Mainkan Permainan Rakyat Khas Tujuh Belasan di Gamer – Game Merdeka

Setiap merayakan ulang tahun Indonesia, ada tradisi yang secara turun-temurun kita lakukan. Permainan rakyat di lingkungan kita tinggal selalu menjadi pemeriah pesta ulang tahun republik ini. Ada beberapa permainan yang cukup sering dilakukan seperti tarik tambang, memasukan paku ke dalam botol, balap karung, dan lain sebagainya. Kali ini, Miracle Gates Studio mencoba menghadirkan permainan tradisional tersebut dalam bentuk digital melalui game Gamer – Game Merdeka.

Background Developer & Challenge

Miracle Gates Studio

Miracle Gates Studio

Miracle Gates Studio didirikan pada 31 Oktober 2012 di Bali. Mereka sempat menjadi lima besar dalam pitching competition yang diadakan Tech in Asia di Bali. Walaupun tidak juara, mereka mendapatkan beasiswa dari kampus tempat acara tersebut diselenggarakan, STMIK Primakara. Tak hanya itu, Miracle Gates Studio juga mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam inkubator bisnis milik STMIK Primakara.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Dengan modal itu, Miracle Gates Studio maju menjadi startup yang fokus di pengembangan game. Miracle Gates Studio fokus untuk membuat produk dengan tampilan dan performa terbaik untuk para pemainnya.

Aplikasi perdana mereka Adventure of Jalak telah memenangkan tantangan di Dicoding yakni Create Any Education App or Game.

Background Application

Screenshot_2015-10-22-02-27-19

Bagi Devs yang tinggal di perumahan atau pedesaan, mungkin kegiatan pesta rakyat seperti ini masih kerap dijumpai. Namun teman-teman yang tinggal di kota-kota besar yang sudah penuh dengan gedung tinggi tentu akan semakin sulit menjumpai permainan tradisional ini.

Dalam rangka mengedukasi anak-anak muda tentang semangat nasionalisme, Gamer – Game Merdeka ini dikembangkan. Harapannya game ini bisa menjadi penyegar dan penyemangat semangat nasionalisme juga membangkitkan nostalgia momen dimana permainan ini dilakukan dalam rangka memperingati dirgahayu republik Indonesia.

Review Application

Screenshot_2015-10-22-02-27-30

Gamer – Game Merdeka merupakan aplikasi yang berisikan mini game permainan tradisional Indonesia. Ada tiga jenis permainan yang bisa kita mainkan di dalam game ini yakni tarik tambang, balap karung, dan juga memasukan paku ke dalam botol.

Permainan tarik tambang merupakan permainan yang harus dimainkan berdua. Kita akan diminta adu cepat menekan layar berulang kali untuk menarik tambang ke arah kita. Semakin cepat kita menekan layar, akan semakin kuat tarikan kita.

Untuk permainan balap karung, kali ini kita akan bermain melawan komputer. Di dalam permainan ini, kita harus menekan layar dengan cepat secara terus-menerus untuk membuat karakter kita maju ke depan.

Dan permainan terakhir adalah paku botol. Tugas kita adalah memasukan paku ke dalam botol. Paku akan diikat ke atas untaian tali yang bergoyang. Tugas kita adalah untuk menekan layar ketika paku mengarah ke botol sehingga ketika dilepas, paku akan masuk ke dalam botol.

Development Tools

Game ini dikembangkan menggunakan game engine bernama Unity. Unity merupakan salah satu game engine yang cukup banyak digunakan oleh developer di Indonesia. Selain karena mudah, dukungan dari komunitas Unity juga sangat besar sehingga memudahkan kita untuk memecahkan masalah.

Monetization

Untuk model monetisasi, Miracle Gates Studio menggunakan cara yang sama dengan aplikasi Gamer – Game Merdeka. Miracle Gates Studio membenamkan iklan AdMob di dalam aplikasinya. Ada iklan dalam bentuk banner ada juga dalam bentuk iklan selingan.

Iklan banner akan muncul terus di layar selama kita menggunakan aplikasi. Sedangkan iklan sisipan akan muncul setiap kita selesai membaca artikel dan menekan tombol back.

Kesimpulan

Screenshot_2015-10-22-02-28-50

Bagi kamu yang ingin bernostalgia dengan permainan khas tujuh belasan, game ini akan sangat cocok untuk dimainkan. Dengan tiga mini game yang populer, tentu akan menyenangkan menghabiskan waktu memainkan Gamer- Game Merdeka.

Unduh Gamer – Game Merdeka :Google Play (Free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.