Asah Reflek Dan Ketangkasan Berhitung Dalam Game Rocket Maths

Halo Devs semuanya. Kali ini Dicoding akan membahas sebuah aplikasi berjudul Rocket Maths. Yang membuat aplikasi ini menarik adalah karena game ini dikembangkan oleh seseorang yang tidak memiliki latar belakang IT ataupun desain. Walaupun berprofesi sebagai PNS, tapi mampu membuat karya yang bagus. Penasaran? Yuk kita simak liputannya.

Background Developer & Challenge

gookkis-studio-logo

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Gookkis merupakan studio aplikasi dan game yang didirikan pada 14 Mei 2014. Saat itu Gokkis merilis game perdananya yakni Nostalgilaa 90an. Gookkis didirikan oleh Heri Kiswanto yang saat ini masih single fighter mengembangkan Gookkis dengan hanya dibantu ponakannya yang baru lulus SMA sebagai desainer.

Karya yang sudah diluncurkan oleh Gokkis adalah Rocket Math, Kudu Balance, Kurs Pajak (rupiah), dan Ucapan Lebaran. Yang membuat Gookkis unik adalah founder-nya yang tidak memiliki pendidikan IT dan berlatar belakang PNS. Bermodal tekad dan semangat untuk belajar, akhirnya bisa membuat studionya sendiri.

Heri Kiswanto - Founder Gookkis

Heri Kiswanto – Founder Gookkis

Prestasi yang telah diraih oleh Gookkis adalah menjadi pemenang di Nampol Appreciation Rewards 2014, juara pada Jogja Android App Competition, dan Rocket Maths sendiri sudah menjuarai tantangan di Dicoding yakni 1K Downloads Club Android NDK Challenges.

Background Game

Screenshot_2015-08-17-15-36-27

Rocket Maths dibuat dengan latar belakang edukasi. Game ini memang dirancang untuk menjadi edugame dimana orang bisa bermain sambil belajar.

Yang menarik, selain untuk melatih kemampuan matematika, ada juga tujuan tersembunyi dari game ini. Rocket Maths juga dirancang untuk membantu mengajarkan seseorang untuk tetap berfikir jernih dalam waktu tertekan sehingga dpaat meningkatkan ketahanan berfikir pengunanya. Metode ini mirip seperti megikuti Krapelin psikotes dimana ketahanan berfikiri kita diuji.

Review Game

Screenshot_2015-08-17-15-36-34

Rocket Maths merupakan game yang sangat simpel untuk dimainkan. Game ini tidak memiliki banyak fitur dan fokus ditujuan utamanya yakni sebagai salah satu metode untuk belajar matematika dan ketahanan berpikir.

Objektif utama Rocket Maths adalah untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Kita akan diberikan pertanyaan matematika dan diminta untuk memilih satu dari dua jawaban yang benar. Jika kita mampu memilih jawaban yang benar, maka kita akan mendapatkan poin dan sebaliknya jika salah menjawab, permainan akan berakhir.

Tapi yang membuat Rocket Maths ini bukanlah game yang mudah dimainkan adalah waktu yang diberikan untuk menjawab. Dengan waktu yang sangat terbatas dan rentetan pertanyaan yang datang terus menerus, maka kita akan merasakan tekanan yang tinggi dan dituntut untuk tetap fokus dan cermat menjawab soal-soal yang ada.

Development Tools

eclipse_logo

Tools yang digunakan untuk mengembangkan Rocket Maths adalah Android Studio. Sebelumnya menggunakan Eclipse ADT, namun karena kini Google memberikan support resmi kepada Android Studio maka pengembangan aplikasi untuk Android menggunakan Android Studio.

Rocket Maths sengaja tidak dikembangkan menggunakan game engine dengan alasan kebutuhan game ini tidak terlalu besar. Jika menggunakan game engine, malah hanya akan membuat ukuran file jadi lebih besar untuk ukuran game sesimpel ini.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk mendapatkan pemasukan, Gookkis menggunakan strategi iklan di dalam game-nya. Terdapat iklan dalam bentuk banner dan interstitial di dalam Rocket Maths. Layanan yang digunakan adalah AdMob milik Google.

Saat ini sudah ada 1.655 user aktif tiap harinya dengan total download 6.577 pengunduh. Tantangan terbesar adalah untuk menjaga agar user aktif bisa meningkat.

Sedikit tips dari Heri Kiswanto adalah agar dalam mengembangkan game, sebisa mungkin memiliki tim karena akan terasa berat jika semuanya dikerjakan sendiri. Carilah yang sevisi dan buatlah produk yang bisa memberikan nilai positif.

Heri juga berpesan agar menggunakan kesempatan sebaik-baiknya dan jadikan kekurangan sebagai tantangan untuk meyelesaikannya. Beliau yang berlatar belakang PNS saja bisa belajar dengan ototdiak dan mendapatkan revenue yang lumayan, temen-temen Devs pasti bisa lebih baik lagi.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-17-15-36-37

Rocket Maths merupakan aplikasi edukasi yang akan mengasah reflek dan juga ketangkasan berhitung kita. Bagi Devs yang merasa memiliki kemampuan matematika yang mumpuni juga fokus yang tinggi, silahkan coba mainkan game ini.

Unduh Rocket Maths: Google Play (Free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.