Google Developers Kejar

4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikutan Google Developers Kejar 2019

4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikutan Google Developers Kejar 2019-

Baca dulu:  Google Developers Kejar 2019 Kembali Dibuka

Google Developers Kejar 2019 Hadir untuk Mencetak Android Developer di Indonesia

Perkenalkan, Yohanes Marthin Hutabarat (23 tahun).

Yohanes, begitu ia disapa, adalah Software Engineer in Test in Bukalapak. Jadi salah satu dari 20 Peserta Terbaik Google Developer Kejar 2018, ia dapat hadiah Google Home di event Google for Indonesia showcase di Jakarta tahun lalu.

Google Developers Kejar

Google Developers Kejar

Kini pengumuman Peserta terpilih Google Developer Kejar 2019 sudah di depan mata. Kejar 2019 hadir untuk mencetak Android Developer di Indonesia. 

Nah, apa ya yang bisa kita pelajari dari lulusan Institut Teknologi Del Sumatera Utara ini? Kita simak yah 

 

Program Google Developers Kejar, Apa Menariknya?

#1 Materi Android Ter-update.

Awalnya Yohanes sempat belajar Android di bangku kuliah. Tapi sudah lama, sekitar 3 tahun yang lalu. Saat ia ingin kembali buka materi Android, ia baru tersadar. “Saya bingung mau mulai belajar dari mana. Sudah jauh ketinggalan. Update Android itu, cepet banget!” serunya kala itu. Saat mengetahui program Kejar 2018, ia pun langsung semangat mendaftar.

#2 Materi sangat Dibutuhkan Industri

Program Kejar memberikan materi berstandar industri. Checklist modulnya telah diverifikasi oleh Senior Google Expert. Ini menjadikan materi ajar sesuai dengan kebutuhan industri. Yohanes mengaku bahwa di Bukalapak -tempatnya bekerja- banyak unit telah menggunakan Kotlin. Bahasa pemrograman ini merupakan materi utama” yang ia dapat di program Kejar 2018. “Kotlin for Android” sangat dibutuhkan industri hingga kini.

#3 Modulnya Menarik

Tahun lalu dalam waktu 30 hari peserta belajar online di portal Dicoding menggunakan modul step-by-step berbahasa Indonesia. Proses belajar, lengkap dengan tutorial, kuis, latihan, project dan proses review kode oleh Expert kami. Bagaimana pendapat Yohanes? “Modul belajarnya gampang banget dipahami.” Kala itu dari sebulan deadline yang diberikan, ia tuntas belajar dalam waktu 5 hari saja.

#4 Mendukung Passsion

“Meski pekerjaan saya nggak terlalu berkaitan sama Android, tapi Android itu passion saya,” kata Yohanes. Di kantor, ia lebih banyak berkutat dengan proses otomasi test dan memastikan fitur yang ada bekerja dengan baik. Namun di waktu luang, “Saya seneng utak-utik Android sampai sekarang!” ceritanya. 

4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikutan Google Developers Kejar: 

Pemuda yang hobi bermain keyboard ini mengaku ada 4 (empat) manfaat yang ia dapat selama menjadi peserta Google Developers Kejar.

Inilah alasan kenapa kamu, para programmer, wajib ikutan program Kejar 2019. Kita simak yah.

  1.    Ilmu

“Saya jadi tahu tentang bahasa pemrograman baru “Kotlin,” yang jauh lebih efisien, dan  best practice.”

  1.    Skill

“Skill coding saya meningkat jauh. Sebelumnya, saya gak terpikir ada cara ngoding yang keren seperti ini. Bisa langsung saya praktikkan.”

  1.        Network 

Ia mengaku mendapat ilmu dari para fasilitator berpengalaman yang memang bergelut di dunia pemrograman. “Mantap ilmunya,” ujar Yohanes. Selain itu, GDK juga membuatnya berjejaring dengan rekan-rekan di industri yang sudah banyak mengaplikasikan ilmu yang dipelajari. “Sampai sekarang masih ada group whatsappnya. Kami sering bagi-bagi info!” ujarnya.

  1.       Motivasi

Pemuda yang besar di Sibolga ini mengaku bahwa sejak mengikuti Kejar, ia jadi semangat mengerjakan proyek aplikasi pribadinya. “Sekarang saya yakin. Saya punya skill untuk menyelesaikan aplikasi yang saya impikan,” ucapnya bersemangat.  Memang Ada 2 proyek pribadi yang tengah ia selesaikan, yakni aplikasi hiburan dan keagamaan. Keduanya ia kerjakan sendirian, pelan-pelan tapi pasti.

Kejar Membawa Perspektif Baru

Menjadi yang terbaik di antara ratusan Peserta Program Kejar 2018 lainnya, Yohanes mengaku,

“Saya merasa beruntung terpilih dan bertemu dengan peserta terbaik lain dari seluruh Indonesia. Saya dapat kesempatan untuk tahu apa permasalahan di kalangan developer dari kota-kota lain. Sampai sekarang pun kami masih berbagi info, dan pengetahuan tentang Android.

Intinya, Google Developers Kejar membantu saya mengejar ketertinggalan perkembangan teknologi Google yang sangat pesat, terutama Android. Kini saya mampu memandang dunia developer dan tantangannya, dari perspektif lebih luas.”

Bagaimana, semakin mantap daftar Google Developers Kejar 2019 kan?

Segera klik tautan berikut untuk bergabung yah  https://events.withgoogle.com/googledeveloperskejar/

Daftar sekarang! Deadline pengumuman Peserta terpilih sebentar lagi.

Google Developers Kejar

4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikutan Google Developers Kejar 2019-end

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Editor @ Dicoding