Cara Mengerjakan Latihan pada Kelas Memulai Pemrograman dengan Kotlin

Cara Mengerjakan Latihan pada Kelas Memulai Pemrograman dengan Kotlin- 

Setiap modul pada kelas Memulai Pemrograman Dengan Kotlin punya beberapa latihan. Semua harus kamu kerjakan. Ini akan meningkatkan pemahamanmu akan materi. Setelah membaca masing-masing dari 9 modul yang ada, segera kerjakan latihan yah.

Di sini kamu akan menggunakan sebuah plugin pada IntelliJ IDEA, yaitu EduTools. Dengan EduTools, semua pekerjaanmu akan diperiksa secara otomatis. Wow!

Apa itu EduTools?

EduTools adalah sebuah plugin yang memungkinkan kita untuk dapat mempelajari dan mengajarkan bahasa pemrograman dalam bentuk latihan kode dan tes verifikasi khusus langsung di dalam IDE berbasis Intellij IDEA.

EduTools dapat kita gunakan secara gratis dan mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti Java, Kotlin, Python, dan Scala.

Prasyarat

Sebelum mulai mengerjakan latihan, pastinya Anda harus sudah memiliki IntelliJ IDEA yang terpasang pada komputer.  Jika sudah, lakukan instalasi plugin EduTools pada IntelliJ IDEA dengan mengikuti tutorial resmi berikut:

 

Membuka Proyek Latihan

  1. Setelah berhasil menginstal plugin, IDE akan menampilkan jendela seperti berikut:

    Pilihlah Learner untuk memulai belajar.
  2. Pada tampilan utama IntelliJ IDEA, akan terdapat menu baru Learn. Klik dan pilih Browse Courses.
  3. IntelliJ IDEA akan menampilkan jendela baru yang berisi daftar course yang bisa Anda ikuti. Ketik “Memulai Pemrograman Dengan Kotlin” pada kolom pencarian dan klik tombol Join.
  4. Tunggu beberapa saat. IntelliJ IDEA akan menyiapkan proyek latihan untuk Anda. Berikut adalah tampilan proyek saat berhasil dibuka:
  5. Di dalam proyek tersebut, terdapat beberapa contoh kode dari setiap modul pada kelas Memulai Pemrograman Dengan Kotlin yang bisa Anda jalankan dengan menekan tombol Run.

Mengerjakan Latihan

  1. Pada setiap topik materi yang ada, terdapat beberapa latihan di dalamnya. Anda bisa memilihnya dengan membuka berkas Task.kt seperti gambar berikut:
  2. Pada IntelliJ IDEA, terdapat 3 (tiga) panel yaitu project structure (kiri), code editor (tengah), dan task description (kanan). Untuk mengerjakan latihan, ikuti perintah pada task description dan tuliskan kode Anda pada code editor seperti contoh berikut:
  3. Untuk memeriksa apakah kode yang Anda tuliskan sudah benar, klik tombol Check. Jika berhasil Anda akan melihat tampilan seperti berikut dan bisa lanjut ke latihan selanjutnya.
  4. Bagaimana jika ternyata kode yang Anda tuliskan tidak tepat? Perhatikan contoh berikut:

    Plugin akan memberitahu Anda dengan pesan Incorrect beserta rincian kesalahannya. Anda juga bisa menekan tombol Peek Solution… untuk melihat solusi kode:

    Walaupun begitu, tetaplah berusaha untuk mengatasi masalah sendiri sebelum menggunakan bantuan peek solution.

 

Sekian tutorial untuk mengerjakan latihan pada kelas Memulai Pemrograman dengan Kotlin. 
Semoga bermanfaat dan semangat belajar!

Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar ya.

Cara Mengerjakan Latihan pada Kelas Memulai Pemrograman dengan Kotlin-end


Beberapa artikel lain yang terkait:

  1. Kenapa Belajar Kotlin 
  2. Belajar Kotlin di Warung Kopi: Cerita Seorang Android Developer

Tertarik belajar di Kelas Memulai Pemrogaman dengan Kotlin? Bisa pilih antara “Gratis” atau “berbayar” (400 Pts / Rp 400,000 plus ujian dan sertifikat).

Mumpung sedang ada promo “Berbagi Beasiswa Berbagi Berkah” s.d. 16 Juni 2019.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Head of Reviewer, Dicoding

Leave a comment