Cara Export Game Construct 2 ke Android

Cara Export Game Construct 2 ke Android – Kamu pasti sudah tahu Game Engine yang satu ini. Dengannya, orang tanpa latar belakang game developer pun, jadi bisa bikin game.

Yup, betul! Construct 2.

Construct 2 adalah sebuah Game Engine yang didesain untuk membuat game tanpa harus coding. Tapi minimal kamu harus memiliki struktur logika dan algoritma yang cukup.

Kalau kamu sudah pernah bikin website, bikin game di Construct 2, tak asing lagi. Apa pasal? Bahasa pemrogramannya sama, yaitu HTML. Dengan hasil output yang sama dan dapat dijalankan pada browser dalam bentuk Web (HTML), Construct 2 juga khusus untuk bikin game dengan tipe 2D (dua dimensi) saja dan menggunakan bahasa pemrograman HTML5.

Di sini kamu akan belajar bagaimana cara export game dari Construct 2 ke platform Android. Karena software component seperti Intel XDK dan Cocoon.io sudah tak lagi dapat digunakan, game developer Construct 2 juga menggunakan PhoneGap sebagai alternatif untuk export game ke platform Android.

Sample Game Project 

Siapkan terlebih dahulu project game yang ingin di-export ke platform Android. Penulis menggunakan contoh project game bawaan dari Construct 2, yaitu game Space Blaster.
Sample Project Game Construct 2

Pengaturan Project

Selanjutnya, atur terlebih dahulu Properties Bar untuk menyempurnakan hasil game yang kamu buat.

  • About
  • Project settings
  • Configuration Settings

Biasanya yang diubah hanya About dan Project settings saja. Perhatikanlah:

  • About
    • Name: Nama Game
    • Version: Versi Aplikasi (Digunakan saat sudah publish di store, seperti Google Play Store atau App Store)
    • Description: Deskripsi singkat dari game yang kamu buat
    • ID: ID yang unik dari game kamu, contoh: com.namakamu.namagame, menjadi com.dicoding.spaceblaster
    • Author: Nama/studio kamu
    • Email: Alamat email kamu
    • Website: Halaman web yang digunakan untuk promosi/menampilkan hasil rilis game yang telah dibuat untuk publik
  • Project settings
    • Window Size: lebar dan tinggi resolusi game dan disesuaikan ukuran layar smartphone, misalnya dalam bentuk portrait:
      • Width (lebar): 720 atau 1080 (dalam satuan pixel)
      • Height (tinggi): 960 atau 1920 (dalam satuan pixel)
    • Begitupun sebaliknya untuk bentuk landscape:
      • Width (lebar): 960 atau 1920 (dalam satuan pixel)
      • Height (tinggi): 720 atau 1080 (dalam satuan pixel)

Setting Export Game Construct 2

Menentukan Platform

Tahap selanjutnya adalah Export project untuk membuat game kamu dapat dimainkan secara standalone. Klik menu File > Export project.

Cara export game Construct 2 ke Android

Pada dialog boxChoose a platform to export to”, kita dapat memilih platform yang ingin digunakan. Secara default, project game yang akan di-export akan menjadi file HTML5. Dengan third-party software component, kita dapat deploy game menjadi hybrid dalam bentuk ekstensi apapun, misal: Android (APK), Windows Phone (XAP), dan lainnya.

Platform Game Construct 2

Jika teman-teman ingin meng-export ke platform lainnya, seperti Tizen, BlackBerry, Amazon Appstore dan sebagainya, klik kanan pada title barChoose a platform to export to” dan pilih “Show deprecated exporters”. Selanjutnya, pilih Tizen, lalu Next untuk menentukan lokasi hasil game yang ingin di-export.

Platform Game Construct 2

Platform Game Construct 2 untuk Tizen

Lokasi untuk Export

Jangan lupa untuk mencentang “Minify script” untuk membuat kapasitas bundle game yang di-export menjadi lebih kecil (ringan) dan susah untuk di-decompile (pembongkaran file apk). Jika dirasa sudah siap untuk export hasil project game yang telah dibuat, pilih Next.

Begini langkah mudah cara export game Construct 2 ke Android

Akan muncul dialog boxExport HTML5 project”. Lalu, pilih “Open destination folder” untuk membuka hasil project game yang telah di-export.

