Ajak Anak Belajar Angka Dengan Marbel Angka

Halo Devs. Bagi yang punya anak balita yang sedang belajar angka, Educa Studio punya aplikasi yang cocok untuk Anda. Memanfaatkan gadget yang kita miliki, kita dapat memiliki waktu berkualitas bersama anak untuk bermain dan belajar menggunakan aplikasi Marbel Angka. Yuk kita simak liputannya.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Marbel Angka dari Educa Studio juga memenangkan challenge di Dicoding yakni 500K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Screenshot Marbel Angka 1

Screenshot Marbel Angka 1

Marbel Angka merupakan bagian dari berbagai seri game edukasi karya Educa studio. Game yang ditujukan untuk anak-anak ini akan membantu orang tua untuk bisa mengenalkan angka kepada anak-anaknya dengan cara yang menyenangkan.

Apalagi sekarang ini ada kecenderungan dimana anak kecil sudah kenal gadget dan tak bisa lepas dari perangkat tersebut. Maka Marbel Angka bisa menjadi salah satu alternatif aplikasi yang tepat untuk diberikan kepada anak kita.

Review Game

Screenshot Marbel Angka 2

Screenshot Marbel Angka 2

Game Marbel Angka ini secara umum dibagi jadi dua mode. Yang pertama mode belajar dan yang kedua mode bermain. Dua tipe permainan ini sepertinya sudah menjadi template untuk banyak seri Marbel sehingga mudah dimengerti oleh para orang tua nih.

Di mode belajar, kita bisa memilih kumpulan angka yang bisa dipelajari. Model belajarnya adalah di tiap kelompok angka, akan diperlihatkan visual dari sebuah angka beserta pengucapannya. Dengan begitu, anak bisa belajar mengenal angka secara visual maupun cara penyebutannya.

Lalu untuk mode bermain, di sini anak bisa melatih ingatannya akan angka-angka yang sudah dipelajari sebelumnya. Menariknya, Marbel Angka memberikan cukup banyak mini game untuk membantu anak kita belajar angka. Ada enam buah permainan yang bisa kita mainkan mulai dari mencocokan suara dengan angka, tebak bayangan angka, hingga permainan melompat dengan cara memilih angka yang sesuai dengan petunjuk suaranya.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk mendapatkan uang dari aplikasi Marbel Angka, Educa Studio menggunakan model iklan. Ada iklan banner dan juga iklan intertisial di dalam game ini. Keduanya menggunakan layanan AdMob dari Google.

Untuk pengguna Android sendiri, nampaknya penggunaan iklan masih menjadi model monetisasi yang populer. Walapun sepertinya model ini kurang ideal jika ditujukan untuk permainan anak-anak karena rawan untuk tidak sengaja ditekan oleh anak.

Kesimpulan

Screenshot Marbel Angka 3

Screenshot Marbel Angka 3

Game Marbel Angka merupakan game sederhana yang bisa membantu anak-anak untuk belajar mengenal angka dengan metode yang seru. Melalui Marbel Angka, anak bisa belajar sambil bermain.

Game Marbel Angka ini sudah dapat diunduh secara cuma-cuma.

Unduh Marbel Angka: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more