tinggal meng-upload file tersebut pada menu “Unggah Aplikasi” seperti gambar berikut sekaligus menyalin informasi yang tadi sudah diisikan di file Spreadsheet.

Pada bagian ini teman-teman  mengupload file yang telah diisi, memilih platform, memasukkan nama game/aplikasi, memilih kategori, dan memasukkan deskripsi dari game/aplikasi. Saat ini sistem menerima game/aplikasi yang ukuran nya tidak lebih dari 50MB. Jika teman teman ingin submit aplikasi/game yang lebih besar dari 50MB, teman teman bisa mengupload file template ter-zip/rar ke Onedrive/Google Drive lalu menyertakan link file nya di bagian “App Bundle Link”.

Setelah beres maka teman-teman tinggal menunggu proses submission ke Google Play Store. Proses submission dapat dilihat pada menu “Kelola Aplikasi“, misalnya apakah game/aplikasi sudah publish atau belum. Jika nanti sudah publish maka akan ada notifikasi email dan teman-teman bisa melihat details dari game/aplikasi teman teman di menu “Daftar Submission”.

Jika aplikasi sudah publish maka teman teman dapat mensubmit aplikasi yang telah dipublish oleh dicoding di halaman submit pada challenge yang ingin teman teman ikuti.

Jangan kuatir, aplikasi yang dipasang adalah tetap menjadi hak dan prerogatif developer. Kami akan terus menambahkan fitur baru agar teman-teman lebih mudah melakukan pengerjaan produk.

Semoga infomasi ini bermanfaat dan Tetaplah berkarya!

 

Last Article Update : Juni 2017

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder dan COO Dicoding Indonesia, dapat dikontak melalui alamat email : kevin[at]dicoding[dot]com