3 Aplikasi Memenangkan Indonesia Ramadhan Challenge

Dalam menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah, Dicoding dengan dukungan dari Intel Indonesia menyelenggarakan “Indonesia Ramadhan Challenge” dari 16 Mei – 5 Juni 2016. Dalam tantangan ini, para developer berlomba untuk membuat aplikasi terbaik yang dapat menunjang kegiatan beribadah maupun silaturahmi di bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Dari karya 48 orang developer yang berpartisipasi, terpilih tiga aplikasi terbaik sebagai pemenang, yaitu Belajar Mengahafal Hijaiyah, MyQuran Al Qur’an Anak, dan Doa Anak Sholeh. Masing-masing pemenang mendapatkan penghargaan sebesar 5,000 XP Dicoding Points yang disponsori oleh Intel Indonesia.

Dalam keutamaan bulan Ramadhan, ada geliat dinamika tersendiri yang mewarnai masyarakat Indonesia saat bulan istimewa ini tiba setiap tahunnya. Tak hanya sekadar menahan lapar dan haus, umat Islam juga gencar melakukan berbagai kegiatan ibadah lainnya seperti sholat berjama’ah di masjid, tadarus Al’Quran, dan menyalurkan infaq terbaiknya untuk anak yatim dan fakir miskin. Selain itu, terdapat berbagai tradisi di bulan Ramadhan yang menjadi ciri khas umat Islam di Indonesia dalam menyambut datangnya Hari Lebaran, diantaranya adalah berbagi bingkisan lebaran dan tradisi ‘mudik’ untuk dapat merayakan Idul Fitri di kampung halaman sambil bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara.

Melihat pentingnya melestarikan tradisi baik tersebut, Dicoding membuat sebuah challenge yang menantang para developer di tanah air untuk membuat aplikasi mobile berbasis Android yang mampu memanfaatkan momentum Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Syarat utama aplikasi yang dibuat adalah harus dapat membantu umat Islam, bisa dalam hal beribadah seperti menunaikan sholat, puasa, infaq/shodaqoh ataupun untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani tradisi berlebaran setiap tahunnya seperti mudik atau traveling dan berbagi bingkisan lebaran kepada mereka yang membutuhkan.

“Menyadari pentingnya peranan developer lokal dalam mengawal konten aplikasi yang tepatguna, Dicoding berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya yang mampu mengakselerasi para developer dalam membuat aplikasi terbaik yang positif, inovatif, dan sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa,” tutur CEO Dicoding, Narenda Wicaksono.

Total hadiah yang diperebutkan oleh para peserta Indonesia Ramadhan Challenge adalah 15,000 XP. XP merupakan experience points Dicoding, sebuah platform pemrograman yang menggunakan gamification model untuk mendorong lingkungan yang kompetitif bagi developer dalam membuat produk terbaik yang sukses di pasaran. Perolehan poin XP (experience points) dapat ditukarkan dengan berbagai rewards menarik, seperti smartphone, laptop, review aplikasi, dan hadiah-hadiah lainnya.

Seluruh karya aplikasi dan games edukasi pemenang dapat diunduh di Play Store bagi para pengguna smartphone Android. Selengkapnya, daftar pemenang beserta karya mereka dapat dilihat pada tautan berikut: https://www.dicoding.com/challenges/87

  1. Ali Usman dengan aplikasi berjudul Belajar hijaiyah
     Belajar Menghafal Hijaiyah- screenshot
  2. The WALi Studio dengan aplikasi berjudul MyQuran Al Quran Anak
     MyQuran Al Quran Anak- screenshot
  3. Edukasimu Interaktif dengan aplikasi berjudul Doa Anak Sholeh
     Doa Anak Sholeh- screenshot

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder dan COO Dicoding Indonesia, dapat dikontak melalui alamat email : kevin[at]dicoding[dot]com