Cara Melakukan Pembayaran Dicoding Academy

Dicoding Academy adalah platform online learning dari Dicoding yang diharapkan dapat melahirkan talenta baru di bidang teknologi informasi khusus nya pengembangan aplikasi mobile.

Saat ini untuk anda yang ingin mengikuti Dicoding Academy, anda diharuskan membayar persyaratan deposit point yang nanti nya akan dikembalikan pada saat lulus dari Academy tersebut.

Untuk melakukan pembayaran deposit point di Dicoding, kami menyediakan 2 buah channel pembayaran online dan manual. Untuk pembayaran online, kami mendukung pembayaran menggunakan metode :

  • Kartu Kredit (Visa/Mastercard)
  • Virtual Account Bank Permata / ATM Bersama / Prima
  • Mandiri Clickpay dan Mandiri Bill Payment
  • Virtual Account Bank BCA (Coming Soon)

Dan untuk pembayaran manual, kami mendukung pembayaran menggunakan Bank Mandiri dan Bank BCA dan akan diverifikasi maksimal 1 X 24 Jam hari kerja.

Untuk itu tulisan ini dibuat untuk anda yang ingin melakukan pembayaran deposit point dengan cara berikut :

1

Silakan untuk memilih pilihan “Beli Points Untuk Memulai Belajar Secara Penuh”. Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman pembayaran dan anda diminta untuk memilih untuk membayar menggunakan metode online atau offline.

1

Pembayaran Online

Metode pembayaran online di Dicoding mendukung beberapa pembayaran seperti :

  • Kartu Kredit (Visa/Mastercard)
  • Virtual Account Bank Permata / ATM Bersama / Prima
  • Mandiri Clickpay dan Mandiri Bill Payment
  • Virtual Account Bank BCA (Coming Soon)

Kartu Kredit (Visa/Mastercard)

Jika anda ingin membayar menggunakan kartu kredit anda dapat memilih menu kartu kredit seperti gambar berikut :

1

Setelah memilih pilihan “Kartu Kredit” anda akan diarahkan ke halaman seperti di bawah dan anda tinggal melengkapi data kartu kredit yang diperlukan. Setelah semua data diisi dan memilih “Konformasi Pembayaran”, jika berhasil maka point yang anda beli langsung masuk ke account Dicoding milik anda.

1

Virtual Account Bank Permata / ATM Bersama / Prima

Jika anda memiliki ATM Permata atau ATM bank lain seperti ATM BCA / ATM Bank Permata / Jaringan ATM Bersama / Jaringan ATM Prima / Jaringan ATM Alto, anda dapat melakukan pembayaran dengan memilih menu “ATM/Bank Transfer” seperti gambar berikut.

1

Setelah itu akan muncul 3 pilihan seperti gambar di bawah. Berikut adalah penjelasan dari masing masing pilihan :

  • Mandiri adalah opsi untuk anda yang memiliki ATM / Internet Banking Mandiri, dimana tidak ada biaya administrasi untuk transfer.
  • Permata adalah opsi untuk anda yang memiliki ATM / Internet Banking Permata, dimana tidak ada biaya administrasi untuk transfer.
  • Bank lainnya adalah adalah opsi untuk anda yang tidak memiliki ATM Mandiri atau Permata namun terdapat logo Jaringan ATM Bersama / Jaringan ATM Prima / Jaringan ATM Alto. Transaksi menggunakan metode ini akan ada biaya administrasi transfer yang besar nya sesuai dengan biaya masing-masing bank.

1

Setelah memilih salah satu opsi yang tersedia maka anda akan diarahkan ke halaman total tagihan yang perlu dibayar, dan silakan untuk memasukkan alamat email untuk pengiriman details pembayaran.

1

Setelah itu akan ada konfirmasi jika pesanan anda sudah sukses dan anda akan menerima email yang berisi konfirmasi pembayaran seperti berikut.

1-5

Anda dapat mengikuti tutorial diatas sesuai dengan ATM yang anda miliki. ATM yang dilayani adalah ATM Mandiri / ATM BCA / ATM Bank Permata / Jaringan ATM Bersama / Jaringan ATM Prima / Jaringan ATM Alto. Pastikan nomor rekening tujuan dan nominal yang dimasukkan sesuai dengan yang diminta. Jangan khawatir jika step nya benar di step terakhir akan ada konfirmasi terlebih dahulu seperti ini.

20161103_212713

Setelah anda melakukan pembayaran maka akan tercetak struk bukti pembayaran dan Point Dicoding akan otomatis masuk yang dapat digunakan untuk mengikuti kelas di Dicoding Academy.

Mandiri Clickpay dan Mandiri Bill Payment

Jika anda memiliki ATM / Internet Banking Mandiri, anda dapat melakukan pembayaran dengan memilih menu “ATM/Bank Transfer” seperti gambar berikut.

1

Setelah memilih “Mandiri” maka anda akan diarahkan ke halaman total tagihan yang perlu dibayar, dan silakan untuk memasukkan alamat email untuk pengiriman details pembayaran.

1

Setelah anda memilih “Konfirmasi Pembayaran” anda akan menerima details instruksi pembayaran yang dikirim via email, yang sama seperti pilihan “Lihat Instruksi” diatas. Setelah anda melakukan pembayaran maka Point Dicoding akan otomatis masuk yang dapat digunakan untuk mengikuti kelas di Dicoding Academy.

Pembayaran Manual

Metode pembayaran manual di Dicoding mendukung beberapa Bank pembayaran seperti :

  • Bank Mandiri dan
  • Bank Central Asia (BCA)

Untuk melakukan pembayaran manual anda dapat memilih pilihan “Bayar ke Rekening Dicoding” seperti gambar di bawah.

1

Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman dashboard pembelian point yang telah anda lakukan dan terdapat pilihan “Cara Pembayaran” dan “Konfirmasi Pembayaran”. Sebelum melakukan transfer anda dapat memilih pilihan “Cara Pembayaran” untuk melihat details bank untuk melakukan transfer seperti gambar berikut :

1

Setelah anda melakukan transfer anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran seperti gambar dibawah. Anda diminta untuk melengkapi data “Nama Pemilik Rekening”, “Nama Bank Pengirim”, dan “Tanggal Pembayaran”. Setelah itu silakan menunggu verifikasi admin maksimal 1 X 24 Jam Kerja.

1

Selamat belajar semoga membantu anda semua.

Salam,

Dicoding Indonesia

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder dan COO Dicoding Indonesia, dapat dikontak melalui alamat email : kevin[at]dicoding[dot]com