Educa Studio : Tentang Produktivitas dan Jutaan User

Oleh : ANDI TARU NNW – CEO Educa Studio

Ketika saya diminta untuk menulis tentang bagaimana Educa Studio membuat lebih dari 100 game edukasi dalam waktu 1 tahun, saya langsung mengambil catatan saya yang tersimpan rapi. Perlu diketahui sebelumnya, produktivitas memang menjadi core value dari Educa Studio. Di beberapa seminar yang kami hadiri sebagai pembicara, kedua pertanyaan ini selalu muncul:
a. Bagaimana membuat ratusan produk dalam kurun waktu hanya 1 tahun?
b. Bagaimana mendapatkan jutaan user untuk mendownload produk kita?

Semoga dengan artikel ini, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat terjawab dan bisa membantu startup atau developer lainnya untuk mengikuti jejak kami.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

KUNCI PRODUKTIVITAS EDUCA STUDIO

1. FOKUS
Fokus, adalah satu hal yang mungkin mudah untuk dikatakan, tetapi sulit untuk mewujudkannya. Ketika Educa Studio berdiri, saya sebagai Founder dan Istri saya sebagai Co-Founder sudah merumuskan hal yang pasti yang harus dikerjakan oleh tim. Melihat pengalaman pendirian startup sebelumnya, yang bergerak dalam bisa jasa. Banyak hal yang didapatkan yang berujung kegagalan salah satunya adalah karena tidak FOKUS.

Sebenarnya apa yang menjadi Fokus dari Educa Studio?
FOKUS pada pengembangan PRODUK, produk apa?
FOKUS pada pengembangan GAME, bidang apa?
FOKUS pada bidang EDUKASI, platform apa?
FOKUS pada teknologi ANDROID, untuk siapa?
FOKUS pada user umur 2-8 Tahun, didistribusikan di mana?
FOKUS pada user lokal di INDONESIA

fokus akan menyederhanakan semuanya, dari segi BIAYA, WAKTU dan TIM.

2. SAY NO TO SOCIAL MEDIA
Sosial media seperti Facebook dan Twitter bisa menjadi tools yang sangat bermanfaat bagi dunia bisnis, tetapi bisa juga menjadi racun untuk PRODUKTIVITAS. Kami sepakat bersama semua anggota tim untuk tidak mengaktifkan SOSIAL MEDIA untuk diakses melalui perangkat kerja (PC, Mac, atau perangkat lainnya). Akses SOSIAL MEDIA hanya boleh dilakukan melalui perangkat mobile mereka masing-masing.

Dengan kesepakatan ini, Educa Studio telah mengalami peningkatan produktivitas 320%. Kami lebih bisa fokus untuk menyelesaikan “Fokus-Fokus” kami. Bila sebelumnya banyak waktu habis untuk browsing di internet dan bersosial media, sekarang hal tersebut sudah tergantikan dengan produktivitas tim yang tinggi.

3. REWARD & PUNISHMENT
Hal ini sudah dibahas hampir di semua buku tentang peningkatan produktivitas tim. REWARD akan membuat setiap anggota tim mendapatkan motivasi lebih dan PUNISHMENT akan membuat setiap anggota tim memiliki tanggung jawab menyelesaikan tugasnya.

Meeting Educa Studio 2014
Piknik Educa Studio 2014


CARA MENDAPATKAN JUTAAN USER ALA EDUCA STUDIO
Ini adalah sebuah filosofi, ini adalah sebuah metode yang didapatkan dari pengalaman bertahun-tahun yang mungkin terlihat sederhana, namun kadang tidak terpikirkan. Cara mendapatkan jutaan user setiap Perusahaan berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi dan harus disesuaikan dengan produk perusahaan tersebut.

1. KUALITAS ADALAH SEGALANYA
Produk awal Educa Studio, MARBEL versi tahun 2008, MARBEL versi PC tahun 2011, MARBEL versi ANDROID tahun 2012, MARBEL versi ANDROID tahun 2015. Jika pembaca cermat, terdapat improvisasi yang berjalan terus dari waktu ke waktu.

Mungkin jika dibandingkan antara MARBEL tahun 2015 dengan MARBEL tahun 2008 akan sangat jauh perbedaannya. Tetapi ada hal yang sama, yaitu KUALITAS terbaik pada tahun di mana produk itu dirilis. Kami selalu membuat produk dengan tenaga yang maksimal baik itu dari segi kualitas SUARA, ANIMASI, PEMROGRAMAN sampai pada USER EXPERIENCE.

Tidak peduli apa produk tersebut, berikan sentuhan kualitas yang maksimal. Karena tetap hasil akhir akan berbicara. Ketika salah seorang user merasa puas dengan produk Anda, user tersebut akan merekomendasikannya kepada user yang lain.

2. BUAT PRODUK ANDA TERLIHAT
Setelah kita memiliki produk yang berkualitas, namun bagaimana produk kita masih memiliki download yang kecil? Jawabannya adalah produk anda tidak terlihat. Buat produk Anda terlihat.

Di tahun 2012, kami Juara 2 INCREFEST, di tahun 2013 kami JUARA 1 di Intel Rockstar Developer, JUARA 1 di INAICTA kategori Game Edukasi, kami menjadi NOMINATOR ajang Indonesia Game Show, kami berangkat ke Hongkong untuk mengikuti APICTA 2013. Hampir semua media lokal menyorot kami dari mulai dari media digital maupun non-digital. Apa yang terjadi? Akhir tahun 2013 kami telah memiliki jutaan user.

Buat produk anda terlihat, banyak hal yang bisa ditempuh. Jika Educa Studio menempuh dengan cara mengikuti berbagai macam kompetisi dan event, mungkin perusahaan Anda memiliki caranya sendiri.

3. USER JUGA MANUSIA
Ada istilah Rocker Juga Manusia ada istilah User Juga Manusia. Pengguna produk kita adalah seorang manusia biasa yang memiliki perasaan dan pendapat masing-masing. Jika ada review yang sangat kejam di aplikasi yang kita publikasikan, anggap itu sebagai masukan. Tetapi jangan pernah menyerah.

Layani User sebagaimana kita melayani diri kita sendiri. Apabila ada ketidakpuasan, perlu kiranya kita koreksi produk kita. Namun tidak harus semua kritikan kita terima mentah-mentah. Kadang-kadang ada juga saran yang malah akan menurunkan kualitas produk kita. Buatlah user merasa terkoneksi dengan kita sebagai pemilik produk.

Marbel Jateng Fair 2014

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencapai produktivitas dan mendapatkan jutaan user. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel asli dipublikasi oleh Educa Studio pada 14 April 2015. Proses re-publikasi ini telah mendapatkan ijin dari Educa Studio.
Untuk mengenal lebih jauh tentang Educa Studio:
Website : http://www.educastudio.com
Email : educastudio@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/educastudio


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.