Belajar Mengenal Bendera Menggunakan Marbel Mengenal Bendera Dunia

Hai Devs. Pada hafal bendera seluruh negara yang ada di dunia tidak Devs? Mungkin banyaknya hafal bendera negara favoritnya di piala dunia saja yah. Nah, Dicoding akan coba bahas sebuah aplikasi yang mungkin bisa membantu menambah wawasan temen-temen Devs semua tentang bendera-bendera yang ada di dunia. Yuk kita simak aplikasi Marbel Mengenal Bendera Dunia karya Educa Studio.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Seratus aplikasi lebih telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Marbel mengenal Bendera Dunia milik Educa Studio ini telah menjuarai tantangan yang ada di Dicoding yaitu 1K Downloads Club Android NDK Challenges.

Background Game

Screenshot_2015-08-18-11-20-25

Marbel merupakan salah satu seri yang jadi produk andalan Educa Studio. Selain Marbel, ada juga seri lain yakni Riri. Marbel sendiri merupakan singkatan dari Mari Belajar Sambil Bermain.

Seri Marbel memang diciptakan Educa Studio sebagai media pembelajaran interaktif untuk anak. Pada seri Marbel Mengenal Bendera Dunia, Educa Studio mengajak kita semua untuk belajar mengenal bendera-bendera tiap negara yang ada di dunia.

Review Game

Screenshot_2015-08-18-11-20-46

Marbel Mengenal Bendera Dunia dibagi jadi dua mode. Mode pertama adalah mode belajar. Lalu mode kedua adalah mode bermain.

Pada mode belajar, kita bisa memilih region benua yang ada di dunia. Nanti dari situ kita bisa memilih area mana yang ingin kita pelajari. Semisal kita memilih Asia Tenggara, maka akan muncul bendera-bendera negara yang ada di Asia Tenggara beserta informasi negaranya.

Lalu pada model bermain, kita bisa memilih beberapa permainan yang disediakan. Ada permainan tebak bendera dimana akan diberikan tiga buah bendera beserta petunjuk negara yang dimaksud. Tugas kita adalah mencocokan bendera dengan nama negara yang dimaksud. Selain itu juga ada permainan matching game untuk lebih mengenal bendera-bendera yang ada di dunia.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Educa Studio memanfaatkan Cocos 2D untuk mengembangkan Marbel Mengenal Bendera Dunia. Cocos 2D merupakan salah satu game engine yang cukup populer. Dengan menggunakan game engine tersebut, maka proses pengembangan aplikasi, terutama game, akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Model monetisasi yang digunakan di dalam aplikasi Marbel Mengenal Bendera Dunia adalah dengan memanfaatkan iklan. Iklan di dalam aplikasi ini dimunculkan dalam bentuk banner ataupun interstitial. Layanan yang digunakan oleh Educa Studio adalah ad service milik Google yang bernama AdMob.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-18-11-20-55

Marbel Mengenal Bendera Dunia merupakan aplikasi yang tepat untuk digunakan agar anak bisa belajar bendera-bendera negara yang ada di dunia. Paduan mode belajar dan bermain akan membuat aplikasi ini akan disukai oleh anak-anak.

Unduh Marbel Mengenal Bendera Dunia: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.