Awesome Quiz, Game yang Menantang Wawasan dan Logika

Bagi Devs yang ingin menguji kemampuan akademis dan juga logika berpikir, NERD Project Games punya game yang cocok untuk Devs sekalian. Game berjudul Awesome Quiz akan menjadi permainan yang dapat mengasah otak dan wawasan kita semua.

Background Developer & Challenge

NERD Project merupakan indie game development studio yang berbasis di Gading Serpong, Indonesia. Studio ini pertama didirikan pada tahun 2014 di bulan Desember. NERD Project beranggotakan empat orang yang berlatar belakang computer science.

NERD sendiri merupakan singkatan dari dua hal. Yang pertama adalah Never Ending Research and Development yang menjadi moto mereka. Yang kedua merupakan singkatan dari nama para founder dari NERD Project yakni Nicho, Edbert, Robi, dan JeDediah.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Aplikasi mereka yang berjudul Awesome Quiz sudah menjuarai tantangan di Dicoding yang berjudul Create Any Education App or Game.

Background Application

Screenshot_2015-11-19-00-57-09

Belajar saat ini terkesan menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan. Padahal belajar seharusnya merupakan aktivitas yang positif dan membuat seseorang merasa bahagia. Hal ini mungkin disebabkan oleh metode pembelajaran yang selama ini terkesan kaku dan satu arah.

Awesome Quiz seperti mencoba menjadi jembatan agar anak-anak senang belajar. Dengan memanfaatkan perangkat mobile, NERD Project menghadirkan proses pembelajaran menggunakan gadget yang sudah lekat dengan kehidupan sehari-hari anak. Dengan begitu, harapannya bisa memberikan media baru yang bisa lebih disukai anak untuk belajar dan menambah wawasan mereka.

Review Application

Screenshot_2015-11-19-00-57-14

Awesome Quiz merupakan permainan dengan genre trivia. Model permainannya sangat sederhana, kita hanya perlu menjawab pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda. Setiap pertanyaan akan memberikan kita poin.

Yang menarik, kuis-kuis di dalam game ini bertemakan pelajaran sekolah. Ada pelajaran sejarah, geografi, biologi, sosiologi, bahkan ada juga soal psikotes seperti analogi atau huruf. Kita bisa memililih kategori pelajaran apa yang ingin kita mainkan.

Setelah bermain, kita akan mendapatkan score. Nilai tersebut dapat kita lihat hasilnya di halaman score dan kita bisa membandingkan nilai di tiap mata pelajaran.

Development Tools

Untuk proses pengembangannya, NERD Project memanfaatkan game engine dalam pembuatan aplikasi Awesome Quiz. Game engine yang digunakan oleh NERD Project adalah Unity. Unity merupakan game engine gratis yang bisa digunakan untuk mengembangkan game engine dengan cepat. Unity juga merupakan game engine yang cukup populer di Indonesia sehingga mudah untuk bertanya dan berdiskusi apabila menemui permasalahan.

Kesimpulan

Screenshot_2015-11-19-00-58-31

Awesome Quiz karya NERD Project merupakan game yang cocok untuk Devs yang ingin menambah wawasan dengan cara yang menyenangkan. Walaupun dibalut dalam bentuk game, Awesome Quiz kaya akan konten edukasi.

Unduh Awesome Quiz: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.