Sukses export game Construct 2 ke Android

Berikut hasil file-file game yang telah di-export. Hasil yang sudah di-export harus kamu jadikan file ZIP.

File Hasil Export Game Construct 2

Deploy APK menggunakan PhoneGap

PhoneGap adalah penyedia service berbasis cloud yang dapat mengkompilasi hasil project yang berbasis HTML5, CSS maupun JavaScript. Aplikasi yang sudah di-deploy dengan menggunakan PhoneGap dapat didistribusikan ke platform Android, iOS maupun Windows Phone dan sifatnya Native.

PhoneGap Build

Daftar/Sign In terlebih dahulu menggunakan alamat email yang tersedia atau dapat Sign In menggunakan akun Facebook/Google. Jika telah login dengan salah satu akun tadi, kamu akan mendapat kode verifikasi melalui email untuk mengaktivasi PhoneGap Build.

Daftar Akun PhoneGap

Setelah login, kamu akan masuk ke halaman dashboard PhoneGap Build. Langkah berikutnya, unggah berkas project game yang telah di-ekstrak menjadi ZIP dengan pilih “Upload a .zip file” dan tunggu proses unggah file selesai.

Dashboard PhoneGap Build

Jika proses unggah sudah selesai, pilih “Ready to build” untuk melanjutkan proses build ke platform Android.

Siap membuat atau build game Construct 2

Klik “Judul Game Kamu/Space Blaster” untuk menambahkan signing key/keystore ke dalam game. Tujuannya agar game dapat dipublikasikan ke store dalam mode release.

Game Construct 2 di Space Blaster

Export APK ke dalam Mode Release

Ikuti langkah-langkah membuat keystore android menggunakan APK signer untuk membuat keystore agar game kamu dalam keadaan mode release (siap dipublikasikan). Pilih “No key selected” dan pilih “add a key…” untuk menambahkan keystore yang baru ke dalam game.

Export APK ke dalam Mode Release dengan Add A Key

Isi kolom title dan Alias serta masukkan keystore (dicoding.keystore) yang telah dibuat menggunakan APK Signer, lalu pilih “submit key”.

Export APK ke dalam Mode Release dengan Submit Key

Jika sudah memasukkan keystore ke dalam game, selanjutnya unlock keystore. Pilih gembok warna kuning, kemudian isi kolom password certificate dan keystore yang sebelumnya sudah di isi pada APK Signer, kemudian pilih “submit key”.

Export APK ke dalam Mode Release dengan Unlock Key

Terakhir, pilih Rebuild untuk build ulang project game yang sudah dimasukkan keystore, tunggu hingga selesai dan pilih apk untuk mengunduh game kamu yang sudah dalam bentuk .APK dan mode release.

Rebuild untuk Android Rebuild untuk Android in Progress Sukses Rebuild untuk Android Hasil APK Cara Export Game Construct 2 ke Android

-end-

Kamu juga bisa ikuti video tutorial di tautan berikut:

Sebelum kamu masuk ke tahap ini, langsung aja belajar di Belajar Membuat Game dengan Construct 2. Ini akan mengasah skill-mu dalam membuat game dengan bahasa pemrograman HTML5.

Cara Export Game Construct 2 ke Android – end 

Penulis: Agil Julio
Editor: Mutiara Arumsari

Yuk baca tulisan lainnya yang terkait:

  1. Membuat keystore android menggunakan APK signer 
  2. Rahasia Belajar Coding dari 6 Pengalaman: Apa Saja?
  3. Nyaris Putus Sekolah, Putra Petani ini Kini Jago Membuat Aplikasi 
  4. Ilustrator Game Brigitta Rena dan Dunia Dongengnya 

Tertarik bikin game dengan engine lain: Unity? Cuss ikutan kelas ini! mumpung ada promo 21 % s.d. 30 April 2019. Klik https://www.dicoding.id/androidkartini

  1. Kelas Menjadi Game Developer Expert
  2. Kelas Belajar Membuat Game untuk Pemula

Promo Kartini Habis Gelap Terbitlah Terang Diskon 21%

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Game Engineer at Dicoding Indonesia