Kenali Silsilah Keluarga Menggunakan Aplikasi Marbel Pohon Keluarga

Bagi anak kecil, mungkin konsep silisah keluarga merupakan hal yang membingungkan pada awalnya. Mereka harus dikenalkan dulu tentang siapa saja bagian dari keluarga mereka. Untuk mempermudah hal tersebut, Educa Studio mengembangkan aplikasi khusus anak-anak agar bisa mengenal bagian-bagian dari keluarga. Mari kita simak review aplikasi Marbel Pohon Keluarga karya Educa Studio ini.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Seratus aplikasi lebih telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Marbel Pohon Keluarga juga telah memenangkan tantangan di Dicoding yaitu 1K Downloads Club Android NDK Challenges.

Background Game

Screenshot_2015-08-18-11-16-16

Marbel merupakan seri pembelajaran sambil bermain milik Educa Studio. Selain Marbel, Educa Studio juga memiliki seri lain seperti Riri atau Cerita Interaktif. Marbel sendiri merupakan singkatan dari Mari Belajar Sambil Bermain.

Aplikasi Marbel Pohon Keluarga merupakan aplikasi yang ditujukan untuk anak-anak. Marbel Pohon Keluarga mempunyai tujuan agar anak bisa belajar silsilah keluarga dengan mudah menggunakan permainan.

Review Game

Screenshot_2015-08-18-11-16-25

Aplikasi Marbel Pohon Keluarga ini terbilang cukup sederhana. Fiturnya ada dua, yang pertama adalah untuk mengenalkan silsilah keluarga melalui pohon keluarga dan yang kedua adalah mengenal anggota keluarga.

Pada fitur pertama, Marbel Pohon Keluarga akan memberikan sebuah gambaran pohon keluarga yang umum digunakan. Lalu satu persatu akan muncul ikon wajah dari tiap anggota keluarga beserta posisinya di dalam keluarga. Setelah muncul seluruh anggota keluarga besar kita dari kakek hingga keponakan, kita bisa masuk ke fitur berikutnya.

Di fitur kedua ini, kita akan bisa memilih ikon karakter anggota keluarga. Misalkan kita memilih karakter anak-anak, maka akan muncul posisi dia di dalam keluarga besar sesuai dengan pohon keluarganya.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Alat pengembangan yang digunakan untuk membuat Marbel Pohon Keluarga adalah Cocos 2D. Cocos 2D merupakan game engine yang dapat membantu pengembangan game menjadi lebih mudah dan cepat.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Marbel Pohon Keluarga menggunakan in advertising untuk melakukan monetisasi aplikasinya. Digunakan jenis iklan banner dan interstitial yang diintegrasi oleh layanan AdMob milik Google.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-18-11-16-39

Walaupun fiturnya terbilang minimalis, Marbel Pohon Keluarga disajikan dengan baik untuk membantu anak mengenal bagian-bagian dari anggota keluarganya.

Unduh sekarang juga Marbel Pohon Keluarga: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.