Belajar Alfabet Menggunakan Smartphone Dengan Aplikasi Marbel Huruf

Devs, masih ingat tidak dulu bagaimana pertama kali belajar baca tulis? Yang jelas kita belajar alfabet bukan melalui smartphone kita. Kalau sekarang, Educa Studio menyediakan aplikasi yang akan membantu anak-anak untuk belajar huruf alfabet dengan menggunakan gadget loh. Penasaran? Yuk kita lihat aplikasi Marbel Huruf buatan Educa Studio.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Marbel Huruf sendiri sudah memenangkan challenge di Dicoding yakni 500K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Screenshot Marbel Huruf 1

Screenshot Marbel Huruf 1

Marbel adalah singkatan dari Mari Belajar. Seri Marbel merupakan kumpulan game karya Educa Studio yang fokus memberikan anak kita permainan yang juga bisa menambah pengetahuan anak.

Marbel Huruf adalah salah satu game dari seri aplikasi edukasi dari Educa Studio. Dengan Marbel Huruf, Educa Studio mengajak orang tua untuk bisa mengajarkan anaknya alfabet dengan cara yang tidak membosankan dan menarik bagi anak.

Review Game

Screenshot Marbel Huruf 2

Screenshot Marbel Huruf 2

Untuk mengajarkan anak belajar alfabet menggunakan game Marbel Huruf, kita bisa memilih mode yang ada di dalam game ini. Ada mode belajar dan juga mode permainan. Mode belajar digunakan untuk menambah pengetahuan anak akan huruf baru sedangkan mode permainan digunakan untuk menguji dan melatih ingatan anak tentang materi yang sudah dipelajari.

Di mode belajar, ada tiga jenis cara belajar yang bisa kita pilih. Yang pertama kita bisa belajar masing-masing huruf beserta pelafalannya. Yang kedua kita bisa langsung melihat berbagai huruf yang ada. Dan yang ketiga adalah huruf berserta objek yang diawali dengan huruf tersebut.

Tiap mode pengajaran ini bisa membantu anak kita untuk mengenal berbagai huruf yang ada. Anak bisa melihat secara visual huruf besar, huruf kecil, penyebutan huruf tersebut, hingga penggunaan huruf di dalam keseharian melalui objek-objek yang ada di sekitar kita.

Lalu untuk mode permainan, ada tujuh mode permainan yang bisa dipilih untuk dimainkan oleh anak kita. Tiap mode akan memberikan anak-anak stimulan tentang huruf yang sudah mereka kuasai sehingga bisa semakin lancar dan ingat semua materi pelajarannya.

Pilihan permainan yang bisa kita pilih contohnya adalah Tebak Huruf, Balon Huruf, Celembung Huruf, Cocokan Huruf, Tebak Gambar, Tangkap Huruf, dan Puzzle Huruf. Tiap permainan akan menjadikan proses belajar huruf menjadi lebih seru dan menantang bagi anak.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk monetization, Marbel Huruf menggunakan model iklan di dalam aplikasinya. Iklan tersebut ada dalam bentuk banner di bagian bawah layar yang selalu muncul di halaman menu. Selain itu, ada juga iklan yang muncul mengisi layar sesekali waktu. Tentu model iklan ini rawan untuk tidak sengaja terpencet oleh anak.

Layanan iklan yang digunakan di dalam game ini adalah AdMob dari Google.

Kesimpulan

Screenshot Marbel Huruf 3

Screenshot Marbel Huruf 3

Marbel Huruf adalah salah satu aplikasi edukatif yang sangat direkomendasikan oleh Dicoding untuk digunakan oleh para orang tua yang ingin mengajarkan anaknya alfabet. Metode belajarnya mudah diikuti dan permainannya sangat menarik bagi anak.

Unduh Marbel Huruf: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more