Alasan kenapa flutter penting bagi developer

5 Alasan Kenapa Flutter Penting bagi Developer

5 Alasan Kenapa Flutter Penting bagi Developer – 

Kalau kamu mengikuti media sosial Instagram, Facebook, atau Twitter Dicoding, kamu tentu sudah dapat info kami bahwa di Google I/O 2019, Flutter jadi primadona. Kini framework Flutter (dengan bahasa pemrograman Dart) bisa digunakan untuk berbagai platform!

Mungkin kamu belum merasakan bahwa Flutter berguna untuk kamu? Nah, kita akan bahas lebih rinci tentang kenapa Flutter penting bagi developer. Informasi ini baru lho dari acara Google I/O 2019.

 

Alasan pertama kenapa Flutter penting: Flutter itu Indah

Flutter dulu diciptakan dari janji ide ngawang bahwa seharusnya ada cara lebih baik untuk membuat user interface (UI) aplikasi. Di Google I/O 2019, Google telah menyatakan sukses memenuhi janji itu.

Kenapa mereka bisa berkata demikian? Lihat contoh 3 aplikasi di bawah.

Kenapa flutter penting adalah karena flutter is beautiful

Ketiga aplikasi ini menggunakan Flutter, tapi bisa sangat berbeda tampilan dan terlihat cantik UI-nya. Ini menunjukkan betapa dalam kustomisasi yang bisa didapatkan jika menggunakan Flutter. Selain itu aplikasi-aplikasi ini bisa jalan dengan 60 frame-per-second  dan responsif kepada input pengguna aplikasi.

 

Alasan kedua kenapa Flutter penting: Flutter itu Adaptif untuk Mobile

Ini yang sering dibicarakan mengenai Flutter: bisa buat Android maupun iOS. Namun seberapa adaptif kah?

Di bawah adalah aplikasi yang sama tapi dalam platform yang bebeda yaitu iOS dan Android. Tidak ada perubahan pada codingan sama sekali. Sekilas mirip bukan?

Kenapa flutter penting karena bisa untuk iOS dan Android

Namun kalau kamu melihat lebih detail, ada beberapa perbedaan seperti pada tombol navigasi (lihat ujung kiri atas dan kanan atas). Perbedaan lain adalah bagaimana scroll bekerja.

Flutter otomatis akan merubah app kamu agar cocok dengan operating system yang digunakan. Aplikasi jadi terlihat seakan-akan dibuat khusus untuk operating system tersebut. Sehingga kamu sebagai developer bisa fokus untuk mengerjakan hal-hal penting.

 

Alasan ketiga kenapa Flutter penting: Flutter ada Stateful Hot Reload

Apaan nih stateful hot reload?

Stateful hot reload adalah fitur di mana codingan kamu bisa langsung muncul di virtual machine. Kamu bisa lihat langsung hasil dari perubahan yang kamu lakukan. Hal ini tentu dapat membantumu untuk melihat perubahan estetika seperti merubah warna background.

Kenapa flutter penting karena ada hot reload

Kenapa flutter penting karena ada hot reload

Perubahan tampilan terjadi hampir seketika. Untuk contoh ini hanya dibutuhkan waktu 197ms (kurang dari 0.2 detik) setelah memilih input warna hijau.

 

Alasan keempat kenapa Flutter penting: Flutter bisa untuk ChromeOS

Ketika mencoba agar sebuah produk aplikasi bisa ada versi desktop,  hal yang paling susah adalah memastikan UI yang tadinya di layar kecil bisa terlihat bagus di layar besar (layar desktop). Selain itu harus ada perubahan pada bagaimana aplikasi menerima dan mengenali input dari pengguna.

Sebagai contoh, mayoritas aplikasi desktop menggunakan keyboard, mouse atau trackpad. Sedangkan pengguna aplikasi mobile akan lebih menggunakan sentuhan ke layar.

Dengan Flutter, kamu hanya perlu menambahkan beberapa baris kode seperti MediaQuery. Voila! aplikasi yang sebelumnya didesain untuk mobile akan terlihat cocok untuk layar desktop.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan input yang umum bagi pengguna desktop seperti backspace (untuk menutup dialog atau ke halaman sebelumnya) hanya dengan sedikit baris kode menggunakan RawKeyboardListener.

Kamu bisa lihat contoh aplikasi mobile yang telah disulap untuk ChromeOS di bawah.

Kenapa flutter penting? Karena bisa untuk desktop

 

Alasan kelima kenapa Flutter penting: Flutter bisa untuk Web

Tentu keahlian untuk membuat aplikasi web akan sangat berguna mengingat 4.4 miliar orang adalah pengguna aktif internet dan memiliki akses ke web. Untungnya semua widget yang disediakan Flutter untuk mobile dapat digunakan dalam membuat aplikasi web. Dart akan diterjemahkan ke HTML, CSS dan Canvas. Selanjutnya akan melalui Dart2js compiler sebelum menjadi JavaScript yang dapat dibaca oleh browser.

Kenapa flutter penting? Karena bisa untuk web dan browser juga.

5 Alasan Kenapa Flutter Penting bagi Developer – 

-end-

 

Jadi tertarik belajar Flutter? Di Dicoding ada lho kelas Flutter dengan standar global. Mari lihat apa saja keuntungannya:

  • Sertifikat kelulusan kelas Flutter, diakui oleh para pelaku industri.
  • Materi kelas ini disusun oleh Experts dari Eudeka, serta Google Developer Expert dari GITS.
  • Kamu belajar dengan didampingi expert reviewer yang membaca baris demi baris kode kamu. Reviewer akan membimbing dan memberi saran pada project submission. Kamu jadi tahu area mana dalam skill Flutter kamu yang perlu ditingkatkan.
  • Kamu bisa belajar dengan fleksibel karena sepenuhnya online/daring tanpa tatap muka. Bisa belajar di mana pun dan kapan pun.
  • Kamu bisa belajar dengan kecepatan sendiri dalam tempo 75 hari.

Langsung aja cus ke kelas Menjadi Flutter Developer Expert

Apalagi lewat program “Berbagi Beasiswa Berbagi Berkah,” kamu bisa loh, belajar sembari berbagi beasiswa. Satu kelas pembelianmu akan berbonus satu kelas beasiswa untuk yang membutuhkan. Informasi lebih ada di https://blog.dicoding.com/berbagi-beasiswa-berbagi-berkah/

Beasiswa Belajar Pemrograman

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Leave a comment